Manfaat Rekening Koran Bagi Sistem Keuangan Bisnis

Manfaat Rekening Koran Bagi Sistem Keuangan Bisnis
Manfaat Rekening Koran Bagi Sistem Keuangan Bisnis

Sebuah bentuk laporan yang diberikan bank kepada pemilik rekening, memuat informasi transaksi yang dilakukan bank terhadap rekening tersebut, beserta saldo kasnya, disebut rekening koran. Laporan umumnya dicetak secara berkala dan dikirim langsung ke pemegang rekening, atau berdasarkan permintaan pemegang rekening. Di era digital ini, rekening ini bisa didownload oleh pemilik rekening kapan saja secara online. Lho, rekening biasa juga begitu, lalu apa istimewanya punya rekening koran? Rekening ini biasanya hanya diberikan kepada pemilik rekening giro. Manfaat rekening koran baru terasa jika tahu keunggulan rekening giro dibanding rekening biasa.

Perbedaan Nyata Antara Rekening Giro dengan Rekening Biasa

  • Penarikan dana dari rekening giro bisa melalui ATM, bilyet giro, dan cek.
  • Selain oleh pemilk rekening, penarikan giro juga dapat dilakukan oleh pihak yang diberi bilyet giro atau cek, dengan tenggat waktu paling lama 70 hari.
  • Limit transaksi di rekening hingga Rp 500.000.000,- per hari.

Alasan Utama Perusahaan Perlu Rekening Giro

Rekening giro pada dasarnya sama dengan rekening biasa, namun dengan aturan yang lebih leluasa. Rekening ini sebaiknya dimiliki oleh pebisnis agar aktivitas transaksi keuangan hariannya tidak tersandera oleh keterbatasan bentuk transaksi, limit transaksi, ataupun waktu penarikan dana.

Bagi perusahaan, momen peluang bisnis adalah hal terpenting, sehingga tak boleh terlewat hanya karena keterbatasan akses transaksi perbankan. Karenanya, rekening koran akan sangat membantu perusahaan dalam mencermati dan mengontrol transaksi keuangannya.

Manfaat Bagi Perusahaan

• Menyediakan Informasi

Informasi berupa saldo awal bulan, mutasi debit, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan. Semua transaksi dipaparkan lengkap dengan tanggal, jam transaksi, keterangan, biaya administrasi, dan perolehan bunga tiap bulan. 

• Pembuktian Hukum

Rekening koran bisa dijadikan bukti acuan untuk keperluan complain, jika ada masalah hukum mengenai transaksi. Misalnya transfer belanja online yang tidak sampai.

• Syarat Mengajukan Pinjaman

Riwayat transaksi yang tercatat lengkap dalam rekening koran menjadikannya dokumen pendukung penting bagi permohonan pinjaman modal tambahan ke bank atau koperasi, yang dilakukan oleh perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya. 

• Ikut Lelang

Perusahaan yang tertarik mengikuti lelang proyek milik swasta ataupun pemerintah wajib memberi bukti kepemilikan dana dengan cara menunjukkan jumlah saldo yang ada pada rekeningnya dengan cara melampirkan rekening koran dalam dokumen persyaratan lelang.

• Pencocokan Transaksi Bisnis

Rekening koran mempermudah pencocokan transaksi keuangan perusahaan dengan transaksi bank. Pencocokan ini sering disebut dengan proses rekonsiliasi keuangan atau rekonsiliasi bank, yang biasanya dilakukan di akhir periode oleh akuntan.

• Alarm & kompas bagi kebijakan keuangan perusahaan

Rekening koran bisa memberi gambaran besar tentang situasi perkembangan bisnis terbaru perusahaan, sehingga dengan mencermatinya, perusahaan akan bisa mengambil kebijakan keuangan yang realistis dan bijak.

Cara Meminta Rekening Koran

  1. Buku Tabungan Asli: Nasabah harus datang sendiri membawa buku tabungan asli dan menyerahkannya ke petugas customer service.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP): Serahkan juga KTP atau paspor atau Surat Izin Mengemudi (SIM).
  3. Kartu Debit: Serahkan kartu debit sebagai bukti kepemilikan rekening dan nasabah bank. 
  4. Biaya Cetak: Tiap bank memberlakukan biaya cetak rekening koran sendiri, yang tidak jauh berbeda satu sama lainnya.

Dengan rekening koran, kamu bisa lebih mudah mengetahui uang masuk dan keluar, serta laporan transaksi yang terjadi pada bisnis, misalnya dalam periode 6 bulan terakhir.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, Irham. (2013).Analisis Laporan Keuangan. Bandung: ALFABETA.
Ikatan Akuntan Indonesia. (2015).Standar Akuntansi Keuangan.Jakarta: Salemba Empa


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait