Apa Itu Equity? Ini Definisi Equity dalam Bisnis

Equity dalam bisnis

Jika ditinjau dari pengertian yang serhana, equity dalam bisnis adalah besarnya hak atau kepentingan pemilik perusahaan pada harta perusahaan. Bila kamu mengingat kembali persamaan dasar akuntansi, dalam kolom kiri merupakan harta, dan kolom sebelah kanan merupakan utang dan equity.

Pada kolom kiri, merupakan sumber daya yang akan dikuasai perusahaan, sedangkan pada kolom kanan menunjukkan besarnya kepentingan kreditor dan pemilik terhadap harta perusahaan. Nominal atau besaran kepentingan pemilik atas harta perusahaan disebut equity.

Istilah equity berasal dari kata equity atau equity of ownership, artinya kekayaan bersih perusahaan. Jika dilihat secara sederhana, equity dalam bisnis bisa diformulasikan sebagai total aktiva dikurangi total pasiva.

Bentuk equity merujuk pada bagian hak milik dalam perusahaan, yakni selisih antara aktiva dan kewajiban yang ada. Dengan demikian tidak merupakan ukuran nilai jual perusahaan tersebut.

Meski deminikan pada dasarnya equity dalam bisnis berasal dari investasi pemilik dan hasil usaha perusahaan. Equity dalam bisnis pada akhirnya pasti akan berkurang terutama dengan adanya penarikan kembali penyertaan oleh pemilik, pembagian keuntungan atau karena kerugian.

Secara garis besar, equity dalam bisnis bisa diartikan bentuk hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban dalam neraca, dengan demikian jumlah (besarnya) equity sama dengan selisih antara aktiva dan kewajiban perusahaan.

Misalkan pada sebuah bentuk perusahaan perseroan terbatas (PT), di mana equity-nya dapat diklasifikasikan menjadi setoran modal oleh para pemegang saham, saldo, laba, dan penyisihan saldo laba.

Lalu, apa yang dimaksudkan dengan equity cecara umum bisa merujuk pada nominal atau besarnya hak residual dari kepentingan pemilik entitas terhadap aset entitas tersebut setelah dikurangi semua kewajiban dalam neraca.

Arti equity ini dapat juga didefinisikan sebagai modal atau kekayaan suatu entitas, yakni selisih jumlah aktiva (aset) yang nantinya dikurangi dengan pasiva (kewajiban). Dengan demikian, secara prinsip equity dalam bisnis bisa diartikan nominal kekayaan bersih yang berasal dari investasi pemilik dan juga dari hasil kegiatan usaha perusahaannya.

Merujuk pada PSAK (2002) pasal 49, arti dari equity adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban. Maka ini juga bisa diartikan suatu perkiraan yang mencerminkan porsi hak atau kepentingan pemilik perusahaan terhadap harta perusahaan tersebut.

Beberapa Jenis Equity

Menilik pada suatu entitas yang berbentuk perseroan, terdapat lima jenis equity. Jika mengacu pada pengertian, beberapa jenis-jenis equity adalah sebagai berikut:

1. Akun Penambah Equity

Dalam akun penambah equity, equity dalam bisnis dapat dibagi dua macam. Pertama adalah laba ditahan dan modal disetor. Dalam dua akun ini nantinya akan dijelaskan kembali laporan perubahan equity yang merupakan unsur penambah equity.

2. Modal Disetor

Sementara maksud dari modal disetor adalah nominal atau besaran uang yang disetorkan oleh pemegang saham. Selanjutnya, modal disetor juga dapat kelompokkan menjadi dua, yaitu:

– Modal Saham, yang merupakan jumlah nominal saham yang beredar.

– Agio/ Disagio Saham, merupakan bentuk selisih antara setoran pemegang saham dengan jumlah nominal saham. Agio ini juga bisa diartikan selisih di atas nominal, sedangkan Disagio merupakan selisih di bawah nominal.

3. Pendapatan

Bentuk pendapatan (revenues) merupakan laba suatu entitas yang memberikan penambahan nilai perusahaan pada periode pencatatan. Di dalam pendapatan, laba ditahan yang dipakai untuk melakukan ekspansi entitas sehingga dapat memperbesar aset entitas tersebut.

4. Akun Pengurang Equity

Akun pengurang equity merupakan kebalikan dari akun penambah equity. Dalam akun ini ada dua akun pengurang equity, yaitu pengambilan pribadi dan biaya. Dalam dua akun ini, pengurangan akan dinyatakan sebagai pengurang equity dengan saldo nominal di bagian debit pada laporan.

5. Pengambilan Pribadi

Pengambilan pribadi merupakan pengambilan modal perusahaan yang dilakukan oleh pemilik perusahaan. Apabila sebuah perusahaan sudah berbentuk perseroan, maka pengambilan pribadi (prive) hanya dapat dilakukan bila disetujui oleh dewan komisaris.

6. Beban/ Pengeluaran

Beban atau pengeluaran, merupakan semua biaya yang dikeluarkan oleh entitas perusahaan dalam kegiatan operasionalnya untuk menghasilkan barang atau jasa. Dalam bentuk laporan equity beban dan pendapatan tidak tercantum secara langsung, namun dalam bentuk laba atau rugi.

Contoh Equity dalam Bisnis

Kita bisa melihat beberapa equity yang terdapat pada suatu entitas berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Nah, beberapa contoh equity antara lain, sebagai berikut:

– Modal dari Perseroan Terbatas yang terdiri atas saham. Bentuk saham merupakan jenis saham yang terdiri dari Saham Preferen, Saham Biasa, dan Akun Tambahan Modal Disetor.

– Modal dari yang berasal dari sumbangan (donated capital) dapat dilaporkan sebagai bagian dari tambahan modal disetor.

– Bentuk dari Premium (agio) atau discount (disagio) dari penjualan saham, baik saham biasa maupun saham preferen.

– Selisih dari penilaian kembali aktiva tetap, untuk perusahaan yang melakukan revaluasi aktiva tetap berdaarkan peraturan pemerintah.

– Retained Earnings atau laba ditahan yang juga bisa disebut sisa laba tahun sebelumnya) atau Deficit/ Accumulated Losses (sisa rugi tahun sebelumnya).

Bacaan menarik lainnya:

Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait