Kelebihan dan Kelemahan Monopoli Perdagangan

monopoli perdagangan
monopoli perdagangan

Redaksi Ajaib telah menghimpun kelebihan dan kelemahan dari monopoli perdagangan yang perlu diketahui oleh semua kalangan masyarakat. Simak ulasannya. Ekonomi tidak lepas dari keberadaan pasar sebagai targetnya. Pasar tidak hanya memiliki makna sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli, namun mencakup kelompok-kelompok atau segmen masyarakat yang disasar untuk memasarkan produk yang dihasilkan.

Jika berbicara pasar, sudah pasti ada hubungannya dengan monopoli perdagangan. Yang dimaksud dengan monopoli perdanganan ialah suatu kondisi pasar di mana hanya satu penjual yang menguasai dan menyediakan barang atau jasa. Maka dari itu, pedagang memiliki kontrol secara eksklusif atas pasokan barang dan jasa di pasar tersebut. Termasuk dalam menentukan harga jualnya.

Faktor Terjadinya Monopoli Dagang

a. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan monopoli memiliki ciri khas dan keunikan yang tidak bisa dicari dan dimiliki oleh perusahaan lainnya.

b. Perusahaan monopoli memiliki banyak dana. Dengan begitu, mereka mampu menikmati skala perekonomian bahkan hingga tingkat tertinggi.

c. Perusahaan monopoli mendapatkan perlindungan dari pemerintah melalui Undang-undang sehingga bisa mempraktekan monopoli dengan leluasa.

Jenis Pasar Monopoli

Tiga hal itulah yang menjadi faktor terbentuknya pasar monopoli. Selanjutnya, akan dibahas jenis-jenis pasar monopoli. Berikut beberapa jenis pasar monopoli berdasarkan penyebabnya.

#1 Monopoli Alamiah

Monopoli ini disebabkan oleh sesuatu yang alami. Maksudnya, monopoli alamiah terjadi karena suatu pihak memiliki keadaaan dan situasi alam yang khas dan tidak dimiliki oleh pihak lain. Seperti, tanah subur, iklim sejuk, atau sumber tambang yang baik.

Dalam perusahaan, situasi ini terjadi ketika hanya ada satu perusahaan yang bertahan karena perusahaan lain yang sejenis tidak mampu membiayai operasional bisnisnya. Di Indonesia sendiri, jenis monopoli ini terjadi pada perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Keduanya merupakan contoh perusahaan BUMN. Sementara dari sektor swasta adalah PT Petrochem Indonesia Tbk (ADMG), satu-satunya pembuat Ethylene oxide derivative (EOD) atau senyawa yang dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bahan baku mulai dari sabun hingga polyester.

#2 Monopoli Masyarakat

Berbeda dengan monopoli alamiah, monopoli masyarakat terjadi tergantung dengan keadaan masyarakatnya. Saat masyarakat memberikan sebuah kepercayaan penuh dan khusus terhadap suatu produk, maka produk itu yang mampu menguasai pasar.

#3 Monopoli Undang-undang

Monopoli ini terjadi karena dukungan dari kebijakan pemerintah suatu negara dalam bentuk undang-undang. Misalnya adanya hak merek, hak cipta, franchise, dan sebagainya.

#4 Monopoli Bahan Baku

Ini terjadi ketika ada penguasaan suatu bahan baku oleh perusahaan tertentu yang bisa melahirkan jenis pasar ini. Biasanya ini terjadi ketika suatu bahan baku sulit ditemukan di tempat lain sehingga perusahaan tertentu menjadi produsen tunggal.

#5 Monopoli Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli

Pasar ini tercipta karena penguasaan teknologi dan tenaga ahli di bidang tertentu, misalnya terjadi pada perusahaan Google dan Microsoft yang memiliki teknologi komputasi dan tenaga ahli di bidang tersebut.

#6 Monopoli Efisiensi Kerja

Hal ini terjadi ketika perusahaan mampu memproduksi memproduksi barang/ jasa yang berkualitas dan dibutuhkan masyarakat, sehingga bisa membuat perusahaan menjadi produsen tunggal yang menguasai pasar.

Kelebihan dan Kelemahan Monopoli Perdagangan

Setelah tahu faktor dan jenis-jenis monopoli, berikut ini akan dijelaskan kelebihan dan kelemahan dari monopoli perdagangan yang perlu kamu ketahui.

#1 Kelebihan

a. Ada keingian mempertahankan monopoli sehingga perusahaan akan menjadi kreatif dan inovatif dari perusahaan lain.

b. Peluang terjadinya pertentangan sangat kecil karena tidak ada satupun yang berusaha untuk menyaingi atau berkembang menjadi besar.

c. Bisa dilakukan penelitian dan pengembangan produk dengan adanya izin dari pihak yang memonopoli.

d. Kualitas produk selalu terjaga dan dijamin baik agar menjaga konsumen untuk tidak beralih ke pihak lain.

#2 Kelemahan

a. Sering muncul ketidakadilan karena hanya satu pihak yang diuntungkan, sedangkan pihak lainnya hanya bisa menerima saja.

b. Pemborosan sering dilakukan oleh pihak yang memonopoli pasar karena mereka tidak memperhatikan efisiensi kegiatan produksi yang dilakukannya. Mereka hanya fokus agar produk yang dijualnya laku dan tidak ada pesaing.

c. Konsumen tidak bisa berjuang banyak dan harus terima semua keputusan dari perusahaan monopoli tersebut.

d. Jika harus membayar dengan harga yang lebih tinggi, maka konsumen dengan terpaksa akan menurutinya.

e. Unsur eksploitasi sangat kental dalam pasar monopoli, karena perusahaan yang memonopoli tersebut bebas melakukan apapun dengan dana dan tenaga yang dimiliki.

Itulah kelebihan dan kelemahan dari monopoli perdagangan atau monopoli pasar yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Bacaan menarik lainnya:

Sukirno, Sadono. (2010). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait