Dunia Kerja

Contoh Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Disukai HRD

Contoh Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Disukai HRD

Ajaib.co.id – Banyak job seeker yang mencari contoh lamaran kerja bahasa inggris untuk dijadikan bekal masuk dalam bursa kerja. Penggunaan bahasa asing ini memang dianggap lebih efektif digunakan untuk mencari pekerjaan dibandingkan Bahasa Indonesia. Baik surat lamaran maupun daftar riwayat hidup berbahasa inggris dianggap lebih menjual.

Mendapatkan pekerjaan kini semakin sulit saja. Anak muda yang ingin mendapatkan pekerjaan harus bersaing ketat untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Salah satu yang jadi syarat utama ialah memiliki kemampuan berbahasa inggris. Hal ini yang kemudian coba direpresentasikan lewat contoh lamaran kerja bahasa inggris.

Menyusun surat lamaran kerja versi bahasa asing ini memang bukan hanya sekedar mengganti bahasanya saja. Ada tatanan bahasa yang harus diikuti menyesuaikan dengan kaidahnya. Selain itu, pastikan menyampikan maksudmu dengan pemilihan kata yang tepat.

Contoh Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Bakal Bikin HRD Kepincut, Pas Buat Fresh Graduate

Lamaran kerja merupakan tahapan yang wajib kamu lalui saat kamu ingin bekerja di suatu perusahaan. Yang mana, kamu sebagai pelamar kerja pasti diharuskan melengkapi dokumen dan administrasi yang dibutuhkan oleh perusahaan saat proses rekrutmen. Misalnya saja, kamu wajib menulis lamaran kerja Bahasa Inggris.

Ini adalah realita yang terjadi dalam dunia kerja, dimana ada perusahaan yang mewajibkan kamu untuk menulis surat lamaran kerja menggunakan Bahasa Inggris. Biasanya hal ini banyak kamu jumpai jika kamu melamar di perusahaan asing. Pasalnya, nantinya kamu akan bekerja sama atau berhubungan dengan rekan kerjamu dari berbagai negara sehingga kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris menjadi penting untuk dikuasai.

Meski demikian, saat ini juga banyak perusahaan nasional yang mensyaratkan lamaran dengan bahasa asing ini. Meskipun tidak tertera dalam syarat pengajuan lamaran, biasanya lamaran dengan bahasa Inggris akan bisa menarik perhatian HRD dalam sekejap.

Nah jika itu yang terjadi, apakah kamu akan menyerah dan tidak berani untuk mencoba melamar dengan lamaran kerja Bahasa Inggris? Menulis surat lamaran dalam bahasa inggris memang menantang. Meskipun kamu mungkin fasih bercakap-cakap atau bisa nonton film tanpa teks, bukan berarti kamu dijamin bisa menyusun surat ini.

Pilihan katanya harus tepat dengan diksi yang juga pas sasaran. Namun kamu tak perlu patah semangat. Walaupun memang harus diakui mungkin Bahasa Inggris kamu tidak begitu baik khususnya untuk penulisan, kamu tetap bisa kok menyusun surat lamaran versi bahasa Ratu Elizabeth ini.

Kamu bisa mendapatkan inspirasi dengan mengintip contoh lamaran kerja Bahasa Inggris berikut. Surat di bawah ini bisa dijadikan referensi untuk kamu ketika dihadapkan oleh situasi yang mewajibkan diri kamu untuk menulis lamaran kerja Bahasa Inggris.

Simak sampai habis ya! Ini hal yang penting khususnya buat para fresh graduate yang sedang sibuk melamar pekerjaan sana-sini

Contoh Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate

Febrian Handoko

Jl. Angke Jaya IX/ 8 Jakarta Barat 00000

Tel. 0877 000 000

[email protected]

Jakarta, November 15, 2018

HRD Departement

PT Paus Biru

Jl. Iskandar Muda no 000

Jakarta 00000

Dear Mr/ Mrs,

I have read your advertisement on Jobstreet and found that your company is looking for employees for content writer on November 15, 2018. And I believe the job vacancy in your company is suited to me as an communication major, so i am writing to apply for this position.

My name is Widya Mulya, I am twenty three years old. I am a fresh graduated from Communication Department UMY on November this year.

I believe i meet all the requirement listed in your advertisement. I m a recent college with previous freelance experienced. Ever since in college, I have always had interest ini writing industry. And I have deep knowledge about good writing and can engage the potential customers or readers. Because, i have learnt about good writing, SEO, and copywriting to selling a product for customers.

For your consideration, I also have good command of English as well design software dan internet. I am hardworking and I can work together as a team. I also eager to learn from new experience in your company as writer.

Thank you very much for your attention. I hope you can consider my qualification.

Sincerely,

Widya Mulya

Demikianlah contoh lamaran kerja Bahasa Inggris bagi fresh graduate yang bisa kamu jadikan referensi dalam melamar kerja di perusahaan impianmu. Contoh lamaran kerja Bahasa Inggris diatas merupakan lamaran kerja yang disukai oleh HRD perusahaan. Penggunaan bahasa asing ini memang memberikan efek yang positif bagi imej calon karyawan di mata HRD.

Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris Lebih Representatif

Penggunaan bahasa inggris atau bahasa indonesia dalam surat lamaran kerja memang cukup membingungkan bagi job seeker. Apalagi jika iklan lowongan kerja tersebut tidak mencantumkan bahasa yang harus digunakan. Namun ada baiknya kamu menyediakan surat lamaran dalam bahasa inggris untuk meningkatkan peluangmu direkrut.

Pakar Career Development, Audi Lumbantoruan, mengakui memang banyak perusahaan yang melihat nilai lebih pada surat lamaran yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Poin ini jadi seperti representatif bagi pelamar kerja. Kendati demikian, bukan berarti lamaran yang menggunakan Bahasa Indonesia tidak lebih menjual ketimbang versi Bahasa Inggris.

Hal itu tak lepas dari bagaimana pelamar kerja menyajikan surat lamaran kerjanya. Baik Bahasa Indonesia maupun Inggris, ada beberapa hal yang perlu ditekankan dalam pembuatannya. Misalnya saja menerapkan self branding untuk memasarkan keahlian dan pencapaian yang bisa dijual pelamar kerja kepada perusahaan.

Jangan bertele-tele namun fokus saja pada konteks pendidikan terakhir, pengalaman, jual apa saja keberhasilan yang sudah dilakukan selama ini, dan informasi penting lainnya. Kamu juga tidak perlu menulis surat lamaran kerja yang terlalu panjang karena HRD akan cenderung bosan.

Hindari Kesalahan Berikut Ketika Menulis Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Sebagian besar dari kita memang bukan pengguna aktif bahasa inggris. Meskipun saat ini sudah banyak yang bisa berkomunikasi dalam bahasa ini bukan berarti mengusai kemampuannya untuk kebutuhan tulis menulis. Agar contoh lamaran kerja bahasa inggris yang kamu buat tak terlihat konyol, hindari 5 kesalahan berikut yang dilansir dari situs Glints

Struktur CV

Pada saat membuat CV Bahasa Inggris, kamu perlu menentukan kategori yang akan ditampilkan pada CV. Untuk CV Bahasa Inggris, ada 3 bagian utama yaitu pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan bahasa. Tiga bagian ini cukup mewakili profil kamu di hadapan pewawancara dan tim rekruter.

Sedikit saran, sebaiknya kamu cantumkan jenjang pendidikan dari yang terakhir dicapai dan tidak perlu mengerucut sampai ke tingkat Sekolah Dasar. Kalau kamu fresh graduate, cukup tampilkan jenjang S1 dan SMA saja. Begitu juga di bagian pekerjaan, urutkan dari pengalaman terkini lalu mundur ke yang sebelumnya.

Ejaan

Kesalahan ejaan memang paling sering dan mudah terjadi di berbagai jenis tulisan, termasuk CV Bahasa Inggris. Bahkan di CV Bahasa Indonesia sekalipun masih sering ada salah ejaan, padahal CV bukan jenis tulisan yang panjang dan berlembar-lembar.

Dalam membuat CV Bahasa Inggris, kamu bisa memanfaatkan spelling check untuk menghindari salah penulisan. Di awal membuat CV Bahasa Inggris, tentukan dulu kamu akan membuatnya dengan template Inggris yang mana, disesuaikan dengan perusahaan yang kamu tuju.

Penulisan gelar

Gelar yang didapat mahasiswa di Indonesia kadang tidak selalu bisa sepadan dengan gelar yang sama di negara lain atau skala internasional. Kesalahan yang sering dibuat pada CV Bahasa Inggris adalah mengganti secara harfiah gelar di bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Padahal, sudah banyak mesin pencari informasi yang bisa kamu pakai untuk mencari tahu padanan dari gelar yang kamu punya. Misalnya, lulusan Sastra tidak serta merta menjadi Bachelor of Literature dalam CV Bahasa Inggris. Pilihannya bisa Bachelor of Arts, atau Bachelor of Humanity sesuai penjurusan yang kamu ambil.

Penggunaan poin (bullets)

Hindari paragraf panjang yang membuat CV Bahasa Inggris kamu terlihat seperti essay. Supaya memudahkan rekruiter, kamu bisa pakai simbol bullets untuk menjelaskan poin-poin utama. Sayangnya, pemakaian bullets yang harusnya memudahkan kamu dalam memberi penjelasan di CV Bahasa Inggris malah sering kali jadi sumber kesalahan. Kalau kamu mau pakai bullets, pastikan tiap poin punya struktur yang sama, misalnya penjelasan dengan kalimat lengkap atau kamu bisa pilih penjelasan lewat frasa.

Penggunaan kata kerja lampau

Pastinya kamu sudah tahu kebingungan yang sering terjadi saat menggunakan bahasa Inggris, kejadian di masa depan, lampau, dan sedang berlangsung punya pakemnya masing-masing. Saat membuat CV Bahasa Inggris aturan tidak baku namun biasa diterapkan adalah menulis semuanya dalam bentuk past tense. Berhubungan dengan pemakaian bullets, kamu perlu menyelaraskan bentuk kalimatnya, misalnya:

“Managed corporate activities.”

Created events regarding company social responsibility.”

“Reported monthly events to director.”

Sementara susunan kalimat di bawah ini akan membuat CV Bahasa Inggris kamu kurang tepat isinya. Misalnya:

“Responsible for managing corporate events.”

“Two marketing events per month as a minimum target.”

“Report sent to director every month.”

Padanan posisi atau jabatan

Selain gelar atau title, posisi dan jabatan kamu di perusahaan juga kadang susah ditemukan padanannya. Sementara dalam CV Bahasa Inggris kamu butuh tepat menggunakan tiap katanya agar maksud kamu bisa tersampaikan, termasuk keterangan jabatan. Kalau memang sulit ditemukan padanannya, kamu bisa pakai Bahasa Indonesia saja tapi dengan catatan butuh dijelaskan dengan tepat deskripsi kerja yang dilakukan.

Kamu juga bisa membaca beberapa sumber dalam Bahasa Inggris untuk menemukan sebutan yang paling mendekati jabatan kamu. Pada CV Bahasa Inggris jangan lupa menggunakan kapital di huruf pertama jika kamu sedang merujuk pada jabatan. Tapi saat posisi tersebut berfungsi sebagai penjelasan deskripsi kerja, kamu tidak perlu memakai huruf kapital.

Penggunaan frasa yang terlalu panjang

Frasa kata benda dalam Bahasa Inggris memang cukup sering dipakai, tapi sering kali saat membuat CV Bahasa Inggris semua frasa terlihat dipaksakan. Selain karena maksud dan arti yang rancu, keputusan kamu untuk menuliskan frasa yang terlalu panjang dengan kosakata sulit hanya akan membuat rekruiter turn off alias kehilangan niatnya untuk melanjutkan proses membaca CV Bahasa Inggris kamu. Sebaiknya pakai frasa yang jelas dan tidak terlalu panjang, misalnya marketing activities, which involved all employees.

Jika kamu sudah menerapkan sejumlah poin di atas dalam contoh lamaran kerja bahasa inggris yang kamu buat, besar kemungkinkan kamu akan bisa menarik perhatian HRD. Dengan demikian, kamu mendapatkan kesempatan untuk dikenal lebih jauh dan mendapatkan peluang pekerjaan tersebut.

Umumnya HRD hanya membaca surat lamaran kerja sesorang dalam kurun waktu 3 menit saja. Karena itu, dalam waktu yang terbilang singkat itu kamu harus bisa memberikan impresi yang berkesan, termasuk dengan menggunakan bahasa inggris. Jika sudah demikian, maka surat lamaranmu hanya akan berakhir sia-sia.

Masa mencari pekerjaan memang selalu jadi momen yang sulit. Meskipun banyak lowongan kerja yang didapati, belum tentu kita bisa lolos seleksinya. Bahkan banyak orang yang gagal hanya dalam fase pertama ketika mengirimkan surat lamaran kerja. Proses mencari kerja memang bukan hanya mudah butuh kerja keras dan ketekunan.

Semoga artikel dari Ajaib ini bisa membantumu mendapatkan pekerjaan impian yang sesuai dengan passion dan bidangmu ya! Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan penghasilan sendiri dan mandiri secara finansial.

Artikel Terkait