6 Tantangan Umum Pengusaha yang Harus Dihadapi

tantangan umum pengusaha
tantangan umum pengusaha

Ada tantangan umum pengusaha yang akan menjegal di tengah jalan. Jika tidak dapat menghadapinya, tantangan umum pengusaha ini bisa menjadi batu sandungan. Lalu, apa saja tantangan umum pengusaha? Simak ulasan dari redaksi Ajaib berikut ini.

Pada titik tertentu, setiap pengusaha menghadapi pergumulan bisnis. Misalnya, akuntansi dapat menjadi rumit ketika dihadapkan ke langkah-langkah reformasi kesehatan atau pajak. Mungkin pelanggan menginginkan lebih sedikit satu produk atau layanan dan lebih banyak dari yang lain.

Kalau tidak, jika kamu menjalankan bisnis dengan satu atau lebih pendiri bersama, ketegangan dapat dengan mudah meningkat dengan beragam ide dan pendapat.

Jika salah satu dari skenario ini terjadi, ambil hati banyak orang — mari kita bicarakan itu dalam kerangka “jika kamu berjuang dengan Y, lakukan Z,” dan membuatnya mudah untuk menemukan solusi untuk tantangan bisnis tertentu yang mungkin kamu hadapi.

Berikut adalah beberapa tantangan yanumumg umum pengusaha dalam memulai bisnisnya, pelajari hal-hal ini agar kamu tidak terjerumus ke ambang kebangkurtan bisnis.

Arus Kas

Arus kas, uang yang masuk dan keluar dari bisnis kamu, adalah sumber kehidupan perusahaan kamu. Selama lebih banyak uang masuk (dari pelanggan) daripada keluar (untuk pengeluaran), kamu tetap jauh dari kegelapan sebuah bisnis.

Tetapi kamu mungkin tahu bahwa mempertahankan arus kas positif adalah masalah yang terus-menerus dan berkala. Kamu harus tetap di atasnya untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek (operasi harian) dan jangka panjang (peluang pertumbuhan dan ekspansi).

Solusi: Untuk mengelola arus kas, kamu buat laporan keuangan. Tinjau dan perbarui secara teratur untuk menilai potensi masalah arus kas. Informasi ini juga memungkinkan kamu mencari modal kerja dari kreditor, investor, dan lembaga keuangan.

Menemukan Pelanggan

Jika basis pelanggan kamu tampak stagnan, mungkin sudah waktunya untuk memikirkan kembali strategi akuisisi pelanggan kamu. Mungkin jangkauan kamu terlalu luas dan kamu tidak sengaja dipasarkan ke semua orang. Kemudian lagi, mungkin kamu sudah memprioritaskan area niche dan sekarang perlu berekspansi ke pasar strategis lainnya.

Solusi: Administrasi bisnis kecil menawarkan saran praktis untuk menemukan pelanggan baru, seperti meminta referensi. Kamu juga dapat bermitra dengan bisnis pelengkap untuk menyebar pekerjaan ekspansi bisnismu untuk mencari pelanggan baru dan memasuki lingkaran pasar yang baru.

Mempekerjakan Karyawan

Banyak pemilik usaha kecil kesulitan menemukan karyawan yang berkualitas. Mungkin sulit menemukan karyawan yang berkualitas dan tepat untuk budaya perusahaan atau bisnis kamu. Kamu ingin tahu, secara pasti, bahwa kamu merekrut orang yang akan berintegrasi dengan tim dan berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan.

Solusi: Untuk menarik talenta top, asah budaya kamu dan bagikan kepada dunia. Yaitu, bicarakan misi, visi, dan nilai-nilai kamu di situs web dan jejaring sosial kamu. Karyawan potensial sering meneliti calon bos, sehingga membagikan informasi ini akan menarik calon yang memenuhi syarat.

Kesadaran Merek

Masalah kesadaran merek dapat terjadi pada setiap tahap bisnis kamu. Pada awalnya, kamu mungkin menghadapi tantangan karena pasar yang ramai. Sulit untuk diperhatikan ketika lima belas merek lain juga sedang mencari perhatian. Tetapi kesulitan kesadaran merek muncul di kemudian hari, dan kamu harus mengatasinya untuk mengaitkan posisi kamu di pasar dan menempatkan merekmu secara permanen di pasar tersebut.

Solusi: Untuk mengatasi masalah kesadaran merek, revisi strategi branding kamu. Identifikasi faktor-faktor eksternal juga, seperti kompetisi baru atau demografi audiens yang berubah. Kedua elemen tersebut tidak hanya memengaruhi produk dan layanan yang kamu jual, tetapi juga bagaimana dan di mana kamu beriklan, memasarkan, dan mengirimkan siaran pers.

Delegasi atau Koneksi

Jika kamu mendapati diri kamu menangani tugas-tugas selain mengembangkan perusahaan kamu, kamu mungkin memiliki masalah pendelegasian atau sebuah koneksi. (Peringatan: Jika kamu memiliki startup tahap awal atau bisnis kecil, kamu mungkin akan melakukan pekerjaan yang tidak ditemukan dalam deskripsi pekerjaan kamu).

Beberapa tanda-tanda masalah delegasi termasuk menjadi tidak sabar dengan karyawan, karyawan manajemen mikro, atau berpikir hanya dengan cara kamu adalah satu-satunya jalan keluar.

Solusi: Di ​​tempat kerja kamu, cari karyawan yang tampaknya tidak pasti atau frustrasi dengan peran mereka. Juga, analisis diri kamu. Tanyakan apakah kamu melakukan kegiatan yang lebih baik yang didelegasikan kepada karyawan atau pihak ketiga.

Layanan kesehatan, pajak, dan peraturan pemerintah, misalnya, dapat memerlukan bantuan seorang profesional. Perhatikan lingkungan kerjamu, apakah kamu sudah menemukan koneksi antara pegawai dengan visi misimu?

Praktik Terbaik untuk Menerapkan Perubahan

Enam skenario yang digambarkan di atas membutuhkan perubahan, tetapi bagaimana kamu membuat perubahan itu penting. Jika kamu mencoba mengatasi dua, tiga, atau lima pergumulan bisnis sekaligus, kamu akan kehabisan tenaga atau menurunkan moral karyawan kamu.

Karena itu, prioritaskan perjuangan dan kerjakan satu per satu. Memprioritaskan dapat meningkatkan peluang keberhasilan kamu, membantu menyatukan semua orang dengan proses atau alat baru, dan mengajarkan pelajaran manajemen tentang perubahan untuk dimasukkan ke dalam upaya masa depan.

Perjuangan bisnis terjadi pada setiap pengusaha. Tetapi kamu dapat mengatasinya dengan contoh, solusi, dan praktik terbaik yang tercantum di sini. Dan, cobalah juga untuk beradaptasi dengan situasi dengan tantangan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan, tantangan sebagai seorang pengusaha akan tetap ada dan selalu ada, dan posisikan dirimu sebagai seseorang yang telah mengenal dan berpengalaman di medan tempur perbisnisan.

Tidak ada yang akan menghentikanmu unutk tetap berjuang dan berusaha. Pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang telah melewati seribu macam rintangan dan menyelesaikan seribu masalah yang telah ia lewati. Memang terlihat menantang, apakah kamu tertantang untuk menjadi pengusaha? Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait