3 Tips Cerdas untuk Kamu Pengusaha Pemula

Pengusaha Pemula

Kewirausahaan bukan untuk orang yang lemah hati. Menjadi pengusaha adalah salah satu karier terberat yang ada, sementara hanya ada sedikit ruang untuk kesalahan dan semua ruang di dunia untuk kesalahan. Ini adalah posisi yang cukup membingungkan dan merupakan tantangan yang harus disesuaikan.

Namun, sebagai wirausahawan, menarik mengetahui bahwa kamu berada dalam kendali kreatif atas kesuksesan. Tetapi mungkin bagian yang paling mendebarkan dari semuanya adalah melampaui kurva di awal mula memulai usaha. Akan selalu ada tantangan sebagai pengusaha pemula, meskipun, seperti banyak situasi dalam kehidupan, ini bukan tentang tantangan itu sendiri tetapi bagaimana kamu mengatasinya.

Awal yang paling cerdas dari sebuah usaha bisnis adalah memulainya dengan usaha kecil. Kekuatan bisnis kecil terletak di dalam sifatnya yang melekat, di mana kamu memiliki kontrol lebih besar atas setiap aspek perusahaan daripada yang kamu lakukan jika perusahaan itu jauh lebih besar. Semakin kecil bisnisnya, semakin sedikit daya manusia yang kamu butuhkan untuk fokus ke segala arah.

Sebagai startup, apa yang tampaknya bertentangan dengan kamu dapat, sebaliknya, bekerja sesuai keinginan kamu. Kamu memiliki lebih banyak sumber daya untuk fokus pada pertumbuhan bisnis kamu, tanpa harus memenuhi lonceng dan peluit tambahan yang mau tidak mau datang dengan menjalankan perusahaan yang lebih besar sejak awal.

Ketika kamu membangun bisnis kecil kamu, berikut adalah tiga tips bijak untuk diingat.

Selalu Punya Rencana

Lebih dari segalanya, sangat penting untuk merencanakan sepanjang perjalanan kamu untuk memiliki dan mengoperasikan bisnis kamu – terutama dalam tahap-tahap awal yang penting itu. Tanpa rencana dan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti, konsep bisnis baru yang paling menarik pun bisa gagal. 

Memiliki rencana tidak hanya membuat kamu lebih terkontrol, tetapi juga memastikan kamu memiliki pemahaman tentang cara terbaik untuk menghadapi tantangan ketika tantangan muncul (dan sebelum mereka mulai lepas kendali).

Jadi, sebagai pengusaha pemula, persiapkan rencanamu sematang mungkin dan mencatat kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi di masa mendatang. Jangan ragu untuk memulainya, karena kamu sudah mengetahui kemungkinan gagalnya. Jadikan hal tersebut yang akan memotivasimu untuk tetap bersemangat dalam menjalankan usahamu.

Tetap Fokus pada Bisnis Kamu

Terlalu fokus pada kompetisi dan tidak cukup meluangkan waktu untuk fokus pada perusahaan kamu sendiri adalah kesalahan besar (dan umum). Fokuskan dan tingkatkan bisnis kamu sendiri melalui inisiatif yang mendukung sistem dan proses kamu.

Manfaatkan segala cara untuk tetap menjalankan bisnismu sendiri, termasuk meningkatkan kualitas atau menjalin hubungan baik antara pelanggan dan toko. Berpikirlah lebih inovatif melalui caramu sendiri, dan gunakan teknologi yang kamu miliki untuk memperluas jaringan bisnismu.

Misalnya, gunakan perangkat lunak SMS untuk mengirim pembaruan, menjadwalkan janji temu, dan membangun hubungan pelanggan dan secara besar-besaran meningkatkan produktivitas. Fokus pada apa yang kamu lakukan paling baik, karena fokus pada apa yang dilakukan pesaing kamu dapat berdampak negatif pada bisnis kamu sendiri.

Kesalahan umum yang sering terjadi adalah pengusaha pemula lebih fokus ke inovasi usaha pesaing dan melupakan ke usahanya sendiri, menerapkan segala inovasi yang bisa saja tidak cocok dengan usahamu yang berujung pada kebangkrutan.

Ingat, seorang pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang memiliki jiwa kreativitas dan kepercayaan diri. Jika inovasimu meniru, sama saja kamu tidak percaya dengan usaha yang sedang kamu rintis sekarang.

Ketahui Target Pasar Kamu

Siapa pelanggan ideal kamu? Berapa umur mereka? Di mana mereka tinggal? Tingkat pendidikan apa yang telah mereka selesaikan? Apa jenis kelamin, status pekerjaan, pendapatan rumah tangga tahunan, perkawinan, dan status keluarga mereka?

Mendapatkan pegangan yang kuat pada demografis yang ingin menarik perusahaan kamu adalah kuncinya. Ketika kamu tahu pasar yang ingin kamu tarik, kamu mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana fokus pada pasar itu, membuat pesan yang tepat, dan membawa nilai paling besar kepada mereka.

Tetaplah berpacu pada demografis pelangganmu, dan berikan tawaran-tawaran yang dapat menarik lebih banyak demografis untuk menambah pelanggan di usahamu.

Demografis ini adalah salah satu hal wajib yang kamu miliki untuk menjalankan bisnismu, target demografis memberikan gambaran jangka panjang ke depan, ke mana bisnismu akan berjalan dan bagaimana kamu akan menjual produkmu.

Ketika kamu mengetahui target pasar kamu (yaitu, pelanggan ideal), kamu secara langsung mengendalikan lintasan income usaha kamu dan dapat secara efektif berbicara kepada mereka dengan cara yang relevan dan menarik. Pastikan untuk tetap berpacu pada sasaran utama pasar kamu.

Nah, itu dia tiga tips cerdas untuk pengusaha yang sedang menjalankan bisnisnya. Kamu dapat menerapkan tips-tips bisnis di atas untuk kesuksesan bisnis yang sedang kamu rintis. Memulai bisnis atau usaha memang tidak mudah. Namun jika kamu bersemangat dan percaya usahamu akan menghasilkan untung, dan percaya jika usahamu ini akan bertahan lama, maka waktu dan usaha yang akan menjawabnya.

Waktu tidak akan mengingkari hasil atau usaha yang sudah kamu berikan untuk bisnis kamu, jadi selalu bekerja keras dan berjalan pelan namun sesuai arah dan tujuanmu sejak awal membuka bisnismu. 

Selalu punya rencana untuk membuat dan membangun sebuah bisnis, lalu fokuslah pada pengembangan bisnis kamu tanpa berfokus ke sainganmu (yang bisa memecahkan fokusmu pada perusahaanmu sendiri) dan ketahui target pasar kamu.

Jika tips-tips sederhana ini kamu terapkan, kamu tidak perlu khawatir mengawali menjadi pebisnis pemula dan bercita-cita menjadi seorang pengusaha yang sukses. Semangat!

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait