Pengertian dan Cara Membuat Resume yang Benar

cara membuat resume
cara membuat resume

Ingin melamar pekerjaan tetapi tidak tahu cara membuat resume? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberikan cara membuat resume dalam ulasan berikut ini.

Bagi seseorang yang baru lulus sekolah, atau kuliah, mencari pekerjaan sangatlah sulit. Sebabnya, di dunia kerja banyak pesaing, terlebih yang sudah punya banyak pengalaman.

Ketika kamu membuat sebuah lamaran pekerjaan, kamu harus membuat sebuah resume yang wajib mencuri perhatian dari staff Human Resource Department (HRD) dalam sebuah perusahaan, kamu harus membuat sebuah resume yang menarik. Namun, tahukah kamu apa itu resume?

Menurut pengertiannya, resume merupakan sebuah ringkasan dari sebuah tulisan atau karangan panjang yang mengambil bagian pokok-pokoknya. Resume dalam dunia kerja bisa diartikan sebagai daftar riwayat hidup (curriculum vitae).

Resume dalam dunia kerja berisikan sebuah dokumen yang berisi rangkuman pengalaman, keahlian, dan pendidikan seseorang yang disusun sedemikian rupa. Membuat resume itu bertujuan untuk memberikan informasi kepada perekrut mengenai profil kamu secara ringkas, padat, dan jelas.

Bagi kamu yang berstatus pemula dalam dunia kerja, berikut ada beberapa cara membuat resume yang ampuh.

Gunakan Bahasa yang Sederhana

Di faktor ini, kamu harus jauhi istilah jargon dansulit, kecuali hal itu sangat diperlukan. Semakin mudah resume kamu dimengerti, semakin sedikit usaha yang dibutuhkan perekrut untuk membaca seluruh dokumen. Sebagai catatan, resume yang ditulis secara asal-asalan bakal langsung ditolak oleh bagian HRD.

Perlu kamu ingat, profesional seorang sumber daya manusia bukanlah orang teknis. Mereka mungkin memiliki pemahaman umum tentang keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi teknis, namun mereka tidak akan menjadi ahli di bidang itu. Jadi jaga agar bahasa tetap sederhana, mudah dibaca, dan segera mendapat panggilan.

Buat Sesuai dengan Bidang Keahlian

Selain menyesuaikan resume sehingga tidak terbaca seperti dokumen biasa yang memamerkan keahlian dan atribut kamu kepada siapa pun yang akan mendengarkan atau membacanya, itu juga perlu memberi sedikit sorotan pada kepribadian kamu. Di sinilah ringkasan resume yang disusun dengan baik dan membuat perbedaan.

Go Digital

Go Digital maksudnya di sini kamu menujukkan kalau kamu seorang pelamar yang cerdas. Sebagai permulaan, simpan resume kamu sebagai file PDF dangunakan hyperlink sebagai referensi langsung dan mudah digunakan untuk informasi pendukung, yang membantu menjaga jumlah kata-katanya.

Memiliki portofolio online dalam bentuk website atau blog yang sesuai dengan profesi kamu pasti akan membantu kamu menonjoldari yang lainnya. Sebagai alternatif, selalu ada pilihan untuk membuat portofolio digital dengan menyimpan dokumen dan file yang relevan di penyimpanan ringan, menggunakan layanan gratis seperti Dropbox dan Google Drive.

Gunakan Alat Edit Gratis

Jika kamu belum melakukan ini, mulailah membuatnya menjadi latihan sehari-hari. Selalu gunakan pemeriksa ejaan pada tulisan kamu sebagai langkah pengeditan dasar, lalu selangkah lebih maju dengan melakukan pemeriksaan tata bahasa. Untuk dokumen atau laporan tertulis yang sangat penting, gunakan Hemingway Editor untuk memastikan tulisan yang jelas dan ringkas. Tidak ada alasan untuk menulis dengan ceroboh dengan semua alat gratis yang kamu inginkan ini.

Sudah tahu kan cara membuat resume yang benar? Sekarang kamu bisa lebih percaya diri dalam melamar pekerjaan deh.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait