Dunia Kerja

Lowongan Bank Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

lowongan bank Indonesia

Ajaib.co.id – Sedang mencari lowongan Bank Indonesia? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan membahas seputar lowongan Bank Indonesia yang perlu kamu ketahui. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Siapa sih yang nggak kenal dengan bank yang satu ini? Bank Indonesia disingkat BI adalah bank sentral Republik Indonesia. BI merupakan lembaga Negara yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan alat pembayaran yang sah dari suatu negara, merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi perbankan. Peran utama Bank Indonesia tercantum pada pasal 7 UU No 13 tahun 1968 yakni sebagai salah satu unsur penguasa moneter yang berwenang melaksanakan kebijakan moneter dan sebagai lembaga yang diberi wewenang untuk mengatur, mengawasi dan mengendalikan sistem moneter yang ada dalam suatu masyarakat atau negara.

Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki peranan penting yaitu dalam mencetak dan menyalurkan uang, terutama uang kartal (kertas dan logam). Bahkan Bank Indonesia mempunyai hak tunggal untuk menyalurkan uang kartal. Tugas berikutnya adalah mengendalikan jumlah uang yang beredar dan suku bunga dengan maksud untuk menjaga kestabilan nilai rupiah. Disamping itu, hubungan Bank Indonesia dengan pemerintah adalah sebagai pemegang kas pemerintah. Tentu saja sangat jelas di sini jika Bank Indonesia memiliki posisi strategis dan hanya orang-orang terbaiklah yang bisa direkrut dalam seleksi pekerjaan yang ketat.

Dalam struktur organisasinya, Bank Indonesia memiliki komite yang berisi dewan-dewan gubernur Bank Indonesia yang membawahi berbagai macam bidang dan departemen seperti bidang Moneter yang mengurusi mengenai kebijakan ekonomi dan moneter, pengelolaan moneter, pengelolaan devisa, pengembangan pasar keuangan, dan ekonomi dan keuangan syariah. Selanjutnya ada bidang Makroprudensial yang mengurusi kebijakan makroprudensial, sistem keuangan, pengembangan UMKM dan perlindungan konsumen, ada juga bidang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah yang mencakup kebijakan sistem pembayaran, penyelenggaraan sistem pembayaran, pengelolaan uang, elektronifikasi, dan unit khusus pembangunan sentra pengelolaan uang, data center, dan business resumption site. Selanjutnya ada bidang Pendukung Kebijakan, Pendukung Organisasi, dan Jaringan Kantor. Banyak sekali ya! Lalu kira-kira bagaimana ya cara agar bisa mengikuti proses rekrutmen pada lowongan Bank Indonesia ini?

Penerimaan Calon Pimpinan (PCPM)

Penerimaan Calon Pimpinan (PCPM) merupakan program pengembangan yang diberikan kepada calon pegawai yang dipersiapkan secara khusus untuk menjadi kader pimpinan di Bank Indonesia melalui penguatan kompetensi teknis dan perilaku sesuai job family, internalisasi nilai-nilai strategis, dan pengembangan kapasitas kepemimpinan pegawai.

Biasanya persyaratannya meliputi:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Telah menyelesaikan masa studi jenjang S1/S2 dengan bidang studi yang ditetapkan Bank Indonesia dan IPK minimal 3,00 (skala 4,00).
  3. Usia dengan maksimal S1 26 tahun dan S2 28 tahun
  4. Diutamakan aktif berorganisasi di kampus dan atau sosial kemasyarakatan
  5. Bersedia melepaskan ikatan dinas di perusahaan atau instansi sebelumnya apabila diterima sebagai calon pegawai Bank Indonesia
  6. Tidak memiliki orang tua atau saudara kandung/tiri/angkat atau suami/istri yang bekerja sebagai pegawai Bank Indonesia, apabila diterima sebagai calon pegawai Bank Indonesia
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh kantor Bank Indonesia
  8. Hanya kandidat dengan kualifikasi terbaik yang akan mengikuti tahap seleksi

Saat ini PCPM belum dibuka kembali namun kamu bisa mengecek informasinya secara berkala melalui website Bank Indonesia.

Penerimaan Tenaga Kerja Kontrak (PKWT)

PKWT sesuai dengan namanya merupakan program yang diberikan untuk pegawai kontrak karena terdapat kebutuhan khusus Bank Indonesia namun dalam jangka waktu tertentu. Penerimaan ini dilakukan dikarenakan dibutuhkan pegawai untuk pelaksanaan proyek tertentu di Bank Indonesia. Biasanya PKWT dilakukan non-periodik yang artinya sangat bergantung pada kebutuhan spesifik Bank Indonesia dan sifatnya sangat terbatas. Selain itu, pegawai PKWT juga hanya akan memiliki kontrak kerja dalam kurun waktu tertentu (biasanya 3 – 5 tahun) namun meskipun begitu pegawai PKWT akan memiliki akses yang sama dengan pegawai tetap Bank Indonesia dan juga dapat mengikuti tes penerimaan PCPM apabila terdapat lowongan.

MLE (Multi Level Entry)

Jalur penerimaan yang satu ini merupakan jalur perekrutan pegawai Bank Indonesia yang diperuntukkan bagi individu yang memiliki keahlian spesifik yang tinggi dan biasanya telah memiliki pengalaman kerja pada bidang tertentu untuk rentang waktu yang ditentukan oleh Bank Indonesia (biasanya 5 tahun) sehingga tidak diperuntukkan untuk fresh graduate.

Pegawai Pelaksana

Jalur penerimaan yang ini diperuntukkan untuk pegawai pelaksana yang selanjutnya akan menjalani karir pada jenis pekerjaan umum atau general. Biasanya rekrutmennya dilakukan secara periodik, sebelum atau setelah penerimaan jalur PCPM pada tahun yang sama secara terbatas dalam cakupan keahlian, pengalaman kerja, daerah penempatan, waktu penerimaan, dan sebagainya. Pegawai staf nantinya akan menjadi pegawai tetap Bank Indonesia tetapi dengan catatan non manajerial, selain itu pegawai staf juga dapat mengikuti tes penerimaan PCPM apabila terdapat lowongan. Ada dua kesempatan yang diberikan, yaitu pada jabatan fungsional Pelaksana (3 tahun mengabdi setelah diterima) dan Pelaksana Senior II (6 tahun mengabdi setelah diterima).

Demikianlah beberapa lowongan Bank Indonesia yang dapat kamu ikuti dan dapat kamu pilih sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Semoga bermanfaat ya untuk kamu!

Bacaan menarik lainnya:

Wallach, E.J. (1983), “Individuals and Organizations: The Cultural Match”, Training and development journal, February, 29-36.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait