7 Kendala Wirausahawan yang Harus Dihadapi Jika Ingin Sukses

kendala wirausahawan
kendala wirausahawan

Pada perjalanannya, akan ada kendala wirausahawan yang siap menjadi batu sandungan kamu bila tidak dihadapi. Apa saja kendala wirausahawan itu? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Siapa yang tidak ingin memulai bisnis mereka sendiri, menjadi bos mereka sendiri, dan menghasilkan banyak uang? Kami berharap semudah itu! Sayangnya, hanya segelintir orang yang terjun dalam bisnis yang sukses dan menjadi pengusaha yang menguntungkan.

Apa yang memisahkan mereka yang tidak sukses dengan beberapa dari mereka yang sukses dalam kerumunan atau lingkaran yang sama ini? Mengapa semua orang tidak dapat memulai bisnis sukses mereka sendiri? Dibutuhkan orang khusus dengan pola pikir yang benar untuk mengambil apa yang telah dilemparkan pada mereka dan berusaha untuk terus menaklukkan badai.

Jika kamu merasakan semangat kewirausahaan, bacalah daftar di bawah ini dari tujuh kendala wirausahawan yang perlu kamu hadapi untuk sukses.

Kenyamanan

Kendala wirausahawan yang pertama adalah kenyamanan. Meninggalkan keadaan itu akan sulit bagi siapa pun. Mungkin pada awalnya kamu bisa bertahan dengan memiliki pekerjaan, dan mengejar impian wirausaha kamu. Tetapi jika kamu ingin berkomitmen penuh pada impian kamu, kamu harus melepaskan kenyamanan dari tempat kerja modern. Tiba-tiba, tidak ada yang bisa diprediksi dan merasa nyaman bukan lagi pilihan.

Biasakan merasa tidak nyaman. Dengan begitu, kamu akan melatih mentalmu lebih dalam lagi. Mulailah dengan meninggalkan cara lama bekerja dan menggunakan cara yang baru. Jika kamu berhasil melewatinya, maka kamu siap menjadi wirausahawan yang sukses.

Kemalasan

Ini biasanya terjadi di luar kesadaran diri, dan kebiasaan yang dimiliki dari semua orang. Kemalasan dan kewirausahaan saling berkaitan satu sama lain. Bahwa kebanyakan orang yang malas tahu bahwa mereka tidak ingin menjadi pengusaha.

Namun, orang-orang meremehkan berapa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Kamu mungkin tidak memulai sebagai orang yang malas, tetapi begitu kenyataan muncul dan kamu menyadari betapa banyak pekerjaan yang sebenarnya diperlukan, mudah untuk menjadi lesu.

Jangan kembali ke pola pikir ini begitu cepat. Memahami bahwa menjadi malas tidak akan memperbaiki apa pun. Menjadi proaktif dan menghadapi tantangan langsung dapat melawan rasa ini kembali muncul. Coba hitung saja berapa rasa malasmu dan rasa semangatmu muncul dalam satu bulan, jika lebih banyak rasa malasmu, maka kamu harus mempertimbangkan lagi untuk memulai bisnis dan meraih cita-cira menjadi wirausahawan yang sukses.

Pola Pikir Negatif

Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan sikap positif dan penuh harapan. Memulai bisnis tidak pernah mudah dan jarang menjadi menguntungkan dengan cepat dan segera. Tetap positif sangat penting untuk menjaga bisnis kamu bertahan.

Bersikap realistis, tetapi jangan pernah negatif. Sikap negatif hanya akan membuat kamu menebak diri sendiri dan membuat kamu takut akan masa depan; tidak ada yang akan menuntun kamu untuk menciptakan bisnis yang sukses.

Pola pikir ini biasanya sudah diturunkan dari orang tua atau teman-teman sekitarmu. Prediksi dan gambaran yang ada di pikiranmu juga mempengaruhi jalannya bisnis yang sedang kamu jalani. Ingat, cobalah berpikir lebih realistis, bukan negatif!

Menjadi Pengikut

Pengusaha yang sukses mengharuskan kamu untuk proaktif dan bertanggung jawab. Menjadi pengikut bukanlah suatu pilihan. Jika kamu berpikir untuk menjadi seorang wirausahawan, pahamilah bahwa kamu akan dihadapkan dengan keputusan-keputusan sulit.

Jika kamu tidak dapat mengambil alih dan melakukan panggilan sulit itu, mungkin menjadi wirausahawan bukan karier yang cocok untuk kamu. Menjadi pengikut akan menyebabkan kamu kehilangan peluang dan dapat merusak bisnis baru kamu. Masuki kepemimpinan strategis dan jadilah bos yang selalu kamu kenal dan dambakan.

Mengambil Rute Aman

Menjadi wirausahawan mengharuskan kamu mengambil risiko besar. Beberapa di antaranya akan gagal dan yang lain bisa sangat sukses. Pahami bahwa sebagai wirausahawan, kamu akan gagal. Kamu akan membuat keputusan yang buruk – dan itu tidak masalah. Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran.

Yang penting adalah bagaimana kamu menangani kegagalan ini. Belajarlah dari mereka, jangan biarkan mereka menentukan kamu. Yang paling penting, jangan biarkan mereka membuat kamu takut mengambil lebih banyak risiko; kamu tidak pernah tahu kapan terobosan besar kamu akan datang dan terjadi.

Tidak Terinspirasi

Pengusaha harus kreatif. Muncul dengan ide-ide baru dan inventif adalah apa yang memisahkan pengusaha dari seluruh dunia. Tidak terinspirasi mungkin akan meninggalkan kamu tanpa hasil apa-apa. Jaga otak kamu selalu aktif dan selalu berpikir tentang ide-ide baru. Lakukan kegiatan yang mengharuskan kamu berpikir di luar kotak dan menghasilkan solusi kreatif.

Carilah refrensi dari berbagai macam hal yang kamu sukai, dan hubungkan dengan bisnis yang kamu miliki sekarang. Jangan redupkan pemikiran kreatifmu, tetaplah terinspirasi!

Ketidaksabaran

Mengubah dari orang yang tidak sabar menjadi sabar sangat penting. Pengusaha jarang sukses dalam semalam. Ketika kamu memulai bisnis kamu, mungkin butuh waktu lama sebelum kamu melihat untung. Ini tidak berarti bahwa kamu harus berhenti dan meninggalkan bisnis kamu.

Bisnis membutuhkan banyak waktu dan kerja keras dan akan menjadi kisah sukses yang akan menuntut kamu untuk sabar dan tidak puas. Selalu haus akan lebih banyak, tetapi pahamilah bahwa semuanya membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Jadi tetap semangat!

Jadi itu dia kendala wirausahawan yang harus dihadapi. Sudah siap kah kamu menjadi wirausahawan? Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait