Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik Perhatian HRD

daftar riwayat hidup
daftar riwayat hidup

Mencari pekerjaan semakin sulit dewasa ini. Beribu-ribu pelamar kerja lainnya menjadi saingan kamu. Hanya ada satu cara untuk bisa membuka jalanmu kepada pekerjaan tersebut yaitu dengan menarik perhatian HRD. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan membuat daftar riwayat hidup yang menarik.

Apa itu daftar riwayat hidup? Dokumen ini juga dapat disebut dengan curriculum vitae (CV) atau dokumen mengenai gambaran pengalaman seseorang. Satu-satunya senjata yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian HRD saat proses screening di awal adalah dengan curriculum vitae ini.

Senjata ini membantu kamu untuk menyampaikan pengalaman dan perjalanan hidup tanpa harus bertatap muka dengan HRD secara langsung. Lalu, apa yang dimaksud dengan curriculum vitae yang menarik?

Menarik yang dimaksud di sini adalah curriculum vitae yang mampu membuat HRD melirik kamu dibandingkan dengan pelamar kerja lainnya. Kata “menarik” di sini memiliki dua arti.

Pertama, menarik karena riwayat atau track record kamu yang sangat memuaskan. Kedua, menarik karena desain dan komponennya yang tepat sehingga terlihat aestetik.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat curriculum vitae menarik pada arti yang kedua, yaitu menarik dari sisi desain dan komponennya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Beberapa orang bilang bahwa desain merupakan selera. Benar, penilaian atas desain seringkali subjektif. Namun, untuk desain curriculum vitae sendiri sangat jelas mana desain yang baik dan tidak. Curriculum vitae seseorang pastilah memiliki banyak tulisan di dalamnya. Nah, desain yang baik membuat tulisan-tulisan yang banyak tersebut menjadi mudah dibaca dan dipahami.

Untuk penentuan warna sendiri juga sesuai selera. Namun pastinya, HRD juga akan menolak untuk memperhatikan curriculum vitae dengan warna yang menyolok mata atau justru kosong tidak ada warna sama sekali. Gunakanlah warna yang enak dilihat mata. Untuk para milenial yang hidup di tengah cepatnya akses pertukaran informasi, pasti sudah mengerti bagaimana curriculum vitae yang baik dan tidak. Sudah banyak panduan mengenai hal ini di internet termasuk di media sosial, tempat berkumpulnya para milenial.

Untuk lebih mengerti dengan desain dan komponen yang dimaksud, berikut contoh daftar riwayat hidup yang baik:

contoh daftar riwayat hidup

Mengenai komponen, sebenarnya tidak ada ketentuan yang pasti mengenai komponen apa yang harus ada dalam curriculum vitae kamu. Namun, beberapa komponen memang wajib dicantumkan agar HRD bisa menilai pengalamanmu.

Selipkan juga informasi pribadi untuk memudahkan HRD dalam menemukanmu kembali jika mereka tertarik dengan curriculum vitae kamu. Beberapa komponen penting dalam curriculum vitae adalah:

Identitas Diri

Identitas ini mencakup nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, nomor telepon, dan akun media sosial. Hal ini dicantumkan supaya HRD mudah untuk menghubungimu kembali apabila kualifikasi kamu cocok dengan tenaga kerja yang dibutuhkan.

Riwayat Pendidikan

Mencantumkan riwayat pendidikan yang telah ditempuh dan dirincikan masing-masing pendidikannya. Misalnya di mana kamu berkuliah, mengambil jurusan apa, berapa nilai akhir kamu, dan sebagainya. Riwayat pendidikan ini mencakup pendidikan formal dan non formal.

Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja bisa diisi dengan riwayat pekerjaan kamu, di mana kamu bekerja sebelumnya, posisi apa yang kamu jalani, apa saja tugasmu di sana, dan periode kerja. Apabila kamu belum pernah bekerja sebelumnya, maka kamu bisa mengisi dengan pekerjaan lain seperti pengalaman magang, pengalaman menjadi kontributor, pengalaman pekerjaan paruh waktu, dan lain sebagainya.

Pengalaman Organisasi

Sama seperti riwayat pendidikan dan pekerjaan, pengalaman organisasi juga diisi dengan riwayat organisasi kamu. Organisasi apa yang pernah kamu ikuti, apa posisimu di sana, apa tugasmu, dan berapa lama periode kamu bergabung dengan organisasi tersebut. Jika kamu belum pernah mengikuti organisasi, bagian ini juga bisa diisi dengan riwayat atau pengalaman kepanitiaan yang pernah kamu ikuti.

Keahlian Khusus

Ini menjadi hal yang paling dilihat oleh HRD. Tidak semua orang memiliki keahlian khusus. Maka itu, jika kamu memiliki keahlian khusus, curriculum vitaemu bisa dipastikan menjadi curriculum vitae yang paling menarik di antara curriculum vitae pelamar yang lain. Apalagi jika keahlian khususmu berkaitan dengan posisi yang dilamar, tidak heran jika kamu langsung dipanggil oleh HRD perusahaan yang kamu lamar tersebut.

Kemudian, ada lagi beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam membuat curriculum vitae yang baik, antara lain:

Memilih Font dan Ukuran yang Mudah Dibaca

Pilihlah font tulisan yang bergaya profesional dan mudah dibaca. Ukuran font tersebut juga harus kamu perhatikan. Pastikan ukuran font tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga pas untuk dibaca. Untuk format yang lebih rapi lagi, kamu bisa memberikan spasi antar baris sekitar 1,5 hingga 2 cm agar keseluruhan curriculum vitae terlihat lebih mudah untuk dibaca.

Menulis Setiap Riwayat Sesuai Urutan

Sesuai urutan yang dimaksud adalah dari pengalaman terbaru hingga pengalaman yang paling lama. Hal ini memudahkan HRD untuk melihat hal yang paling terakhir kamu lakukan sehingga lebih mudah untuk menilai kondisi dan keadaanmu saat ini. Selain harus sesuai urutan, kamu juga harus memperhatikan cara penulisan waktunya. Pastikan yang kamu tulis rapi dan tepat sehingga HRD tidak bingung dengan urutan waktu (timeline) pengalamanmu.

Menggunakan Kata Kerja Aktif

Agar kemampuan kamu semakin terlihat menonjol pada curriculum vitae, kamu bisa menggunakan kata kerja aktif saat mendeskripsikan tugas kamu di pekerjaan sebelumnya. Misalnya dengan menggunakan kata “menjadwalkan”, “mempersiapkan”, “menyediakan”, dan lain sebagainya. Kata-kata ini membuat informasi yang kamu berikan menjadi padat dan mudah dipahami oleh HRD perusahaan yang kamu lamar.

Cek Ejaan dan Penggunaan Format File

Setelah selesai membuat curriculum vitae, kamu bisa mengecek kembali penulisan secara keseluruhan, apakah ada yang typo atau ejaan yang salah. Jangan sungkan untuk mengecek KBBI untuk mengoreksi ejaanmu. Kemudian, pastikan file daftar riwayat hidup berbentuk jpeg (foto) atau pdf, karena kedua jenis format inilah yang umumnya diterima oleh HRD perusahaan.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat daftar riwayat hidup? Pastikan lagi semua desain dan komponennya agar sesuai, ya! Jangan lupa juga untuk mengikuti tips penulisan curriculum vitae di atas agar perjalanan pencarian kerja kamu semakin lancar. Selamat melamar kerja!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait