Banking

Giro Adalah Jenis Lain Simpanan Bank untuk Bisnismu

Giro adalah istilah perbankan untuk cara pembayaran yang merupakan kebalikan dari cek. Cek dapat digunakan untuk mencairkan dana secara tunai sedangkan giro hanya untuk pemindahbukuan. Dalam istilah lain, biro disebut juga bilyet giro. Fungsi bilyet adalah sebagai surat perintah untuk memindahbukuan sejumlah uang dari rekening seseorang ke rekening lain yang ditunjuk.

Jika kamu memiliki aktivitas keuangan yang tinggi dan kerap melakukan transaksi dana dalam jumlah besar, rekening giro bisa menjadi pilihan. Hal ini berbeda dengan tabungan biasa yang lebih cocok untuk nasabah yang jarang bertransaksi dalam jumlah besar.

Untuk dapat memindahkan dana dengan giro, kamu harus memiliki rekening terkait. Rekening jenis ini menyimpan dana yang dapat ditarik setiap hari oleh pemiliknya dengan menerbitkan bilyet. Kamu bisa membuka rekening tersebut di bank-bank yang menyediakan layanan ini. Biasanya, bank menyediakan rekening perorangan maupun perusahaan.

Perhatikan Ini Saat Membuka Rekening Giro

Ketika kamu membuka rekening bilyet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

·        Segera kembalikan lembar pertama bukti penerimaan bilyet, agar rekening dapat diaktifkan.

·        Catat setiap pengeluaran di sebelah kiri buku bilyet, yang berguna sebagai alat kontrol. Dengan demikian pengeluaran dapat disesuaikan dengan dana yang tersedia.

·        Berhati-hatilah dalam mengeluarkan cek unjuk, jangan sampai hilang. Cek unjuk yang memuat tanda tanganmu beserta meterai dapat segera diuangkan tanpa menunggu konfirmasimu.

·        Jika dana tidak cukup, jangan lakukan pembayaran dengan bilyet giro karena akan ditolak oleh bank.

·        Pastikan dana cukup sebelum menerbitkan bilyet . Jangan sampai masuk daftar hitam Bank Indonesia yang disebarkan ke seluruh bank di Indonesia.

·        Jika bilyet giro hilang, segera melapor ke bank agar rekeningmu diblokir.

·        Bilyet giro hanya berlaku selama 70 hari sejak diterbitkan.

·        Konsultasikan dengan bank jika ingin membuka rekening dalam valuta asing.

·        Jika rekening ditutup, serahkan sisa lembaran bilyet kepada bank.

Manfaat Rekening Giro

Banyak manfaat yang bisa kamu peroleh jika membuka rekening giro, apalagi jika kamu menjalankan bisnis. Kemudahan utama rekening tersebut adalah penarikan dana sewaktu-waktu. Kamu juga tidak lagi khawatir bertransaksi dalam jumlah besar. Lalu, apa saja manfaat rekening jenis tersebut untuk bisnis?

·        Dana yang tersimpan dalam rekening lebih aman dari tindak kejahatan.

·        Kemudahan transaksi pembayaran jual-beli dengan cek dan bilyet.

·        Dana dapat ditarik setiap saat selama jam kerja.

·        Tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar. Cukup membawa buku cek atau bilyet.

·        Tidak ada batasan transaksi selama dana dalam rekening mencukupi.

·        Proses administrasi lebih baik karena setiap bulan pemilik rekening memperoleh rekening koran.

Fungsi dan manfaat di atas akan sangat berguna untuk kelancaran bisnismu yang berjalan dengan transaksi besar. Jadi, alihkan segera simpananmu menjadi rekening giro, ya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait