Harga Saham ADRO Memuncak, Tips Dapat Saham Terbaik 2020

Harga Saham ADRO Kian Memuncak, Simak Tip Mendapatkan Saham Terbaik 2019!

Saham ADRO sekali lagi membuktikan performanya di pasar saham Indonesia. Emiten saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO) ini menjadi satu dari tiga sahamnya yang mengalami kenaikan harga paling cepat pada perdagangan saham hari Rabu (4/2/2020). Bersama dengan saham dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), ketiganya menjadi emiten dari industri batu bara yang terdepan.

Saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO) pada perdagangan hari itu naik 3,94% di level Rp 1.320/saham dengan nilai transaksi Rp 30,06 miliar dan volume perdagangan 22,98 juta saham. Saham ADRO memang terus menjadi incaran investor saham meskipun tren industri pertambangan beberapa tahun belakangan sedang menurun.

Dilansir dari kontan.co.id jakarta, saham perusahaan masuk dalam rekomendasi teknikal dari para pakar keuangan. Penguatan saham ADRO sendiri berjalan seiring dengan penguatan industri batu bara dalam beberapa bulan belakangan. Karena itu kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki saham ini pada tahun 2020 ini.

Emiten ini menjadi salah satu saham terbaik untuk dimiliki pada tahun ini. Dengan catatan positif yang bahkan bisa meningkatkan ndeks Harga Saham Gabungan (IHSG), tidak ada salahnya kamu menanamkan dana pada perusahaan lokal dan anak usahanya ini.

Faktor yang Membuat Saham Adro dan Emiten Lainnya Layak Dimiliki

Setiap hari, harga saham ADRO terus diincar oleh para penggila saham. Terlebih ketika harga saham ini naik, maka banyak investor yang melakukan tanam modal semakin besar. Memilih saham berkualitas membutuhkan kemampuan analisis, baik analisis fundamental maupun teknikal.

Banyak investor pemula yang terjebak mengalami kerugian. Karena melakukan transaksi saham hanya berdasarkan analisis teknikal dan mengabaikan analisis fundamental. Hanya dengan melihat naik turunnya harga saham dalam dashboard bursa efek, sangatlah berisiko untuk berinvestasi.

Nah, untuk membantu kamu mendapatkan hasil yang terbaik dalam investasi saham, berikut ini adalah tip mendapatkan saham terbaik 2020 selain saham ADRO.

Bagaimana Kapitalisasi Pasarnya? Apakah Masuk Saham Likuid?

Yang sebaiknya dilakukan pertama kali dalam memilih saham yang baik adalah memperhatikan kapitalisasi pasar. Sebagai informasi, kapitalisasi pasar merupakan harga saham dikalikan dengan total jumlah saham yang diterbitkan emiten dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kapitalisasi pasar penting untuk dilihat karena:

  1. Bisa memberikan informasi terkait seberapa tinggi volatilitas (besaran perubahan harga yang menunjukkan fluktuasi pasar dalam satu periode) harga saham
  2. Mengetahui seberapa besar kepemilikan publik di emiten tersebut
  3. Melihat potensi perusahaan ke depan

Selain itu, perlu juga dicari tahu sifat dari saham itu sendiri, contohnya saham ADRO. Apakah terbilang likuid, cukup likuid, atau kurang likuid? Saham yang baik adalah saham yang sifatnya likuid.

Kenapa? Sebab saham tersebut diperdagangkan dengan frekuensi lebih tinggi atau di atas batasan minimal frekuensi yang telah ditentukan. Percuma nilai kapitalisasinya besar, tetapi kurang likuid. Jadi, carilah saham yang kapitalisasinya besar dan sifatnya terbilang likuid.

Amati Pendapatan, Profit dan Margin-nya

Bagaimana laporan keuangan perusahaan yang terdapat pada dashboard pasar modal? Untuk memilih saham berkualitas, kamu perlu mengamati terhadap pendapatan, profit, dan margin. Dengan cara berikut:

  1. Cek pendapatan/ revenue dan net income selama dua tahun terakhir
  2. Perhatikan tren terbaru pertumbuhannya fluktuatif atau konsisten, apakah terjadi perubahan besar (lebih dari 50% dalam setahun) ke atas maupun bawah
  3. Cek juga margin perusahaan apakah trennya secara umum naik, turun, atau tetap sama saja

Tingkat Persaingan dan Prospek Industri ke Depan

Perkembangan teknologi yang cepat sering kali “membunuh” perusahaan yang tidak siap. Jangan sampai kamu terjebak membeli saham perusahaan yang tidak peka dengan perubahan. Kamu bisa membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan kompetitor. Untuk mengukur besar pangsa pasar keseluruhan bagi produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Jangan lupa untuk melakukan proyeksi masa depan industri tersebut. Karena bergerak di industri energi tak terbarukan, saham ADRO masih prospektif untuk jangka pendek, tetapi bagaimana selanjutnya? Apakah masih bisa bertahan atau cenderung menurun.

Buat Analisis Beberapa Rasio Berikut Ini

Dalam memilih saham yang baik ada beberapa rasio yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Price-earnings ratio (P/E ratio) dihitung dengan membagi harga saham dengan earning per share/EPS (laba setiap saham) suatu perusahaan. Pastikan angka net earnings selama beberapa tahun untuk memastikan angkanya normal dan tidak melejit karena mengalami perubahan drastis.
  2. Price-to-book-ratio (P/B ratio) untuk mengetahui nilai wajar saham. Indikator ini didapat dengan membagi harga saham yang ada di pasar saham dengan nilai book value dari saham tersebut.
  3. Price/earnings to growth ratio (PEG ratio) untuk menghitung ekspektasi pertumbuhan earnings pada masa depan, dan membandingkannya dengan kondisi earnings saat ini. Saham dengan PEG ratio mendekati 1 biasanya dinilai cukup bernilai dalam kondisi pasar normal.

Cari Tahu Informasi Tambahan terkait Rencana Aksi Korporasi

Sebagai investor, kamu perlu menggali lebih jauh lagi beberapa hal di bawah ini.

  1. Estimasi revenue dan profit hingga dua sampai tiga tahun ke depan
  2. Tren jangka panjang yang tengah dialami industri di mana perusahaan itu beroperasi
  3. Informasi mengenai kerja sama, joint venture, dan sejenisnya

Informasi di atas mengenai perusahaan yang bersangkutan yang beredar, kadang kala masih sebatas isu. Tindakan yang terbaik adalah mengecek langsung atau monitor informasi resmi dari website perusahaan sehingga tidak keliru dalam memilih saham yang tepat.

Memilih saham ADRO maupun saham lainnya tidak bisa dilihat sekilas dari tren pergerakan harga saham sebuah perusahaan di pasar modal. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, jadi nggak bisa sembarangan untuk mendapatkan harga saham terbaik. Yuk, lebih cermat dalam berinvestasi!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait