Manfaat Laporan Arus Kas dan Contoh Penyusunannya

Laporan Arus Kas: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya
Laporan Arus Kas: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

Menyusun laporan keuangan adalah hal yang penting dalam pengelolaan bisnis. Salah satunya ialah membuat laporan arus kas terkait kegiatan operasi yang dilaksanakan. Penyusunannya merupakan metode tidak langsung untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan, apakah sedang dalam kondisi untung atau merugi.

Laporan arus kas alias cash flow adalah hal yang penting untuk memastikan bisnismu berjalan lancar. Ada banyak enterpreneur muda yang punya ide bisnis dan konsep yang menarik serta penjualannya lancar. Hanya saja kemudian usahanya tidak berusia panjang karena tidak teliti dalam pengelolaan keuangan.

Menyusun laporan arus kas adalah salah satu cara untuk mengatur keuangan bisnismu dengan baik. Kamu akan mendapatkan gambaran soal pemasukan dan pengeluaran yang berkaitan dengan aktivitas bisnis. Misalnya terjadi penurunan bisnis, kamu bisa memilih mana yang harus dilakukan efisiensi.

Beberapa pos yang pasti ada dalam laporan keuangan misalnya ongkos produksi, pembayaran gaji karyawan sampai dengan biaya promosi. Sekilas semua unsur tersebut terasa penting namun sebenarnya ada yang bisa dimaksimalkan untuk hasil lebih baik. Saat seperti itulah maka laporan arus kas terasa fungsi dan manfaatnya.

Sayangnya banyak orang yang memulai karier wirausahanya tanpa kemampuan yang matang dalam penyusunan laporan keuangan. Akibatnya, laporan yang dibuat seadanya dan berakibat buruk dalam kinerja bisnisnya. Sistem keuangan yang buruk kerap menjadi akar masalah hancurnya suatu bisnis meskipun ditopang dengan penjualan yang baik.

Karena itu pastikan kamu membekali diri dengan kemampuan yang memadai untuk menyusun laporan keuangan ini. Apalagi jika bisnis yang kamu rintis permodalannya berasal dari banyak pihak. Laporan arus akas akan memberikan bukti dan catatan akan pengelolaan dana dan modal yang digunakan selama periode tersebut.

Laporan Arus Kas, Penting Dibuat Untuk Keuangan Bisnis yang Sehat

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis, tentunya sering menemukan berbagai tantangan yang terkait dengan pengembangan bisnismu. Untuk mengembangkan bisnis, diperlukan proses dan waktu yang cukup lama untuk membawa bisnismu dalam kondisi yang stabil. Salah satunya adalah keuangan perusahaan atau bisnis.

Agar mengetahui kondisi keuangan bisnismu, maka kamu membutuhkan laporan arus kas atau cash flow statement. Laporan ini merupakan salah satu elemen penting yang akan memberikan kamu informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu.

Laporan ini merupakan sebuah laporan yang menunjukkan penerimaan dan pengeluaran kas suatu perusahaan dalam periode tertentu. Laporan ini meliputi jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai pemilik, serta jumlah kas yang dikeluarkan oleh perusahaan. Laporan ini dibuat setelah neraca keuangan disusun berdasarkan data laporan laba rugi periode berjalan dan data dari neraca keuangan sebelumnya.

Jenis-Jenis Arus Kas

a. Arus Kas Operasional

Arus kas operasional merupakan laporan terkait dengan operasional perusahaan di periode tertentu. Umumnya, arus kas operasional meliputi penerimaan kas dari konsumen atau pendapatan piutang, pembayaran biaya pegawai, pembayaran utang, pembayaran pajak, hingga penerimaan bunga.

b. Arus Kas Pembiayaan

Arus kas pembiayaan merupakan laporan yang terkait dengan aktivitas pendanaan perusahaan, seperti pengurangan dan penambahan modal. Contoh dari aktivitas pembiayaan adalah pinjaman bank, penerbitan saham lewat IPO (Initial Public Offering), penerbitan obligasi, dan penerbitan saham baru melalui HMETD.

c. Arus Kas Investasi

Arus kas investasi merupakan laporan masuk dan keluarnya aktivitas investasi perusahaan dalam periode tertentu. Aktivitas yang tergabung dalam arus kas investasi adalah penjualan dan pembelian aset tetap, penyertaan saham, hingga bentuk investasi dan pendanaan lainnya.

Contoh Laporan Arus Kas

Fungsi Laporan Arus Kas

Salah satu fungsi dari laporan keuangan arus kas terletak pada informasi yang terkait dengan pengeluaran dan penerimaan uang kas dalam periode tertentu. Dari informasi tersebut, perusahaan dapat menyusun strategi keuangan, seperti evaluasi aktiva bersih perusahaan, struktur keuangan di perusahaan, penyesuaian arus kas dengan perubahan keadaan dan peluangnya.

Perusahaan yang memiliki laba bersih, belum tentu bisa membayar gaji karyawan dan membeli perlengkapan perusahaan. Maka dari itu, laporan ini sangat dibutuhkan. Penyusunan laporan ini yang baik akan berguna untuk masa depan perusahaan, terutama mengembangkan usaha dan investasi modal.

Manfaat dari Laporan Arus Kas

Tidak hanya untuk perusahaan, laporan ini juga memberikan manfaat bagi banyak pihak, seperti investor, pengelola perusahaan, kreditor, dan lainnya. Bukan hanya perusahaan barang, namun perusahaan jasa bisa menikmati manfaat laporan ini. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Memberikan informasi tentang kemampuan entitas dari suatu perusahaan untuk menghasilkan arus kas di masa mendatang.
  • Mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar dividen dan melaksanakan kewajibannya, seperti membayar upah karyawan.
  • Mengukur keberhasilan sebuah perusahaan.

Laporan arus kas memang merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk gambaran kinerja bisnis suatu usaha. Karena itu, pastikan kamu rutin menyusunnya agar bisa mengambil kebijakan bisnis berikutnya. Jika kamu dan rekan kerjamu tidak memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membuatanya secara manual, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Saat ini tersedia banyak aplikasi pembuatan laporan keuangan termasuk pula laporan arus kas secara digital. Kamu bisa memilih aplikasi yang gratis maupun berbayar. Aplikasi tersebut akan membantu pengelolaan laporanmu dan membuat kerja keuangan yang dilakukan jauh lebih simple dan mudah.

Hanya saja memang aplikasi yang berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki aplikasi ini jika tidak punya staf yang bisa menghandle laporan keuangan dengan baik. Biaya yang dikeluarkan mungkin akan terasa besar namun sebenarnya sangat berguna untuk masa depan bisnismu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait