Investasi

Investasi Jangka Panjang Perusahaan, Apa Pengertiannya?

investasi jangka panjang

Investasi jangka panjang adalah salah satu indikasi bahwa kamu memahami batas kemampuan diri sendiri. Usia yang terus bertambah dan hidup yang tak lagi produktif adalah salah dua alasan kenapa kamu harus mulai berinvestasi jangka panjang.

Nah, untuk memahami lebih lanjut, berikut beberapa pengertian dari investasi dalam jangka panjang dan keuntungannya.

Pengertian

Alasan utama dari membuat perencanaan investasi berjangka panjang adalah untuk aman secara finansial di masa depan. Nah, investasi berjangka panjang sendiri berarti menahan aset seperti saham, obligasi dan lain-lain lebih dari satu tahun. Investasi sejeni ini diharuskan untuk para investor yang memiliki dana cair dan mau menjaga dan cair tersebut dalam beberapa periode waktu tertentu.

Keuntungan

Periode Waktu

Pada periode waktu yang singkat, investasi janka pendek mungkin tidak memberikan kamu keuntungan yang besar. Sebaliknya, investasi dengan jangka panjang memberikan ruang untuk kamu agar memahami tren yang ada di pasar dalam periode waktu yang panjang.

Power of Compounding

Power of compounding mengacu kepada investasi ulang pendapatan dengan jumlah yang sama untuk mendapatkan pendapatan yang setara setiap tahunnya. Investasi berjangka panjang yang menggunakan kesabaran adalah salah satu cara untuk melakukan siklus yang satu ini.

Diversifikasi Portofolio

Investasi berjangka panjang memberikan pilihan portofolio yang beragam untuk berinvestasi di berbagai pilihan, daripada hanya fokus ke satu bentuk investasi. Diversifikasi portoflio yang baik harus memiliki utang dan ekuitas.

Waktu yang Luang

Investasi berjangka panjang memiliki banyak waktu untuk emmpelajari saham dan mengambil keputusan apakah perlu dilakukan investasi jangka panjang atau hanya investasi jangka pendek saja.

Risiko

Risiko adalah faktor besar yang membuat investor terlibat dalam investasi berjangka panjang. Karena investasi berjangka panjang tidak akan ‘diutak-atik’ oleh keadaaan pasar yang naik-turun.

Tidak Mudah Stres

Investasi berjangka panjang tidak memiliki risiko tinggi dan oleh karenanya, tidak akan mengganggu kesehatan mental kamu. Jika kamuberencana untuk bertahan dengan investasi berjangka panjang, maka naik-turun pasar tidak akan memengaruhi kamu terlalu banyak.

Hal ini tentunya berbeda dengan investasi jangka pendek karena investor biasanya akan sangat khawatir terhadap keadaan pasar.

Sejarah di Sisimu

Dari sisi sejarh, investasi berjangka panjang punya kemungkinan sukses lebih besar daripada investasi berjangka pendek. Ini tentunya menjadi nilai tambah dari investasi jangka panjang yang sudah dijelaskan di atas.

Memahami pengertian dasar dari investasi jangka panjang juga keuntungannya bisa membantu kamu untuk lebih tertarik kepada investasi jangka panjang, juga menjadi bahan pertimbangan untuk mulai melirik jenis investasi yang satu ini. Untuk memahami lebih lanjut tentang dunia investasi secara keseluruhan, jenis investasi yang populer juga tips dasar finansial, jangan lupa untuk terus mengunjungi blog Ajaib, ya!

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait