Dunia Kerja, Milenial

Contoh Surat Daftar Riwayat Hidup yang Disukai oleh Perusahaan

contoh surat riwayat hidup

Melamar pekerjaan adalah suatu proses yang kompleks dan rumit. Kamu harus benar-benar jeli memenuhi semua proses dan syaratnya agar bisa diterima bekerja di perusahaan tujuanmu. Salah satu berkas yang esensial adalah daftar riwayat hidup, CV dan surat lamaran kerja. Karena itulah berbagai contoh surat daftar riwayat hidup atau CV yang menarik selalu dicari oleh para fresh graduate.

Sebagian besar HRD perusahaan hanya menilai kualifikiasi pelamar pekerjaan secara umum dari CV yang dikirimkannya. Hal ini karena banyaknya jumlah lamaran yang masuk sehingga butuh waktu banyak untuk menyortirnya. Karena itu pastikan surat riwayat hidupmu mampu menarik perhatian perusahaan untuk paling tidak lolos tahapan selanjutnya.

Contoh daftar riwayat hidup yang bersebaran di internet biasanya hanya memuat data mendasar seperi jenis kelamin, usia, maupiun latar belakang pendidikan. Padahal sebenarnya penting sekali menambahkan informasi lainnya seperti pengalaman organisasi maupun kursus atau pelatihan tertentu. Hal ini bisa menambah kualifikasi dirimu untuk direkrut di perusahaan tersebut.

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah jenis CV yang dikirimkan sesuai dengan kantor tempatmu melamar. Biasanya insititusi pemerintah masih mensyaratkan surat daftar riwayat hidup tulis tangan dengan berbagai pertimbangan. Biasanya untuk menilai pribadi si pelamar atau aspek psikologis lainnya.

Sedangkan jika kamu ingin bekerja di PT Sinarmas misalnya, yang bergelut di dunia perkebunan atau praktisi sejenis, CV yang diketik komputer rasanya sudah cukup. Sedangkan jika kamu ingin bekerja di dunia kreatif maka kamu harus meluangkan waktu untuk membuat CV yang sekreatif mungkin agar sisi kreatifmu terpampang.

Kamu tidak bisa asal untuk mengirimkan berkas lamaran pekerjaan untuk semua posisi yang ingin kamu tuju. Berbeda pekerjaan dan bidangnya maka berbeda pula pola lamaran yang harus kamu susun. Jangan mengirimkan semua surat lamaran pekerjaan sama saja karena dijamin berkasmu akan berakhir di tempat sampah begitu saja.

Penting sekali menemukan contoh surat daftar riwayat hidup yang sesuai dengan kebutuhanmu dan kemudian mengadaptasinya menjadi versimu sendiri. Jangan sekedar copy paste contoh CV yang ada karena HRD yang kamu tuju pasti mengetahuinya. Pastikan CV milikmu unik sekaligus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan pihak perusahaan untuk mengetahui skill dan kemampuanmu.

Contoh Surat Daftar Riwayat Hidup Agar Lolos Seleksi Perusahaan Incaranmu,

Ada banyak sekali contoh surat daftar riwayat hidup yang bersebaran di internet jika kamu mencarinya. Mungkin kamu bingung memutuskan mana yang paling baik dan cocok untuk kebutuhanmu. Sebenarnya ini bukan masalah jika kamu sudah mengetahui jelas perusahaan yang ingin kamu tuju dan tahu konten yang harus kamu tampilkan dalam daftar riwayat hidup milikmu.

Butuh contoh surat riwayat hidup untuk melamar pekerjaan? Redaksi Ajaib telah menghimpun contoh yang baik sebagai referensi dalam ulasan berikut ini. Surat riwayat hidup merupakan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasinya dalam pekerjaan.

Dokumen yang dikenal sebagai Curriculum Vitae (CV) ini adalah salah satu senjata utama untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Surat ini juga akan mengesankan HRD perusahaan di tempatmu melamar kerja.

Dengan membuat surat riwayat hidup yang baik, kamu akan dilirik oleh HRD perusahaan. Artinya, ada kesempatan bagi kamu untuk lolos ke tahap berikutnya, seperti interview, tes psikologi, dan lainnya. Supaya kamu dilirik oleh perusahaan, sebelumnya, kamu harus mengetahui hal-hal berikut ini :

#Tips Membuat Surat Riwayat Hidup

Untuk membuat surat riwayat hidup, kamu harus mengikuti beberapa tips ini. Nantinya, surat riwayat hidup kamu bisa disukai dan menarik perusahaan untuk merekrutmu.

  • Pastikan seluruh informasi asli dan berdasarkan unsur kejujuran.
  • Berikan informasi yang jelas dan tidak bertele-tele.
  • Membuat surat riwayat hidup yang singkat, padat, dan jelas.
  • Sertakan informasi dan prestasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Masukkan informasi pendidikan dengan lengkap dan pendidikan non-formal, seperti pendidikan bahasa, pendidikan komputer, dan lainnya.
  • Sertakan data pengalaman kerja atau pelatihan yang pernah diikuti.
  • Tuliskan kelebihan dan kemampuan terkuat.
  • Surat riwayat hidup diketik dengan menggunakan laptop atau komputer.
  • Sertakan pas foto terbaru yang formal.
  • Buat surat riwayat hidup secara formal dan rapi.

#Contoh Surat Riwayat Hidup yang Benar

Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini adalah contoh surat riwayat hidup yang baik dan benar.

Soffi Amira Putri

Content Writer

Alamat: Banjar Wijaya Blok A13 No 18, Kota Tangerang

Tempat dan tanggal lahir: Jakarta, 14 Januari 1994

Telepon: 087871751507

Email: [email protected]

Menjalani karir sebagai Content Writer selama dua tahun di berbagai media online. Berkomitmen untuk menyediakan konten yang jelas di setiap proyek dan klien. Bekerja dengan tim produksi untuk membuat materi atau konten yang menarik, serta memperbaiki publikasi dan proyek.

Pendidikan

2012 – 2017 Sarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Multimedia Nusantara

IPK 3,04

Pengalaman Kerja

2017-2019

Side.id

  • Mengawasi dan berkoordinasi dengan tim jurnalis.
  • Mengedit ejaan, tata bahasa, dan sintaksis.
  • Memastikan bahwa berita sesuai dengan struktur atau prosedur yang ada.
  • Mengatur, mengubah, dan memperbarui konten yang ada.
  • Memverifikasi konten dan informasi.
  • Bekerja dengan tim desain untuk membuat konten visual yang menarik.
  • Bekerja sama dengan rekan kerja untuk menghasilkan ide-ide yang kreatif.
  • Menganalisis data dan melakukan riset terhadap konten yang akan dibuat.
  • Menyesuaikan konten dengan SEO Guidelines.

Kemampuan

  • Academic writing
  • Research
  • Creative Writing
  • Editing
  • News Writing
  • Feature Writing

Bahasa

  • Inggris
  • Indonesia

Setelah melihat contoh surat riwayat hidup di atas, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut ini adalah penjelasannya:

#Struktur Penulisan

Sebaiknya, surat riwayat hidup atau CV kamu ditulis dengan menggunakan struktur penulisan yang formal untuk menunjukkan keseriusanmu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Contohnya seperti:

  • Data Pribadi

Data pribadi harus meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan email.

  • Pendidikan

Dimulai dari pendidikan formal seperti perguruan tinggi. Jika ada pendidikan non-formal, kamu juga bisa memasukkan informasi tersebut.

  • Pengalaman Kerja

Uraikan juga pengalaman kerjamu dimulai dari tahun mulai bekerja dan tahun berakhirnya, serta nama perusahaan.

  • Kemampuan

Kamu juga bisa menguraikan kemampuan yang dimiliki. Sebaiknya, kemampuan tersebut berkaitan dengan jenis pekerjaan yang ingin dilamar.

#Tata Cara Penulisan

Selain struktur penulisan, kamu juga harus memperhatikan tata cara penulisan. Hindarilah penggunaan bahasa yang tidak formal, serta penulisan yang berlebihan (tidak penting).

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam tata cara penulisan surat riwayat hidup adalah:

  • Menggunakan font yang umum digunakan, formal, serta mudah dibaca. Misalnya, Times New Roman dan Arial. Kedua jenis font tersebut adalah yang mudah dibaca. Jangan menggunakan font kreasi yang aneh-aneh karena haya akan membuatnya sulit dibaca dan HRD akan merasa ilfeel seketika. Pengecualian jika kamu melamar sebagai desainer grafis yang ingin menonjolkan sisi kreativitasmu dengan font buatan sendiri.
  • Menggunakan warna font yang kontras, seperti warna hitam. Kecuali memang ada poin-poin yang perlu ditekankan. Hindari warna yang sulit dibaca untuk tujuan formal seperti merah atau kuning. Pemilihan warna hitam juga menjaga tone surat lamaranmu tetap terasa normal.
  • Menggunakan tata bahasa yang formal. Gunakan kata dan kalimat yang baku sebagaimana seharusnya komunikasi dalam dunia kerja dilakukan.
  • Menghindari penggunaan hiasan atau editan yang berlebihan. Hal ini bisa mengalihkan perhatian HRD dari inti informasi yang ingin disampaikan.
  • Mengisi Surat Riwayat Hidup yang Lengkap dan Sesuai dengan Posisi yang Dilamar
  • Isilah informasi surat riwayat hidup dengan jujur, karena informasi tersebut akan dipertanggungjawabkan saat kamu masuk ke tahap interview dan tes lainnya.
  • Buatlah surat riwayat hidup yang sesuai dengan kebutuhan dan bidang pekerjaan, kepribadian, kemampuan, dan potensi yang dimiliki.
  • Pastikan kamu telah menyesuaikannya dengan kebutuhan dan perusahaan atau HRD tertarik untuk merekrutmu.

#Tips Lamaran Pekerjaan yang Pasti Lolos Seleksi HRD

Banyak lamaran yang kemudian tak lolos seleksi karena surat lamaran kerja yang buruk. Pastikan milikmu sangat menarik sekaligus efektif dan efisien agar segera dapat pekerjaan. Surat lamaran yang kamu buat harus singkat, padat sekaligus mampu menjual dirimu dan keahlian yang dimiliki untuk bergabung dalam perusahaan incaranmu.

Sayangnya kemampuan ini tak selalu dikuasi oleh pencari kerja, baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman. Agar tak salah lagi, Ajaib menghimpun cara membuat surat lamaran kerja untuk pekerjaan impianmu yang dilansir dari www.reed.co.uk.

1.    Cari informasi sebanyak mungkin

Galilah informasi terkait posisi dan perusahaan yang kamu tuju sebelum menulis surat lamaran kerja. Gunakan informasi ini untuk meyakinkan HRD bahwa skill dan pengalamanmu sesuai dengan mereka. Cara ini juga menunjukkan jika kamu benar-benar berminat bergabung dengan perusahaan tersebut dengan memahami benar kinerja mereka.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui antara lain industri perusahaan, pesaingnya, target audiens, posisi yang dituju beserta job description dan skill utama yang dibutuhkan. Kamu juga harus mampu mengkombinasikan keahlian dan kelebihanmu dengan perusahaan tersebut. Misalnya perusahaan tersebut baru-baru ini melakukan inovasi di bidang teknologi maka kamu harus bisa menyampaikan jika kamu sangat paham dengan dunia kerja berbasis digital.

2.    Gunakan bahasa yang tepat

Pelamar kerja kerap dibuat bingung apakah harus menulis lamaran dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Sebenarnya ini ditentukan oleh perusahaan yang ingin kamu tuju. Jika perusahaan tersebut membutuhkan penggunaan Bahasa Inggris dalam pekerjaanmu nanti maka akan lebih baik apabila lamaranmu ditulis dengan bahasa tersebut.

Pastikan kamu mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris yang formal dan baku jika nantinya kamu lolos seleksi awal dan melanjutkan ke tahap wawancara. Penggunaan Bahasa Inggris dalam surat lamaranmu sekaligus cara instan untuk menunjukkan skill yang kamu miliki dalam bahasa asing itu.

Apabila perusahaan yang ingin kamu lamar lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia maka lebih baik pula menggunakan bahasa Indonesia saja. Namun jangan sekali-kali mencampuradukkan bahasa yang berbeda dalam satu lamaran kerja. Tentunya hal itu akan terlihat kacau dan kamu akan langsung tereliminasi dari proses seleksi.

Apapun bahasa yang kamu gunakan, pastikan kamu bisa mempertanggungjawabkannya di proses selanjutnya atau bahkan ketika mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan lupa gunakan bahasa yang baku dan formal untuk lamaranmu.

3.    Pahami format surat lamaran kerja yang menarik

Lamaran kerja milikmu harus ditampilkan dengan baik, ringkas, dan to-the-point. Gunakan font yang mudah dibaca tanpa gambar, hiasan, atau kata mutiara yang tidak perlu. Panjang surat lamaran kerjamu maksimal setengah kertas berukuran A4 agar tidak membosankan.

Pertimbangkan pemilihan kalimatnya dengan baik agar maksudmu tersampaikan. Paragraf yang terlalu panjang akan membosankan dan sedangkan terlalu pendek tidak informatif dan berkesan buruk. Perbanyak membaca contoh surat lamaran kerja yang baik agar kamu tahu cara menyusunnya dengan panjang yang sesuai.

Banyak dari HRD yang bahkan sama sekali tidak membaca lebih jauh isi surat lamaran kerja dari kandidat pelamar hanya karena format yang salah di awal. Pastikan kamu tidak melakukan kesalahan ini agar bisa lolos ke tahap seleksi berikutnya.

Dalam beberapa kasus, beda jenis perusahaan dan industrinya maka berbeda pula format yang digunakan. Jika kamu melamar ke instansi pemerintah atau BUMN mungkin kamu bisa menyampaikan lamaranmu dengan lebih formal dan baku. Sedangkan perusahaan di industri kreatif biasanya lebih kasual namun tetap sopan sehingga kamu bisa lebih leluasa.

4.    Tuliskan orang yang dituju dengan jelas

Seringkali kita bingung kepada siapa lamaran tersebut ditujukan, apakah cukup hanya sekedar ‘HRD’ atau perlu menambahkan nama jelas. Penggunaan nama orang yang dituju, misalkan manajer HRD, akan sangat lebih baik. Paling tidak itu memberikan kesan bahwa kamu orang yang komunikasinya baik dan memperhatikan hal detail.

Namun kalau belum tahu, cukup sertakan ‘Dear Sir/Madam’ saja. Penggunaan istilah ini bisa digunakan kalau kamu menggunakan Bahasa inggris dalam surat lamaranmu. Sedangkan jika kamu menyusun lamaran dalam Bahasa Indonesia maka bisa menggunakan istilah Yth Bapak atau Ibu.

Kalau ingin lebih mendetail, kamu bisa mencari tahu sebelumnya mengenai orang yang bertanggung jawab terhadap proses seleksi yang kamu minati tersebut. Bisa dengan menggali informasi lewat pengumuman lowongan kerja itu atau situs resmi perusahaan yang tersedia.

5.    Susunlah komposisi lamaran dengan cermat

Komposisi surat lamaran sebenarnya bisa berbeda tergantung dengan jenis perusahaan dan industrinya. Namun secara umum ada komposisi umum yang bisa kamu ikuti panduannya. Namun berikan sentuhan pribadi dalam isinya agar tak terkesan lamaranmu hanya sekedar copy-paste belaka. Sesuatu yang jadi alasan kuat HRD untuk segera membuang lamaranmu ke tempat sampah.

Sejumlah poin di atas adalah contoh surat daftar riwayat hidup yang akan membantumu lolos seleksi berkas pada tahap awal ketika melamar pekerjaan. Tahapan berikutnya biasanya berupa proses wawancara adalah kesempatan ketika kamu membuktikan sejumlah poin yang kamu tuangkan dalam surat riwayat hidup maupun lamaranmu.

Segera praktikkan panduan di atas dan nikmati pekerjaan pertamamu. Semoga sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait