Ajaib.co.id – Menulis CV bukan hal yang mudah apalagi jika kamu belum pernah melakukannya sebelumnya. Kamu harus memastikan jika CV milikmu menampung semua keahlian dan pengalaman yang dimiliki. Selain itu, tampilannya juga harus tetap profesional dan nyaman dibaca.
Kesulitan lainnya adalah memilih format atau resume yang paling baik dan benar untuk dikirimkan guna melamar pekerjaan. Format dan bentuk CV sebenarnya harus berbeda disesuaikan dengan posisi yang dituju. Beda level dan pengalaman maka beda pula CV yang ditampilkan. Agar tidak bingung lagi, simak contoh CV yang baik sesuai dengan tujuan dan level pekerjaannya yang dilansir dari reed.co.uk ini:
CV Standar
CV yang paling sering digunakan adalah versi standar berupa nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat email, dan data diri lainnya, riwayat pendidikan, serta kualifikasi diri da pengalaman kerja. Biasanya ditambahkan pula pengalaman kerja sebelumnya yang relevan. Sebaiknya kamu menyusun daftar pengalaman kerja sebelumnya sesuai kronologis. Letakkan pengalaman terbaru atau terakhir di posisi paling pertama baru mundur ke waktu sebelumnya.
CV, apapun jenisnya, harus ditulis dengan ringkas, jelas, dan mudah dibaca. Tidak ada salahnya juga jika menghapus beberapa jabatan atau pengalaman kerja yang kira-kira tidak berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Hal paling penting adalah CV milikmu tidak boleh lebih dari 2 halaman karena akan membosankan HRD yang membaca.
Fresh Graduate CV
CV jenis ini cocok untuk kamu yang baru lulus Universitas dan sedang mencari pekerjaan pertama. Karena itulah maka struktur CV yang dibuat harus sedikit berbeda dari biasanya. Alasannya karena masih minim pengalaman kerja, maka penekanan utamanya harus ada latar belakang pendidikan yang kamu miliki.
Tentu saja ini tidak cukup hanya dengan nilai A dan IPK yang kamu capai saat lulus. Kalau saat ini sedang melamar kerja sesuai dengan jurusan kuliah maka penjelasan detail soal kemampuanmu yang terkait bidang itu akan sangat membantu. Bisa juga menambahkan mata kuliah atau kursus yang diambil untuk mendukung CV-mu. Seteleh kuliah bertahun-tahun paling tidak pasti ada hal yang bisa dicantumkan pada resume milikmu.
Career Break CV
Ini adalah salah satu jenis CV untuk kamu yang sempat mengambil jeda bekerja atau menganggur karena berbagai alasan. Format dan isinya relatif sama dengan CV yang lain. Namun kamu harus mengakui gap year itu dengan percaya diri untuk memperkuat karaktermu di hadapan HRD. Tidak perlu detail namun beri penjelasan sedikit dan jujur pada surat lamaran tentang alasan gap year itu.
CV untuk Pindah Industri
Memiliki pekerjaan tetap bukan berarti menutup diri pada kesempatan yang lebih baik. Kalau kamu berencana pindah industri maka buang CV lamamu. Susun CV baru milikmu berdasarkan ketrampilan yang mendukung daripada pengalaman kerja sebelumnya. Dengan demikian, tim HRD tidak akan berfokus pada pengalamanmu yang minim. Tambahkan berbagai contoh nyata kegiatan atau skill yang mendukung agar semakin prospektif.
Rata-rata hanya butuh waktu sekitar 7 detik bagi HR untuk membacanya dan memutuskan menerima atau menolak CV para pelamar. Artinya sangat penting membuat CV yang menarik agar bisa menggaet HRD untuk paling tidak lolos ke seleksi berikutnya. Jadi, pastikan sebelum kamu melamar bekerja di PT yang telah kamu incar, pastikan kamu telah mengetahui cara membuat CV dan melihat contoh CV yang baik sesuai dengan pengalamanmu ya!
Tips Membuat CV yang Baik
Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat CV yang baik, di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu tiru sebelum membuat CV dan resume.
1. Desain yang simpel
Desain CV yang bagus dan eye catching dan tetap terlihat simpel bisa menjadi salah satu daya tarik bagi seorang HR. Menurut Debra Wheatman dari Careers Done Write, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam CV adalah pemakaian italic, bold, dan capslock yang digunakan untuk penekanan serta pemilihan jenis huruf yang akan kamu gunakan.
Pilihlah jenis huruf standar yang mudah dibaca dan terlihat bagus baik di layar maupun di atas kertas. Hindari font yang sulit dibaca ataupun font aneh-aneh yang tidak formal. Arial, Times New Roman, Calibri, Roboto adalah beberapa font yang bisa kamu pilih dan menjadi font standar yang mudah dibaca.
2. Tambahkan profile LinkedIn
Kini banyak HR yang sering melakukan pengecekan mengenai CV calon karyawan melalui LInkedIn. Di LinkedIn lah kamu bisa membuat sebuah resume detail, termasuk informasi kontak kamu. Jadi, pastikan kamu menambahkan alamat LinkedIn pada CV kamu sebelum kamu menambahkan alamat email ataupun nomor telepon. Seorang pakar karir dari TopResume, Amanda Augustine menjelaskan bahwa mayoritas para profesional menggunakan LinkedIn, jadi pastikan kamu memperhatikan LinkedIn yang kamu miliki untuk memperkuat resume yang kamu kirim.
3. Perhatikan jabatan yang kamu tulis
Perhatikan keyword dari jabatan yang kamu temukan pada situs-situs lowongan kerja. Jika perusahaan mencari “Marketing Communications Director” dan kamu memenuhi kriteria yang dicari, kamu boleh menulis jabatan kamu seperti “Senior Manager of Marketing and Communications.” Namun, ketika kamu melamar untuk jabatan yang belum pernah kamu lakukan, kamu bisa menulis jabatan pada LinkedIn sebagai “Marketing Professional.” Selain itu, kamu juga bisa mulai perhatikan mengenai apa yang akan kamu lakukan di pekerjaan berikutnya? Dari sinilah kamu bisa lebih mudah untuk mempromosikan diri kamu di mata perusahaan ataupun HR Manager.
4. Deskripsi diri yang singkat
Dalam CV biasanya kamu juga akan menuliskan summary mengenai siapa kamu dan apa keahlian kamu. Untuk membuatnya, pastikan kamu membuatnya dengan kalimat yang singkat, padat, dan tetap jelas. Kamu hanya cukup menjelaskan siapa kamu dan kenapa kamu cocok untuk menepatkan posisi yang sedang kamu incar tersebut.
5. Tambahkan soft skill
Agar tidak monoton dan menarik perhatian, kamu bisa menambahkan setiap kalimat dengan nomor atau simbol yang mempermudah perusahaan dan HR Manager melihat CV kamu. Saat membuat daftar skill yang kamu miliki, kamu bisa mulai dengan hard skill sesuai tingkat kemahiran yang paling kamu kuasai.
Selain hard skill, kamu juga bisa menambahkan soft skill yang sedang tren saat ini seperti kemampuan memimpin, negosiasi, komunikasi, dan sebagainya. Tepat waktu dan sifat rajin adalah hal yang sudah sewajarnya dan tidak bisa disamakan dengan soft skill seperti kemampuan public speaking dan event planning.
6. Isi riwayat kerja yang spesifik
Dibanding menjabarkan tanggung jawab di setiap posisi yang pernah kamu tempati, perusahaan biasanya akan lebih senang dengan prestasi apa yang pernah kamu raih dan bagaimana kamu bisa melakukannya di perusahaan mereka. Cobalah untuk tetap spesifik dan jika bisa, sediakan statistik yang relevan seperti total pendapatan yang pernah kamu buat, perkembangan klien yang pernah kamu handle, dan data kuantitatif lainnya yang menunjukkan kemampuan dan juga pencapaian kamu.
7. Lebih selektif dan relevan
Semakin resume kamu terlihat ramai, semakin malas orang membacanya. Dibanding menuliskan setiap pekerjaan atau internship yang pernah kamu lakukan, cobalah pilih jabatan yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar saat ini. Bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa cek dan cobalah perhatikan CV kamu. Jika kamu merasa lelah atau bosan saat menulisnya, CV kamu juga membosankan saat dibaca orang lain. Pikirkan dan pilih hal-hal yang paling relevan dan penting untuk ditunjukkan oleh perusahaan tersebut.
8. Kalahkan robot pencari
Sekarang ini banyak perusahaan besar yang tidak memiliki waktu untuk mengecek satu per satu setiap lamaran yang masuk. Sehingga, biasanya mereka akan menggunakan bantuan software pencari untuk melakukan hal itu. Sehingga, ketika kamu mengunggah CV dan resume ke sebuah situs pencari kerja, sistem ATS (Applicant Tracking System) akan memindai keyword yang berkaitan dengan profesi. Hal ini akan membantu perusahaan mengeliminasi mayoritas resume yang diterima dan memudahkan HRD.
Contoh CV yang Menarik Pihak Perusahaan
#1 Contoh CV Kerja di Bank
CURRICULUM VITAE DATA PRIBADI Nama: Risna Nihlawati Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 13 Mei 1991 Kewarganegaraan : WNI HP : 082381910101 Jenis Kelamin : Perempuan Status Perkawinan : Menikah Agama : Islam Kesehatan : Baik Alamat Lengkap : Badung Village A10, Jakarta Pendidikan Terakhir : S1 Sastra Indonesia, Universitas Indonesia RIWAYAT PENDIDIKAN 1997 – 2000 : SD N 1 Badung 2000 – 2003 : SMP Pratama Badung 2003 – 2006 : SMA Pratama Badung 2006 – 2013 : Program S1 Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta PENGALAMAN KERJA 1. Bekerja di PT. BANK ARTOREJO Tbk. Yogyakarta Sebagai Teller Februari 2013 – Agustus 2016 2. Bekerja di KSP Mudah Yogyakarta sebagai Petugas Pembukuan September 2016 – Februari 2017 3. Bekerja di PT. PERMATA JATI sebagai Kepala Keuangan Februari 2017 – Sekarang PRESTASI Juara Atlet Remaja PON Kaltim (2007) Atlet Pelatda Provinsi Jawa Barat ( 2005 – 2010 ) Seleksi Atlet Pelatnas Cabor Badminton ( 2007 – 2010 ) Juara Cerdas Cermat Antar Mahasiswa Sastra Indonesia UNY (2010) Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya sebagai informasi pendukung dan pertimbangan untuk lamaran saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih Hormat saya, Risna Nihlawati |
#2 CV Kreatif untuk Marketing
CURRICULUM VITAE DATA PRIBADI Nama: Riyanti Mulia Dita Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 3 Juni 1986 Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya No Hp: 0819018172 Jenis Kelamin: Perempuan Agama: Islam Kewarganegaraan: Indonesia Status: Belum Menikah Email: ryanti86@gmail.com Hobi: Membaca Kesehatan: Baik Pendidikan Terakhir: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia PENDIDIKAN FORMAL 1992-1998 SDN 1 Magetan 1998-2001 SMP 3 Takeran 2001-2004 SMA 2 Madiun 2004-2010 FIA Universitas Indonesia PENDIDIKAN NON FORMAL Kursus Bahasa Inggris Di EF Kursus Bahasa Jepang Kursus Bahasa Cina PENGALAMAN KERJA Anggota Tim Marketing Siloam Hospital Tangerang 2010-2012 Koordinator Tim Marketing Siloam Tangerang 2012-2014 Marketing Director Trans Studio Bandung Hingga Sekarang PRESTASI Olimpiade Matematika Peringkat 1 Tahun 2003 Karya Ilmiah Remaja Antar SMA Se Indonesia Juara 2 Tahun 2002 Lomba Cerdas Cermat Di Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008 Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuck lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya. Tanda Tangan Riyanti Mulia Dita |
#3 CV untuk Daftar PNS
CURRICULUM VITAE DATA PRIBADI Nama: Rifa’i Muliyasari Tempat Tanggal Lahir: Malang, 3 Mei 1992 Alamat: Jalan Tirto Rahayu no 11 Malang No Hp: 087829220 Jenis Kelamin: Perempuan Agama: Islam Kewarganegaraan: Indonesia Status: Belum Menikah Email: rifai@gmail.com Hobi: Menulis Kesehatan: Baik Pendidikan Terakhir: S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia PENDIDIKAN FORMAL 1998-2004 SDN 1 Malang 2004-2007 SMP 3 Takeran 2010-2013 SMA 2 Madiun 2013-2017 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia PRESTASI Olimpiade Akuntansi Peringkat 1 Tahun 2013 Karya Ilmiah Remaja Antar SMA Se Indonesia Juara 2 Tahun 2013 Lomba Cerdas Cermat Di Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2017 Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya. Tanda Tangan Rifa’i Mulyasari |
Salah satu cara mengakalinya, kamu bisa mulai memasukkan beberapa kata kunci, skill, atau kriteria yang dicari dari setiap lamaran kerja yang kamu incar. Jika tidak yakin, perhatikan kata yang paling sering muncul dalam iklan lowongan kerja tersebut, terutama pada bagian kualifikasi. Pastikan juga bahwa CV kamu sesuai dengan apa yang mereka cari. Selamat mencari pekerjaan!