7 Hadiah Finansial yang Mengajarkan Keuangan Kepada Anak

4 Hadiah Finansial yang Mengajari Anak Tentang Arti Uang
4 Hadiah Finansial yang Mengajari Anak Tentang Arti Uang

Hadiah untuk anak-anak seringkali tidak bertahan lebih lama dari kertas kado. (“Saya sobek-sobek!”) Tetapi hadiah yang dapat membantu anak muda memulai jalan finansial yang benar akan tetap relevan selama bertahun-tahun.

Kami telah mengumpulkan berbagai macam ide hadiah yang membuat literasi keuangan menyenangkan! Kamu akan memberikan sesuatu yang dijamin tidak akan berakhir di tempat sampah setelah beberapa jam, plus kamu akan melakukan bagian kamu untuk meningkatkan generasi penerus yang cerdas dan investor yang berpengetahuan luas.

Uang untuk kuliah

Meskipun anak-anak kecil tidak akan mengerti apa artinya, jika kamu membuka atau berkontribusi pada rencana tabungan kuliah mereka, mereka akan berterima kasih bertahun-tahun kemudian pada waktu kelulusan sekolah menengah.

Dan sungguh, tidak pernah terlalu dini untuk mulai berbicara dengan anak-anak tentang nilai pendidikan, untuk membantu menempatkan mereka di jalur yang benar untuk masa depan mereka. Paket ini memiliki keuntungan pajak dan ditawarkan oleh banyak bank. Kamu dapat menabung dan menginvestasikan setumpuk uang untuk pendidikan tinggi anak.

Bagian Saham

Apa cara yang lebih baik untuk mengajar anak-anak tentang pasar saham daripada menjadikan mereka pemegang saham yang sebenarnya? Give A Share, UniqueStockGift.com, dan situs lainnya memudahkan kamu membeli satu saham di perusahaan yang akan diketahui anak-anak, seperti Disney, Target atau Activision, penerbit Guitar Hero.

Kamu bisa mendapatkan sertifikat stok yang dapat dibingkai, baik yang asli atau replika (karena banyak perusahaan tidak lagi mengeluarkan sertifikat stok kertas). Anak-anak akan senang mengatakan bahwa mereka adalah bagian dari perusahaan dan akan menikmati menonton saham mereka tumbuh dari waktu ke waktu.

Rekening tabungan

Celengan baik untuk anak kecil, tetapi begitu mereka bertambah usia, rekening tabungan adalah cara yang bagus untuk mengajari mereka cara kerja perbankan. Pastikan kamu menemukan bank yang menawarkan akun gratis, tanpa persyaratan saldo minimum atau biaya tersembunyi. Kamu bahkan dapat menemukan rekening tabungan yang membayar bunga yang layak, terutama jika kamu mencari perbankan online. Kamu akan diminta untuk masuk sebagai co-pemilik rekening sampai anak kamu cukup umur untuk mengambil kendali penuh.

Permainan papan 

Salah satu cara termudah untuk membuat belajar tentang kesenangan uang adalah mengubahnya menjadi permainan. Permainan papan tua seperti Monopoly dan Life sangat cocok untuk ini – mereka telah memberikan kursus kilat kepada anak-anak selama beberapa generasi. Bahkan permainan-permainan papan tradisional Indonesia juga memberikan kursus finansial yang sama pentingnya. Jika kamu bermain bersama, luangkan waktu untuk menjelaskan konsep yang mendasari tentang perbankan, investasi, dan penganggaran. Memberitahu anak-anak bagaimana permainan memiliki implikasi dunia nyata dapat membuatnya lebih menarik dan menyenangkan.

Membeli Barang Sesuai Kebutuhan

Anak-anak pasti memiliki banyak keinginan, terutama ketika mereka menemukan mainan baru dan sedang tren. Untuk memberikan pemahaman anak untuk membeli barang sesuai kebutuhan, kamu bisa mengajarkannya sejak dini. Misalnya, kamu bisa mulai memberikan tanggung jawab seperti meminta mereka untuk menyisihkan uang jajan mereka ketika mereka ingin membeli barang. Atau ajarkan mereka untuk mengumpulkan uang dengan bekerja. Misalnya, kamu bisa meminta mereka untuk membantu pekerjaan rumah, dan kamu sebagai orang tua bia memberikan ia imbalan. Sehingga mereka paham bahwa untuk mendapatkan uang, mereka harus bekerja. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan uang dengan lebih bijak, karena mereka paham bahwa mendapatkan uang itu tidak mudah dan bisa membuat lelah.

Tabungan Umrah

Saat ini banyak anak-anak yang juga emmiliki cita-cita untuk umrah ke tanah suci. Uang untuk pergi ke sana pun tidak sedikit, bisa puluhan juta rupiah. Untuk mengajarkan mereka cara mengelola keuangan, kamu bisa membuatkan mereka tabungan berjangka dengan tujuan umrah. Kamu juga bisa mulai membuatkannya investasi seperti reksa dana di Ajaib. Sehingga, ketika mereka memiliki uang, uang tersebut digunakan untuk menambah investasi tersebut. Apalagi saat ini memulai investasi juga mudah, mulai dari Rp10 ribu, anak anak sudah bisa memulai investasi.

Untuk memiliki tabungan umrah ini, kamu bisa membukakan rekening reksa dana dengan lebih mudah melalui aplikasi Ajaib. Yuk mulai ajari anak hidup hemat dan mulai berinvestasi hari ini juga!

Sebagai orang tua, kamu juga bisa mengajarkan mereka bagaimana cara memilih manajer investasi yang baik, dan cobalah ajari mereka untuk investasi secara disiplin di Ajaib.

Buat Mereka Terlibat dalam Bisnis

Bagi kamu yang memiliki bisnis, kamu juga sudah bisa mulai dengan melibatkan anak ke dalam bisnis yang sedang kamu geluti. Kamu bisa mengajarkan mereka bagaimana cara membuat bisnis, memikirkan strategi, mengelola uang bisnis, hingga cara mereka menjual produk yang ada di dalam bisnis kamu. Selain mengajak anak untuk berpikir mengenai bisnis, ini juga bisa membantu mereka untuk mulai berpikir strategis dan membantu kamu menjalankan bisnis. Bukan hal yang tidak mungkin, karena saat ini banyak anak-anak yang juga telah memiliki bisnis sendiri, contohnya saja Naya, pengusaha slime yang namanya kian meroket.

Dengan memberikan hadiah finansial bagi anak, kamu berarti telah sukses mengajarkan mereka untuk menabung dan menghargai uang, juga hadiah pemberian uang. Nah, karena sekarang sudah hampir di pertengahan tahun, dan tahun akan terus berganti, kamu bisa memberikan anak dengan hadiah. Dengan mendapat hadiah, meski kecil anak pasti akan merasa bahagia dan gembira.

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait