5 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Patut Coba!

Rekomendasi 5 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Entrepreneur Patut Coba!

Ketika sedang bosan dengan pekerjaan kantoran, mungkin ada kalanya kamu berpikir lebih enak menjadi seorang enterpreneur dan tertarik untuk membuka bisnis. Jam kerja yang bebas, tidak punya atasan dan penghasilan yang dirasa lebih besar menjadi beberapa daya tarik utamanya. Namun niatan itu biasanya terhalang dengan minimnya ide bisnis yang bisa kamu pikirkan.

Untuk menjadi seorang enterpreneur tentunya bukan hanya perlu mengeluarkan modal berupa uang namun juga ide usaha yang unik dan menjual. Memiliki modal saja tidak akan cukup jika tidak dibarengi dengan ide yang orisinil dan perencanaan yang matang. Bisa saja kamu sukses membuka usaha namun hasilnya tidak menghasilkan uang yang cukup untuk melanjutkan usaha yang kau rintis.

Ada banyak contoh bisnis yang tersendat setelah dirintis karena pelaku usahanya tidak jeli mencari ide yang orisinil. Akibatnya usaha tersebut kalah bersaing dengan bisnis yang serupa. Apalagi dengan tren media sosial saat ini rasanya hampir semua pelaku usaha berlomba mengandu keunikan konsep bisnisnya.

Konsep bisnis merupakan senjata utama dalam persaingan di dunia bisnis beberapa tahun ini. Karena itulah, usaha yang bertahan merupakan bisnis dengan ide yang unik dan dikembangkan menjadi konsep yang matang. Misalnya saja soal kuliner, bisnis kopi kini sedang merajai. Bagi sebagian orang mungkin kopi memiliki rasa yang relatif sama saja.

Namun kemudian inovasi yang dimunculkan, perpaduan berbagai rasa dan buah, menjadi salah setu penyokong utama bisnis tersebut booming dan diminati pasar. Karena itu, sebelum kamu memutuskan menjadi salah satu enterprenur muda, ada baiknya memiliki ide yang unik sebelum mengeluarkan modal besar untuk usaha rintisanmu.

Apakah kamu terkendala mendapatkan ide bisnis yang ingin dicoba. Cobalah mencari bisnis untuk kebutuhan yang banyak dimanfaatkan orang saat ini. Misalnya saja membuka jasa desain grafis, salah satu usaha bidang visual yang kini banyak dicari. Bisa pula mencoba ide bisnis yang dimanfaatkan orang setiap hari.

Dengan demikian, permintaan konsumen bisa datang setiap hari dan tentunya menghasilkan pendapatan yang lebih rutin. Kalau idemu hanya berkisar soal makanan, kamu salah besar, ada banyak ide bisnis harian yang potensial untuk dikembangkan.

Ide Bisnis Harian yang Potensial Dicoba Tahun 2020

Mungkin kamu sering bertanya, apakah bisnis yang laku setiap hari? Pertanyaan seperti ini sangat sering ditanyakan oleh orang yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Pertanyaan semacam itu merupakan ciri seorang entrepreneur. Mencoba mendirikan usaha sendiri dan punya keinginan untuk maju.

Nah, sebenarnya ada begitu banyak loh, ide bisnis yang bisa laris setiap hari! Jika dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin usaha kamu menjadi bisnis besar. Dari pada penasaran, simak rekomendasi ide bisnis yang laku setiap hari di tahun 2020 ini, yuk!

1. Menjual Produk Secara Online Bisa Laris Setiap Hari

Memulai usaha secara online pasti laris setiap hari. Tapi ada syaratnya, yaitu kamu harus menguasai “medan” terlebih dahulu dengan belajar dan praktek. Tak percaya? Coba saja perhatikan para entrepreneur online yang sukses, hampir setiap menit mereka menerima order.

Bukan hanya setiap hari, bahkan setiap detik uang masuk ke kantong mereka. Jika kamu tidak punya produk, kamu bisa jalankan sebagai dropshipper atau reseller. Usaha ini cukup mudah dijalankan bagi pemula. Karena simpel, kamu tak butuh toko atau ruko offline, mesin produksi maupun karyawan.

2. Menjadi Publisher Online

Contoh yang paling sederhana adalah menjadi blogger atau youtuber. Atau pun dengan memasang iklan pribadi di blog dan akun Youtube. Kategori ini disebut publisher. Syaratnya kamu harus rajin membuat konten. Konten yang dibuat harus benar-benar berkualitas, orisinal, dan memberikan manfaat bagi audienskamu.

Saat ini begitu banyak kisah sukses para publisher. Mereka berhasil meraup untung besar dengan nominal yang tak pernah kita duga. Akan tetapi tidak semudah yang dibayangkan. Butuh kerja keras dan cerdas agar berhasil mencapai kesuksesan pada bidang apa pun.

3. Bisnis Barbershop Kekinian

Bisnis barbershop saat ini memang tengah mengalami pertumbuhan yang pesat. Jika kamu punya keahlian menggunting rambut, kamu bisa melirik peluang bisnis barbershop. Sekarang ini model rambut menjadi perhatian bagi pria.

Hal ini berkat perkembangan informasi online yang mudah diperoleh. Sehingga ide usaha barbershop menjadi semakin tumbuh dan berkembang pesat. Walaupun terlihat sederhana akan tetapi keuntungannya lumayan besar.

4. Usaha Warung Kopi atau Kafetaria

Warung sarapan dicari oleh setiap orang, apalagi di tempat keramaian. Sebut saja seperti kampus di pinggir jalan, perkantoran atau kompleks tempat tinggal karyawan. Lokasi semacam ini memiliki potensi yang besar jika membuka warung kopi atau kafetaria.

Jangan dianggap remeh, bisa jadi usaha ini sangat maju. Apalagi jika kamu pintar untuk membuat inovasi aneka kuliner. Usaha ini bisa sangat laku dan laris setiap hari.

5. Bisnis Tailor atau Jasa Sablon Baju

Risiko bisnis menjahit atau tailor bisa dikatakan sangat aman. Sebab bisa dijalankan di rumah dan dimulai dengan modal yang tak begitu besar. Nah, bagi kamu yang punya keahlian di bidang ini, kamu cocok untuk mencobanya. Apalagi kebutuhan akan produk sablon memang sangat tinggi.

Misalnya saja untuk acara kantor maupun pribadi berupa pakaian, tas dll. Dengan membuka usaha tailor di daerah kamu. Selain itu, kamu bisa menjual kerajinan tangan dari keahlian menjahit. Seperti menjual aneka hiasan dari kain, alas kaki, taplak meja, dan lain sebagainya.

Jadi, sudah tahu ide bisnis dan jenis usaha apa saja yang ingin kamu jalankan? Segera ambil kesempatan secepat mungkin untuk mendirikan usaha pribadi. Selain menambah tabungan masa depan, jenis bisnis ini merupakan hal yang rendah risiko loh! Ayo, saatnya menjadi entrepreneur dan bangun ide bisnis yang laku setiap hari untuk meningkatkan penghasilanmu.

Faktor Pendukung Untuk Membangun Ide Bisnismu

Jika sudah mendapatkan ide bisnis yang kamu anggap potensial untuk dikembangkan, ada banyak tahapan lain lagi yang perlu kamu jalani sebelum memulai usahamu. Kamu perlu melakukan pengembangan dan perencanaan yang matang. Sebelum melakukannya, ketahui ada sejumlah faktor pendukung yang bisa menentukan kesuksesanmu dalam mengeksekusi ide bisnis tersebut antara lain:

  • Memiliki Nilai Jual Tinggi

Hal pertama adalah, produk yang kamu pasarkan, baik barang atau jasa harus memiliki nilai jual yang tinggi. Nilai jual tinggi merupakan salah satu faktor besar yang mempengaruhi kesuksesan kamu dalam berusaha dan bersaing dengan para kompetitor.

Untuk itu, sebagai pengusaha, kamu wajib memiliki produk yang punya nilai jual tinggi di masyarakat. Biasanya, konsumen bakal banyak berdatangan ketika produkmu memiliki nilai jual tinggi. Maksudnya di sini bukan harga produk, melainkan kualitas produknya.

  • Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Produk yang kamu jual harus memenuhi kebutuhan sebagian masyarakat. Memang sulit jika kamu berniat untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen, karena selera orang itu berbeda-beda. Namun, kamu bisa saja mengakalinya.

Misalnya, kamu memilih bisnis untuk menjual kebutuhan rumah tangga, seperti televisi, meja, hingga sofa. Selain itu, kamu juga bisa menjual produk kuliner. Kamu pasti sudah tahu, usaha kuliner sedang naik daun saat ini berkat aplikasi pemesanan secara online.

Sebagai catatan, jika kamu dapat memberikan jawaban terhadap kebutuhan sebagian besar masyarakat, maka usaha yang kamu kembangkan dijamin dapat disebut sebagai bisnis potensial untuk terus dijalankan.

  • Memiliki Kerugian Kecil

Ketika kamu berbisnis, kerugian memang tidak bisa dihindarkan. Namun, kamu bisa memperkecil risiko rugi yang bakal kamu temui dalam dunia bisnis. Sebagai pemula, jika kamu ragu untuk memiliki sebuah jenis usaha, kamu harus memikirkan bisnis yang memiliki risiko kecil. Misalnya saja kamu berbisnis kebutuhan sembako, seperti menjual beras.

Memang membutuhkan waktu lama untuk menjual beras, tapi dijamin kamu tidak memiliki risiko yang besar karena masyarakat Indonesia membutuhkan beras setiap harinya.

  • Bukan Usaha Musiman

Mulailah bisnis yang tidak bersifat musiman, meski keuntungannya sangat besar. Bisnis musiman ini seperti menjual kue kering di saat Hari Raya Idul Fitri. Pasti kamu bakal mendapat keuntungan yang besar, tapi kamu tidak bisa setiap hari menjual kue kering, hanya di momentum tertentu saja.

Jika kamu bersikeras untuk menjual kue kering, kamu harus mencoba sistem pre-order atau membuat kue saat ada pesanan saja. Hal ini bisa menjaga peluang usaha kamu agar tetap terjaga dan tidak termakan waktu.

  • Bertahan Lama di Pasar

Supaya mendapat usaha dan keuntungan yang besar, kamu harus menjawab kebutuhan masyarakat. Namun, kamu harus menjual produk yang bertahan lama di pasaran. Ketika produk kamu bisa bertahan lama di pasaran, kamu bisa memproduksinya dalam skala besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Tidak hanya usaha yang potensial, perilaku seorang pengusaha yang tak kenal lelah dan tak pernah mengeluh wajib dimiliki. Selain itu, seorang pengusaha juga harus memiliki ide-ide yang kreatif, inovatif, fleksibel, dan passion yang tinggi terhadap usaha yang kamu jalani.

Sebagai catatan, tidak mudah menjadi seorang pengusaha sukses. Namun, jika kamu mau sukses di dunia bisnis, berikut ciri-ciri peluang usaha yang sangat baik.

1. Orisinal

Maksud dari orisinal adalah, usaha yang kamu miliki tidak meniru usaha orang lain. Kamu sangat dilarang meniru produk lain, meski untungnya menggiurkan. Sebab, masyarakat Indonesia sangat membenci orang-orang yang melakukan plagiat.

2. Sesuai keinginan konsumen

Memang tidak mudah memenuhi kebutuhan konsumen, tapi kamu harus membuat survei agar bisa memuaskan pelanggan. Survei perlu dilakukan agar kamu tahu betul semua yang diinginkan konsumen dari produk yang kamu jual. Jangan segan untuk menanyakan kekurangan dari produk yang dijual.

3. Tingkat visibilitas benar-benar teruji

Sebaiknya, sebelum kamu menetapkan sebuah bidang usaha, kamu harus melakukan riset kecil mengenai tingkat visibilitas. Kamu juga harus melakukan uji coba mengenai kelayakan sebuah produk atau jasa yang kamu sebar luaskan di pasaran.

4. Memiliki passion

Tidak mudah memang untuk menemukan passion yang tepat, namun ketika menemukannya dan kamu menjadikan suatu usaha berdasarkan passion tersebut maka kesuksesan sudah berada di tangan kamu.

5. Produk inovatif dan kreatif

Untuk bertahan dalam dunia usaha memang tidaklah mudah. Namun juga bukan hal yang mustahil, meskipun persaingan dunia usaha saat ini terbilang sangat ketat. Menciptakan produk yang berbeda, inovatif dan kreatif, dapat menjadikan produkmu sebagai unggulan yang akan bertahan meskipun persaingan pasar cukup sengit.

6. Keyakinan dan tekad kuat

Di dunia ini memang tidak ada yang mudah. Setiap perjalanan usaha pasti akan menghadapi aral. Namun jika bermimpi memiliki usaha yang terus bertahan, berkembang dan sukses, maka keyakinan dan tekad kuat harus ditanamkan di dalam diri. Keyakinan dan tekad akan membuatmu tidak akan pernah berhenti menghadapi rintangan dalam menggeluti dunia usaha, apalagi bisnis potensial.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait