Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Pengertian dan Jenis Neraca Saldo yang Perlu Diketahui

neraca saldo

Neraca saldo merupakan neraca yang digunakan untuk memeriksa balance (keseimbangan) saldo yang ditinjau dari sisi debit dan kredit dia akhir periode akuntansi. Neraca ini penting untuk meminimalisir kesalahan penulisan dalam transaksi buku besar akuntansi.

Meski demikian neraca ini tidak memberikan bukti lengkap atas kakuratan dalam pembuatan buku besar perusahaan. Namun hanya akan menunjukkan kesamaan jumlah saja. Cara membuat neraca ini juga tidak sulit. Layaknya laporan keuangan, neraca keseimbangan saldo ini ditempatkan paling atas yang diikuti dengan ‘periode laporan’. Penyadian saldo-saldo, kemudian dikutip dari akun buku besar.

Ada tiga jenis neraca Saldo yang perlu kamu ketahui. Simak penjelsan berikut ini :

Neraca Belum Disesuaikan

Neraca keseimbangan saldo belum disesuaikan merupakan daftar saldo yang dikerjakan setelah transaksi dimasukkan ke buku besar. Selanjutnya saldo di akun buku besar akan dipindahkan ke daftar saldo. Neraca yang belum disesuaikan ini ditulis untuk meminimalisir kesalahan dalam buku besar.

Jika jumlah debit dan kredit tidak balance, sudah dipastikan adanya kesalahan dan prosedur untuk menentukan dan memperbaiki kesalahan. Berikut cara membuat neraca saldo yang belum disesuaikan :

  • Mencatat transaksi ke buku besar.
  • Menyiapkan daftar saldo yang belum disesuaikan.
  • Melakukan pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum dan jurnal khusus
  • Memindahkan saldo akun-akun dalam buku besar

Terdapat lebih kurang 11 akun yang akan dicatatkan ke buku besar, seperti: akun kas, piutang, piutang sewa, tanah, perlengkapan, prive, modal, beban gaji, pendapatan jasa dan beban lain-lain.

Neraca Telah Disesuaikan (Adjusted Trial Balance)

Neraca saldo setelah penyesuaian merupakan daftar saldo yang dituliskan usai proses penyesuaian dalam akun-akun tertentu. Jika kamu mengedepankan prinsip akuntansi aktual dimana ada beberapa akun yang butuh disesuaikan sebelum penyusunan laporan keuangan, antara lain :

  • Saldo akun untuk beban dibayar di muka.
  • Pendapatan diterima di muka.
  • Saldo akun bahan habis pakai.

Neraca ini perlu dilakukan penyesuaian agar laporan keuangan yang dihasilkan valid dan mencerminkan kondisi yang sebenarnya. Misalkan saja, jumlah Laba atau Rugi yang terlalu besar atau terlalu kecil akibat pendapatan / biaya yang tidak diperhitungkan.

Selanjutnya cara membuat setelah penyesuaian ini antara lain :

  • Memindahkan / menyaring beberapa saldo dari akun-akun dalam jurnal penyesuaian yang perlu disesuaikan.
  • Setelah seluruh ayat di jurnal penyesuaian dibukukan, lalu membuat saldo yang disesuaikan.
  • Memeriksa jumlah saldo di kolom debit / kredit apakah sudah sama.

Neraca Penutup (Post Closing Trial Balance)

Neraca penutupan merupakan daftar saldo untuk memastikan bahwa buku besar sudah memiliki saldo awal untuk periode selanjutnya. Ini merupakan langkah terakhir dalam satu periode akuntansi usai akun jurnal penutup dibukukan.

Dalam neraca penutup, semua akun dan saldo dalam daftar saldo penutup harus sama dengan akun dan saldo di akhir periode. Cara membuatnya :

  • Melakukan proses tutup buku.
  • Melaporkan untuk satu periode laba rugi.
  • Saldo semua akun harus nol di awal periode.
  • Proses penutupan dilakukan dengan memindahkan saldo dalam akun pendapatan dan beban ke akun Ikhtisar Laba Rugi (income summary).
  • Saldo ikhtisar laba rugi kemudian dipindahkan ke akun modal.

Selama proses penutupan akun ikhtisar laba rugi didebit dan kredit dalam jumlah yang berbeda-beda, dan di akhir proses penutupan saldo akun ini dipastikan 0 (nol).

Bacaan menarik lainnya:

Soeharsono Sagir.(2009). Ekonomi Indonesia. Jakarta: Kancana


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait