Tujuan & Contoh Neraca pada Perusahaan

Tujuan & Contoh Neraca pada Perusahaan
Tujuan & Contoh Neraca pada Perusahaan

Laporan neraca adalah sebuah laporan yang disusun untuk menggambarkan posisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu. Pada dasarnya, neraca disiapkan para akhir periode akuntasi, biasanya akhir bulan atau akhir tahun. Bagaimana contoh neraca dan cara membuatnya?

Pengertian neraca secara harafiah adalah timbangan, sedangkan dalam Bahasa Inggris berarti Balance sheet atau lembar keseimbangan. Artinya, laporan neraca didefinisikan sebagai jumlah aktiva yang harus seimbang dengan kewajiban plus modalnya.

Nah, neraca perbandingan atau neraca komparatif biasanya sering memudahkan kamu dalam menganalisa keuangan. Dalam neraca biasanya kamu akan menemukan perbandingan antara bulan berjalan dengan bulan sebelumnya. Jika dilihat pada neraca lajur, maka sumber  datanya diperoleh dari saldo setelah penyesuaian.

Tujuan Laporan Neraca

Untuk mengetahuinya lebih dalam, kamu harus tahu tujuan dari disusunnya neraca lajur antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan dalam menyusunan laporan keuangan.
  2. Melihat perkiraanyang terjadi dalam kegiatan perusahaan sehari-hari, sehingga pihak manajemen dapat mengontrol setiap pengeluaran perusahaan dalam menunjuang kegiatan atau operasinya.
  3. Mempermudah dalam menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian, sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuangan yang formal.
  4. Mempermudah pencarian kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.

Cara membuat Laporan Neraca

Dalam membuat laporan neraca, kamu bakal menemukan angka-angka yang akan dimasukkan ke dalam pos-pos pada neraca nantinya. Angka tersebut merupakan nilai transakti ekonomi sebuah perusahaan. Untuk menemukan angka-angka itu, kamu harus melewati beberapa proses di bawah ini:

  1. Membuat jurnal neraca
  2. Memposting jurnal ke buku besar
  3. Menyusun laporan laba rugi
  4. Menyusun laporan perubahan modal

Kemudian setelah kamu menyelesaikan 4 tahapan membuat lapran neraca tersebut, kamu baru bisa membuat neracanya. Untuk diingat, dalam menentukan angka, kamu bakal mengambil angka dari buku besar. 

Setelah itu, kamu harus menyusun laba rugi dan perubahan modal terlebih dahulu. Hal ini  perlu kamu lakukan karena untuk mengetahui laba yang didapat akan masuk ekuitas pemilik di dalam neraca.

Contoh Neraca

Kamu harus tahu, terdapat dua bentuk penyajian laporan posisi keuangan, yaitu Stafel (laporan) dan Skontro (rekening). Penyajian laporan neraca tersebut sebaiknya disesuaikan dengan jumlah pos akun yang dipakai oleh entitas bisnis.

Bentuk penyajian Stafel yang memanjang ke bawah akan lebih efektif dipakai bila akun dalam perusahaan tersebut jumlahnya banyak. Sedangkan penyajian Skontro menyamping akan lebih efektif dipakai bila akun pada perusahaan jumlahnya sedikit.

1. Bentuk Skontro (Rekening)

Yang dimaksud dengan laporan neraca bentuk Skontro adalah laporan yang menyajikan rekening dalam dua sisi. Tercatat, pada sisi kanan adalah komponen pasiva, yaitu modal dan kewajiban. Sementara di sektor kiri adalah aktiva, yaitu semua akun dengan klasifikasi aktiva.

2. Bentuk Stafel (Laporan)

Bentuk Stafel dibuat secara berurutan. Neraca ini mencakup mulai dari aktiva, pasiva, dan modal. 

Itulah pengertian, tujuan, dan contoh neraca. Selain laporan keuangan neraca, ada beberapa contoh laporan keuangan perusahaan yang harus kamu buat, mulai dari laporan arus kas, laba rugi, dan perubahan modal.

Bacaan menarik lainnya:

Lynch, A. W., & Musto, D. K. (2003). How investors interpret past fund returns. The Journal of Finance, 58(5), 2033-2058


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait