5 Aplikasi Pembuatan Faktur yang Cocok untuk Enterpreneur

5 Aplikasi Pembuatan Faktur yang Cocok untuk Enterpreneur
5 Aplikasi Pembuatan Faktur yang Cocok untuk Enterpreneur

Membuat faktur adalah salah satu hal yang rutin dilakukan oleh seorang enterpreneur. Faktur menjadi bukti transaksi bisnis yang biasanya terdiri dari dua jenis yaitu faktur pembelian dan penjualan. Dokumen ini harus memuat data soal kuantitas, harga, diskon, dan detail lainnya soal transaksi tersebut. 

Faktur juga dikenal dengan istilah tagihan atau invoice, dengan fungsi yang serupa. Kesannya mudah namun tidak semua orang mampu membuat faktur. Apalagi di tengah kesibukan mengelola usahamu, membuat faktur secara manual pasti terasa merepotkan. Cara manual juga berisiko menyebabkan kesalahan sehingga bisa merugikanmu. 

Kamu bahkan bisa membuat faktur hanya berbekal smartphone saja dengan aplikasi android. Ada banyak aplikasi pembuat faktur yang bisa ditemukan di Playstore saat ini. Agar tak bingung memilihnya, berikut adalah rekomendasi Ajaib agar bisnismu berjalan lancar dan mudah di mana saja dan kapan saja. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi pembuatan faktur terbaik yang bisa kamu coba.

Invoice & Billing 

Aplikasi gratis ini bisa membantumu membuat faktur yang tampilannya menarik dengan 3 pilihan template. Kamu tinggal mengisi informasi yang diperlukan seperti nama, alamat, dan produk yang ditransaksikan. Setelah itu, tambahan detail mengenai jumlah produk, biaya dan pajak dan secara otomatis faktur sudah dibuat. Tersedia pilihan untuk menyimpan faktur di aplikasi ini atau mengunduhnya langsung. Bisa pula mengirimkannya langsung ke klien lewat email yang terkoneksi dengan aplikasi. 

Invoice Temple

Pilihan aplikasi faktur lainnya adalah Invoice Temple dengan fitur yang lebih lengkap. Fitur unggulannya antara lain mengubah mata uang, perkraan, melacak faktur lewat tanggal jatuh tempo, dll. Meskipun desainnya tidak semenarik lainnya, namun aplikasi ini memungkinkan kamu menghitung pajak setiap item dalam faktur secara otomatis dan terpisah. Setelah semua detail informasi yang dibutuhkan ditambahkan maka faktur akan dibuat langsung. Faktur tersedia dalam format Word dan PDF serta bisa dikirim via email, SMS, dan  Whatsapp. 

Invoice King

Keunggulan dari aplikasi faktur ini adalah pilihan mata uangnya yang sangat banyak hingga 100 mata uang termasuk rupiah. Kamu juga bisa berkreasi membuat tagihanmu dengan berbagai pilihan ukuran font, orientasi halaman, label, pajak, diskon, dll. Dengan demikian, faktur buatanmu akan terasa lebih unik dan tetap mudah dibuat. Pengiriman faktur kepada klienmu langsung juga bisa dilakukan lewat Invoice King baik lewat email atau Whatsapp

Invoice & Quotation

Aplikasi lainnya yang bisa membantumu membuat tagihan dengan mudah adalah Invoice&Quotation. Aplikasi ini termasuk yang paling banyak dipakai pengusaha pemula karena aksesnya yang sangat memadai. Klien yang menerima faktur ini bisa langsung menyetujui dan membeirkan tanda tangannya via email atau aplikasi ini. Pengaturanya juga memungkinkan semua invoice yang dibuat langsung disimpan ke penyimpanan online seperti Google Drive sehingga data transaksi bisnismu aman. 

Invoice PDF Free

Sesuai namanya, invoice yang dibuat lewat aplikasi ini secara otomatis akan berformat PDF. Fitur lainnya juga cukup lengkap dan mengakomodir kebutuhanmu sebagai enterpreneur. Namun keunggulannya adalah bisa digunakan secara offline sehingga selalu bisa diandalkan. Selain itu, ada juga fitur notifikasi online untuk mengingkatkan klien saat jatuh tempo. 

Kelima aplikasi ini cocok kamu gunakan untuk membuat faktur dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu sebagai enterpreneur muda atau UKM yang baru akan merintis bisnisnya. Manfaatkan semaksimal mungkin kecanggihan aplikasi pembuatan faktur ini ini agar keuntunganmu juga semakin maksimal.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait