Dunia Kerja, Perencanaan Keuangan

Manfaat Pembuatan Laporan Laba Rugi bagi Perusahaan

Ajaib.co.id – Salah satu keberhasilan perusahaan dapat diukur dari melihat bagaimana kondisi keuangannya. Kondisi finansial dari suatu perusahaan dapat dilacak apakah laporan keuangan yang dibuat sudah baik dan benar. Laporan keuangan sendiri terdiri dari beberapa macam, yakni laporan arus kas, laba rugi, neraca, perubahan ekuitas, dan lainnya.

Di sini kita akan sama-sama membahas tentang laporan laba rugi. Biasanya laporan ini dibuat tiap minggu, bulan, hingga tahunan sesuai dengan keperluan perusahaan untuk melihat kinerjanya. Laporan ini juga memberikan banyak manfaat bagi kamu dan juga perusahaan. Manfaat apa sajakah itu, lihat ulasannya berikut ini.

Apa itu Laporan Laba Rugi?

Sebelum kita mengetahui manfaatnya, alangkah baiknya kita memahami dulu apa itu laporan laba rugi. Laporan ini adalah salah satu jenis laporan keuangan yang menampilkan grafik dari pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Dalam laporan ini, kamu bisa mengetahui jumlah harga pokok penjualan hingga biaya operasionalnya.

Selain itu, dalam laporan tersebut terdapat laba kotor serta laba bersih dari kegiatan bisnis kamu. Laporan ini terdiri dari beberapa elemen, yaitu beban, pendapatan, keuntungan, serta kerugian.

Melalui laporan ini, perusahaan bisa memperlihatkan profitabilitas kepada investor dan juga kreditor dan menunjukkan seberapa efisienkah suatu perusahaan dalam memperoleh laba dari total keseluruha pendapatannya. Perhitungannya pun tidak seperti neraca, laporan dibuat selama rentang waktu tertentu.

Manfaat Laporan Laba Rugi

Dalam laporan ini kamu mendapat sejumlah manfaat bagi perusahaan dan bisnis kamu. Kira-kira apa saja manfaatnya? Berikut poin-poinnya.

1. Sebagai Bahan Evaluasi Kinerja Perusahaan

Dari laporan laba rugi, perusahaan bisa mengevaluasi kinerjanya. Melalui laporan tersebut, kamu bisa mengetahui di mana peningkatan terjadi, apakah pada pendapatan atau justru kerugian. Lalu dengan adanya evaluasi, kamu bisa lebih meminimalkan risiko mengalami kerugian di waktu yang akan datang. Jika perusahaan mengalami kerugian, kamu bisa mengambil keputusan untuk terus membuat perusahaan makin berkembang dan menghadapi persaingan bisnis.

2. Memajukan Perusahaan

Dengan mengamati hasil dari laporan tersebut, kamu selaku pemilik perusahaan bisa menilai mana pengeluaran-pengeluaran yang dianggap efektif dan yang tidak. Hal ini bisa membantu perusahaan untuk terus berkembang. Namun, untuk bisa memajukan perusahaan kamu harus mempunyai kemampuan dalam meningkatkan profit atau pendapatan perusahaan.

3. Mengetahui Risiko yang Dihadapi

Ada beberapa perusahaan yang mungkin sulit untuk memperoleh keuntungan dan malah terus menerus merugi. Hal itu bisa saja terjadi karena perusahaan kurang mampu menilai risiko yang dihadapi. Nah, untuk itu laporan ini bisa membantu kamu mengamati risiko tersebut. Dengan begitu, kamu bisa dengan segera mencari tahu solusinya.

4. Tolok Ukur Keberhasilan Perusahaan

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa salah satu yang jadi tolok ukur keberhasilan suatu perusahaan adalah melalui laporan laba ruginya. Dengan laporan inilah kamu bisa untuk mengukur kinerja keuangan dari perusahaan. Selain itu dari laporan ini dapat diketahui bagaimana kinerja perusahaan sehingga memotivasi karyawannya untuk berkembang lebih baik.

5. Analisa Strategi Perusahaan

Laporan laba rugi juga dapat dimanfaatkan untuk menganalisa strategi perusahaan. Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, suatu perusahaan tentu memiliki strategi khusus. Untuk mengetahui keberhasilan dari strategi tersebut, maka dapat diamati dari laporan laba ruginya.

Format Laporan Laba Rugi

Terdapat 2 (dua) format laporan laba rugi yang umumnya digunakan oleh perusahaan, yaitu laporan laba rugi single step dan multiple step. Apa perbedaan kedua format tersebut?

a. Laporan laba rugi single step 

Laporan laba rugi single step merupakan laporan laba rugi yang hanya menunjukkan satu kategori pendapatan dan satu kategori pengeluaran. Format ini kurang bermanfaat bagi pengguna eksternal karena mereka tidak dapat menghitung rasio efisiensi dan profitabilitas dengan lingkup data yang terbatas. Laporan ini bersifat sederhana, tidak berisi detail perputaran keuangan yang terjadi pada perusahaan dan biasanya digunakan perusahaan rintisan atau UKM.

b. Laporan laba rugi Multiple step

Sedangkan laporan laba rugi multiple step merupakan laporan laba rugi yang memisahkan akun biaya ke dalam akun lain yang lebih relevan dan dapat digunakan berdasarkan fungsinya. Beban pokok penjualan, biaya operasi dan non-operasional dipisahkan dan digunakan untuk menghitung laba kotor, laba operasi, dan laba bersih.

Laporan keuangan ini biasanya digunakan dengan standar pelaporan keuangan perusahaan besar atau perusahaan yang memiliki banyak pemangku kepentingan, seperti kreditor dan investor.

Pada kedua format laporan laba rugi diatas, pendapatan selalu disajikan sebelum biaya. Pengeluaran dapat dicantumkan menurut abjad atau berdasarkan jumlah nominal. Laporan juga dapat diformat oleh sifat dan fungsi biaya.

4 Elemen yang Harus ada Dalam Laporan Laba Rugi

#1 Laba Kotor

Laba ini merupakan elemen yang membantu kamu mengukur pendapatan perusahaan yang dilakukan secara langsung terhadap penjualan produk selama satu periode akuntansi. Laba kotor memiliki indikasi langsung terhadap kemampuan perusahaan untuk menutupi biaya produksi. 

Laba Kotor = Pendapatan Penjualan Bersih – Harga Pokok Penjualan

#2 Laba Bersih

Laba bersih merupakan kelebihan pendapatan dari hasil penjualan bersih pada harga pokok penjualan setelah dipotong biaya seperti pajak penghasil dan operasi. Pendapatan dan total beban operasi, beban pokok penjualan serta tarif pajak penghasilan adalah faktor yang dapat mempengaruhi laba bersih.

#3 Laba Operasi

Laba ini mengindikasikan kemampuan perusahaan dalam mendapatkan pendapatan sesuai bisnis utamanya. Karena pada laba operasi ini terdapat selisih antara penjualan dengan seluruh beban dan biaya operasi.

#4 Laba Sebelum Pajak

Laba sebelum pajak merupakan jumlah dari laba yang didapatkan perusahaan sebelum pajak penghasilan.

Itulah beberapa hal terkait laporan laba rugi perusahaan. Dengan mengetahui angka pasti laba/rugi yang kamu dapatkan selama satu periode, kamu bisa lebih mudah menentukan langkah selanjutnya terkait strategi yang akan kamu ambil untuk mengembangkan bisnis.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, Irham. (2013).Analisis Laporan Keuangan. Bandung: ALFABETA.

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait