Perencanaan Keuangan

Makanan Sehat Enggak Harus Mahal, Ini Cara Budgeting-nya!

sehat enggak harus mahal

Ajaib.co.id – Kelemahan dari mencoba makan yang lebih sehat adalah harganya yang mahal. Walaupun ada kebenaran pada fakta bahwa mengkonsumsi makanan segar, seluruh makanan bisa lebih mahal daripada membeli produk yang sudah jadi atau diproses khusus, makan makanan yang baik untuk kesehatan pribadi tidak harus merusak anggaran kamu. Tapi percaya atau tidak, dengan mengatur budget, makanan sehat enggak harus mahal.

Ya, dalam upaya untuk menjadi lebih sehat, banyak orang melakukan perubahan pada diet mereka. Beberapa perubahan termasuk menghentikan gluten atau beralih ke diet vegetarian atau menjadi vegan. 

Orang yang telah mencoba membuat perubahan pada diet mereka sering melaporkan hasil yang baik, mulai dari penurunan berat badan hingga peningkatan kesejahteraan keuangan mereka secara keseluruhan.

Banyak menu sehat yang tidak mahal yang tetap mengandung karbohidrat, protein, dan lemak seperti kacang-kacangan, telur, biji-bijian, dan beberapa sayuran dan buah-buahan kaya antioksidan. Jika kamu berharap untuk makan lebih baik tetapi juga memperhatikan anggaran kamu, tips ini akan membantu kamu masuk ke dunia permainan makan sehat tanpa bangkrut. Makan sehat enggak harus mahal!

Biasakan Perencanaan Makan (dan Persiapan)

Salah satu cara untuk secara serius memotong tagihan belanjaan kamu, bahkan jika kamu membeli makanan utuh atau segar yang mudah didapatkan, adalah dengan bersikap strategis tentang apa yang kamu makan dan kapan memakannya. Sisihkan beberapa jam di selah-selah jam kosongmu selama seminggu untuk merencanakan, berbelanja, dan menyiapkan makanan kamu selama seminggu ke depan.

Meluangkan waktu beberapa menit untuk memikirkan apa yang ingin kamu makan selama seminggu ke depan akan membuatmu lebih terarah untuk urusan makanan, juga secara finansial, membuat perencanaan makan akan membuatmu stay on budget, dan menyehatkan anggaran pribadimu.

Kamu dapat menggunakan selebaran dari toko minimarket lokal terdekat untuk mencari bahan-bahan yang dijual. Lihat juga apa yang ada di dapur kamu dan buat rencana untuk menggunakan apa yang kamu miliki. Kemudian, pikirkan dengan hati-hati tentang apa yang akan kamu makan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam berdasarkan apa yang sudah kamu dapatkan di rumah dan makanan apa yang dijual.

Setelah pulang dari belanja, habiskan satu atau dua jam untuk menyiapkan makanan selama seminggu. Itu bisa berarti kamu harus mempersiapkan bahan makanan dan mengubahnya menjadi bahan yang dapat bertahan selama seminggu, seperti merebus daging atau memanggangnya hingga kecoklatan, membuat telur rebus, mencincang sayuran dan meletakkannya di kontainer, atau merebus banyak biji-bijian. 

Mempersiapkan makanan kamu sebelumnya, berarti mereka bisa tahan selama seminggu tanpa harus khawatir untuk basi, dan mempersiapkannya di kulkas juga akan memudahkanmu untuk memasaknya di hari-hari ke depan, mengurangi keinginanmu untuk memesan makanan secara online.

Coba Masakan Dengan Bahan-Bahan Yang Murah

Belajar mencintai masakan, seperti masakan lokal dan masakan India, yang memanfaatkan makanan murah dan sehat. Masakan India sering menggunakan berbagai bumbu berbeda atau jenis kacang lainnya yang dapat dikombinasikan dengan nasi dan sayuran untuk membuat makanan lengkap hanya dengan beberapa ribu rupiah. Kacang-kacangan dan singkong juga murah dan merupakan makanan pokok di Indonesia selama puluhan tahun.

Jika kamu mencoba menghindar dari masakan yang berbau internasional karena kamu pikir itu terlalu mahal untuk kamu tapi kamu sangat merindukannya, perlu diingat bahwa kamu dapat menyesuaikan bumbu yang sesuai dengan selera kamu. Cara mengakalinya adalah kecilkan api selama memasak atau gunakan keju atau susu lebih sedikit jika kamu tidak terlalu suka rasanya.

Kamu bisa menyesuaikan segala masakan yang kamu inginkan, kamu bisa menyesuaikan dengan penggunaan bumbu atau perabotan yang digunakan untuk memasak, bahkan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak.

Selalu ada opsi untuk memilih bahan yang murah untuk menghasilkan rasa yang mewah. Selain berhemat dengan budget, kamu dapat menikmati hasil lainnya yaitu memakan makanan sehat karena kamu membuatnya sendiri, dan tahu apa yang ada di makanan yang kamu makan dan seberapa takaran gula dan garam yang kamu gunakan untuk memasak.

Carilah Bahan yang Secara Alami “Bebas Dari”

Diet dengan metode yang macam-macam menjadi populer belakangan ini, banyak makanan olahan dan kemasan berada di rak-rak toko bahan makanan dan menawarkan kelebihan ‘bebas dari’ yang diikuti dengan macam-macam bahan yang berkonotasi ‘negatif’. 

Harga makanan seperti ini adalah tergolong lebih tinggi daripada produk serupa lainnya, dengan mengangkat reputasi bebas gluten, vegan, dan rendah karbohidrat dengan harganya yang lebih mahal.

Jika kamu adalah seseorang yang bebas gluten, vegan, atau mengikuti diet rendah karbohidrat, kamu tidak perlu membeli makanan khusus seperti ini yang memiliki harga mahal. Ada banyak makanan yang secara alami “bebas dari” atau yang secara alami cocok dengan batas-batas diet.

Misalnya, banyak biji-bijian, seperti beras, quinoa, dan jagung, secara alami bebas gluten dan secara alami adalah bahan makanan yang vegan. Sayuran dan buah-buahan juga bebas gluten secara alami. Hampir semua yang kamu temukan di satu lorong supermarket akan memiliki tanda ‘bebas dari’ walaupun semuanya secara alami sudah terbebas dari hal-hal itu, vegan dan rendah gula juga.

Itu dia beberapa tips untuk memulai hidup sehat dengan budget yang terbatas, karena sehat enggak harus mahal dan tetap menyenangkan dengan segala perencanaan makan yang kamu buat.

Tidak ada yang menghalangimu untuk tetap sehat dan bugar, semuanya tergantung dengan gaya hidupmu dan cara hidupmu untuk menjalaninya. Beberapa tips di atas akan membantumu memahami dan mengetahui cara hidup dengan sehat.

Hidup sehat berarti memiliki perencanaan keuangan yang sehat juga. Kamu bisa mendapatkan berbagai tips untuk mengelola keuangan dari blog Ajaib. Selain blog, Ajaib juga merupakan aplikasi investasi saham dan reksa dana yang cocok untuk anak muda karena tidak mudah digunakan serta aman karena telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Unduh aplikasinya sekarang juga!

Artikel Terkait