Contoh Wawancara Singkat Melamar Pekerjaan dan Tipsnya

Contoh Wawancara Singkat

Dalam melamar sebuah pekerjaan, sesi interview atau wawancara merupakan salah satu yang dinanti sekaligus menakutkan. Sesi ini dinanti karena ada kesempatan Anda untuk memperkenalkan diri dan kemampuan lebih jauh. Namun sesi ini juga bisa menakutkan bagi Anda yang belum siap dengan beberapa pertanyaaan wawancara kerja, terutama bagi Anda yang baru saja lulus sekolah atau kuliah.

Sebenarnya, pihak HRD yang mewawancarai Anda punya daftar pertanyaan mendasar yang selalu ditanyakan saat melakukan wawancara. Hal ini berlaku di semua bidang pekerjaan. Pertanyaan yang sering ditanyakan tak jauh berbeda. Berikut ini contoh wawancara singkat dan tips menjawabnya.

Ceritakan Tentang Diri Anda?

Ini salah satu contoh wawancara singkat yang biasanya menjadi pembuka dalam pertemuan Anda dengan pewawancara. Dari sini Anda akan mulai menjual diri Anda di depannya.

Layaknya penjual yang menjajakan dagangannya, dengan penuh semangat, ceria, dan memberikan kesan istimewa pada barang dagangannya, dalam sesi wawancara kerja Anda juga dituntut melakukan hal seperti itu. Tujuannya agar pewawancara terpikat dengan perkenalan diri Anda.

Untuk memulai menjawab pertanyaan ini, Anda sebisa mungkin membuat urutan dalam menjawabnya. Mulai dari biodata, alamat tempat tinggal, kemudian latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, kemampuan mengoperasikan program atau aplikasi tertentu. Jika Anda sudah mempunyai pengalaman kerja, ceritakan semuanya secara detail apa yang Anda kerjakan di tempat sebelumnya.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda ?

Dalam pertanyaan singkat ini ceritakan kelebihan Anda yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Misalnya Anda melamar sebagai akunting, Anda bisa menceritakan bahwa Anda pintar dalam berhitung, teliti, dsb. Jangan memberikan jawaban yang berlebihan yang jauh kaitannya dengan pekerjaan yang akan Anda lamar.

Untuk kelemahan, jawablah dengan jawaban yang jujur, akan tetapi Anda dapat memberitahu pewawancara solusi atas kelemahan Anda. Misalnya kelemahan Anda dalam Bahasa Inggris, lalu Anda katakan bahwa Anda saat ini sedang belajar di lembaga kursus untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda.

Jangan menjawab kelemahan tanpa memberikan solusi terhadap kelemahan Anda tersebut. Karena pewawancara akan menilai cara Anda dalam menangani  masalah dari pertanyaan ini.

Mengapa Anda Ingin Meninggalkan Pekerjaan Sebelumnya?

Hindari membuat komentar negatif tentang perusahaan, atasan atau rekan Anda sebelumnya, walaupun itu benar. Jika Anda mulai menjelek-jelekkan mereka dalam wawancara, Anda akan segera ditandai sebagai orang yang memiliki sikap negatif. Anda hanya perlu memberikan jawaban yang pendek dan positif.

Pada intinya, Anda menyampaikan kepada pewawancara bahwa Anda tidak pergi dari perusahaan sebelumnya karena marah, lelah, bosan, terlalu banyak bekerja, dibayar rendah, atau alasan negatif lainnya.

Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan kami?

Ini contoh wawancara singkat yang akan menguji kemampuan Anda dalam melakukan riset. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan tempat Anda ingin bekerja. Jangan sekali-kali datang ke sesi wawancara tanpa mengetahui tentang perusahaan yang akan Anda tuju.

Minimal Anda tahu perusahaan ini bergerak di bidang apa dan produknya apa. Akan lebih baik jika mengetahui lebih banyak dari itu. 

Kenapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Ini?

Ceritakan bahwa di perusahaan ini sejalan dengan target untuk mengembangkan karir Anda selanjutnya. Kemudian singgung beberapa kelebihan perusahaan yang berkaitan dengan pengembangan karir Anda. Misalnya Anda ingin mengembangkan kemampuan komunikasi Anda dengan orang-orang asing, dan kebetulan tempat kerja yang sekarang merupakan perusahaan multinasional.

Jadi jika Anda bekerja di sana akan memberikan pengalaman dan peningkatan karir yang sesuai dengan target Anda.

Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Kemampuan Anda dalam menceritakan diri Anda yang berkaitan dengan pengalaman kerja akan berpengaruh dalam menjawab pertanyaan ini. Usahakan menjual diri Anda dengan maksimal di awal. Sehingga ketika pertanyaan tentang gaji tiba, Anda tidak sungkan untuk menjawabnya.

Lakukan riset tentang gaji pada posisi yang akan Anda lamar. Berikan kisaran harga pada gaji yang Anda inginkan, misalnya kisaran Rp5 juta-6 juta gaji yang Anda harapkan, agar ada ruang negosiasi di sana. Berikut contoh menjawab pertanyaan ini.

Contoh 1:

“Walaupun saya fleksibel, saya ingin menerima gaji antara Rp5.000.000-7.000.000 setiap bulan. Karena keahlian dan tingkat pengalaman saya, saya merasa bahwa ini adalah kisaran yang nyaman dan sesuai untuk pekerjaan saya. ”

Contoh 2:

“Terima kasih telah bertanya. Saya merasa bahwa gaji bulanan antara Rp5.000.000-7.000.000 sejalan dengan perkembangan perusahaan ini, dan kisaran gaji yang saya inginkan mencerminkan tingkat keterampilan dan pengalaman saya dengan baik. Namun, saya fleksibel dan terbuka untuk mendengar tentang harapan kompensasi perusahaan untuk posisi ini. “

Itu beberapa contoh wawancara singkat yang sering ditemui dalam sesi wawancara pekerjaan. Pahami pertanyaan-pertanyaan tersebut lalu temukan jawaban  yang positif sesuai dengan latar belakang Anda.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan sering Anda temui di manapun tempat Anda melamar kerja.

Latihlah diri Anda dalam menjawab contoh wawancara singkat tersebut agar Anda tidak gugup ketika waktu wawancara tiba. Selamat mencoba dan berlatih, semoga Anda segera mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait