Investasi

Punya Modal Rp1 Juta Tapi Ingin Investasi Online?

Punya Modal Rp 1 Juta Tapi Ingin Investasi Online? Bisa, Ini 4 Pilihannya

Apa kamu berencana berinvestasi tetapi ragu karena modal hanya Rp1 juta? Tenang, saat ini banyak jenis investasi yang satu jutaan modalnya dan bisa kamu pilih.

Bagi kamu yang tidak ingin repot ke bank atau bepergian, investasi online sangat tepat. Investasi ini akan sangat membantu kamu dan lebih praktis tentunya. Berbeda dengan dulu, kini dengan modal Rp1 juta, kamu sudah bisa berinvestasi.

Sebelum memilih jenis investasinya, sebaiknya ketahui lebih dulu bahwa setiap produk investasi punya risikonya masing-masing. Agar kamu tidak bingung, di bawah ini Ajaib memiliki empat pilihan investasi online untuk kamu dengan modal Rp1 juta.

Investasi Emas

Sifat emas yang likuid dan harganya yang stabil menjadikan logam ini sebagai salah satu yang favorit untuk dijadikan investasi. Terutama untuk pemula, investasi di emas termasuk yang aman dan risikonya pun rendah. Sekarang ini kamu juga investasi emas dengan cara online.

Investasi emas online ini berarti kamu membeli emas berbentuk virtual. Kamu juga bisa memiliki emas fisik dengan cara melakukan order cetak, lalu membayar biaya cetaknya. Ada banyak platform yang memberikan penawaran untuk investasi emas online seperti Bukalapak dengan program Buka Emasnya, Tokopedia, dan sebagainya. Kamu juga bisa langsung membeli emas online di lembaga pemerintah seperti PT Logam Mulia (Antam) atau menyicilnya melalui Pegadaian.

Investasi Deposito Berjangka

Investasi deposito berjangka sangat cocok bagi investor pemula. Deposito berjangka merypakan salah satu produk perbankan sejenis tabungan. Di mana, kamu akan melakukan penyetoran uang dalam deposito berjangka, dan tidak diperbolehkan untuk menarik dana tersesbut sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan di awal perjanjian. Biasanya ada beberapa jangka waktu yang bisa kamu pilih, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan. Jika deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, kamu akan dikenakan penalti.

Kelebihan deposito berjangka dibanding produk perbankan lainnya adalah pada suku bunga bank yang diberikan, di mana bunga deposito berjangka lebih besar daripada produk tabungan biasa, karena itulah uang yang disimpan hanya boleh ditarik setelah jangka waktu yang ditentukan.

Investasi Peer to Peer Lending (P2P)

Investasi online yang direkomendasikan berikutnya adalah Peer to Peer Lending (P2P). Sederhananya, P2P lending ini konsepnya kamu sebagai pemberi pinjaman (investor) akan dipertemukan oleh perusahaan dengan para pencari pinjaman. Ada banyak perusahaan yang menawarkan investasi P2P lending seperti Amartha, Koinworks, Akseleran, dan sebagainya

Umumnya, bunga yang diberikan kepada investor cukup tinggi sehingga memiliki potensi risiko yang besar. Untuk itu, pastikan kamu tahu dengan jelas profil dari si calon peminjam dan ketahui kebijakan terkait risikonya andai gagal pembayaran, serta hasil investasinya.

Investasi Saham Online

Dulu investasi saham selalu identik dengan modal besar hingga puluhan juta, namun sekarang dengan Rp100 ribu pun kamu sudah bisa berinvestasi saham. Hanya dengan modal Rp1 juta, kamu bisa investasi online di saham dengan harga Rp1000 per lembar. Artinya kamu akan mendapatkan 1000 lembar saham atau 10 lot.

Kamu bisa memilih perusahaan sekuritas yang menyediakan aplikasi atau fasilitas online trading yang mumpuni. Kamu bisa mempertimbangkan BNI Sekuritas, Indo Premier Sekuritas, dan Henan Putihrai Sekuritas yang menawarkan investasi dengan minimal Rp1 juta untuk setoran awal.

Investasi Reksa Dana Online

Berkembangnya teknologi, memudahkan banyak perusahaan keuangan dan investasi menawarkan produk investasi reksa dana online. Namun, pastikan kamu mencari informasi perusahaan yang aman dan legal untuk berinvestasi. Kamu bisa mencarinya di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang sudah pasti tepercaya identitasnya.

Banyak perusahaan atau lembaga yang menawarkan modal kecil untuk investasi reksa dana, mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 juta. investasi di reksadana ini, modal yang kamu tanamkan dapat dikelola sendiri atau diserahkan ke manajer investasi. Selain itu, bentuk investasi ini juga sangat cocok untuk kamu investor pemula.

Itu tadi keempat investasi yang bisa jadi pertimbangan kamu. Ada baiknya sebelum mulai berinvestasi, tentukan tujuan dan target yang ingin dicapai, serta periode waktunya. Selain itu sesuaikan juga dengan karakter kamu sehingga lebih nyaman untuk dijalankan.

Salah satu platform investasi online yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah Ajaib. Di mana, dengan aplikasi inilah kamu bisa memilih berbagai instrumen investasi terbaik, khususnya reksa dana.

Sebelum memilih investasi, cobalah cek dan monitor laporan keuangan perusahaan tersebut, apakah kondisinya baik-baik saja atau sedang menurun? Berapa kenaikan harganya selama 3 tahun kebelakang, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi kamu ketika ingin memulai investasi.

Selain itu, pilih juga jenis investasi reksa dana yang kamu inginkan, apakah jenis reksa dana pasar uang, saham, pendapatan tetap, obligasi, atau jenis reksa dana syariah? Pilihlah jenis reksa dana sesuai yang kamu butuhkan, dan cek berapa jangka waktu terbaik kamu berinvestasi dan mencairkan dana tersebut. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi sekarang di Ajaib!

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait