Cara Menghasilkan Uang dari YouTube dengan 5 Strategi Ini

menghasilkan uang dari youtube
menghasilkan uang dari youtube

Banyak cara menghasilkan uang dari YouTube. Tetapi sebelum mengeksekusinya, cek strategi ala redaksi Ajaib di bawah ini.

YouTube merupakan ranah baru untuk menghasilkan uang bagi generasi Z dan milenial. Mereka tahu cara menghasilkan uang dari YouTube. Dengan modal video, mereka mampu meraup keuntungan yang cukup fantastis. Bagaimana strategi dan cara menghasilkan uang dari YouTube?

Pada 23 Juli 2017, Presiden Joko Widodo pernah bertanya kepada Rafia fadila, siswa SDN 36 Pekanbaru, Riau, dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN).

“Cita-citanya mau jadi apa?” tanya Presiden Jokowi.

“Jadi YouTuber, Pak,”ujar Rafia.

“Pasti senang main YouTube ini, senang main medsos.”

“Jadi YouTuber itu kalau banyak subscriber-nya, bisa menghasilkan uang.”

Jawaban Rafia ada benarnya. Cara menghasilkan uang dari Youtube menjadi incaran baru bagi generasi muda masa kini. Youtuber menjadi “profesi” menggiurkan dan bisa membuat orang menjadi kaya. Mereka akan mengunggah video dan menyematkan iklan di dalamnya. Semakin penonton, semakin banyak pula pundi-pundi yang datang.

YouTuber Terkaya Versi Forbes

Awal tahun ini, Forbes merilis daftar 10 Youtuber berpenghasilan tertinggi selama 2018, dengan memperhitungkan pendapatan dari iklan, endorsement, dan sumber pendapatan lainnya. Youtuber yang menempati urutan pertama adalah Ryan Kaji (8), pemilik kanal Ryan’s World, dirilis pada Maret 2015.

Kanal yang dioperasikan oleh kedua orang tua Ryan, Loann Kaji dan Shion Kaji, telah memiliki 2,28 juta subscriber dan lebih dari 30 miliar penonton. Cara mencari uang dari Youtube ala keluarga Kaji untuk kanal ini adalah Ryan mereview mainan yang dimilikinya. Video dirilis setiap hari.

Tak heran, kanal Ryan’s World memperoleh pendapatan USD 22 juta atau sekitar 308,5 miliar pada 2018. Meski demikian kanal menuai kritik. Pasalnya, pemilik akun tak mereview pada semua videonya. Tak sedikit video paid promote, sehingga membuat penonton rancu ketika melihat kontennya.

Kamu ingin memulai “karier” menjadi Youtuber? Sah-sah saja menghasilkan pendapatan dari platform digital, kok. Tetapi kamu harus memiliki strategi. Agar cara menghasilkan uang dari Youtube kian lancar.

Strategi Menghasilkan Uang dari YouTube

YouTube Partner Program

Menjadi bagian Youtube Partner Program (YPP) adalah salah satu cara menghasilkan uang dari Youtube dengan mudah. Karena sebagai mitra, kamu memiliki akses ke beberapa saluran pemasukan selain iklan. Seperti memperoleh bagian dari biaya berlangganan pelanggan pada fitur Youtube Premium, Channel Membership, Super Chat, dan lainnya.

Untuk bergabung di YPP, kamu harus memiliki minimal 1.000 subscriber dan video telah ditonton selama 4.000 pada tahun sebelumnya. Ikuti kebijakan YPP dan Community Guidelines dalam membuat video. Selanjutnya mulai mengatur AdSense dan fitur monetisasi. Masing-masing kanal memiliki syarat berbeda soal monetisasi.

Konten Berbayar

Tak masalah kalau kamu tidak menjadi bagian dari YPP. Kamu tetap bisa membuat dan mengunggah video sponsored content atau konten berbayar. Cara ini banyak dilakukan oleh influencer, loh. Misal, kamu rutin membuat video memasak, minimal seminggu sekali. Jika ada brand peralatan dapur ingin mengajak kerja sama denganmu, buatlah kesepakatan. Seperti tema konten, produk yang akan direview, durasi dan waktu tayang, hingga negosiasi harga.

Mengingat konten berbayar adalah iklan, ada baiknya kamu jelaskan hal ini ke penonton. Sehingga mereka bisa membedakan mana video kreasi pribadi dan video berbayar. Bagaimana pun juga ketika kamu mendapatkan sponsor (dalam hal ini brand), isi video akan mengulas kelebihan produk milik brand. Misalnya sertakan #SponsoredContent atau #Ads pada judul dan boks deskripsi. Bahkan Youtube memiliki fitur tersebut.

Cara menghasilkan uang dari Youtube juga bisa melalui affiliate marketing. Caranya, kamu mendaftar ke perusahaan (marketplace, situs brand elektronik, dan lainnya) sebagai affiliate marketer. Lalu letakkan link afiliasi di boks deskripsi.

Membuat Produk

Membuat produk atau merchandise dan memasarkannya adalah cara menghasilkan uang dari Youtube. Hal ini telah dilakukan oleh influencer. Ada yang membuat brand sendiri atau bekerjasama dengan brand untuk merilis produk kolaborasi. Buat kamu yang memiliki brand

, libatkan subscriber dalam membuat produk, misal survei, polling, berbagi pengalaman, atau Q & A. Sehingga subscriber punya “ïkatan” dengan produk yang kamu rilis. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas produk, desain, pengemasan, pengiriman, plus harga.

Sesuaikan dengan target pasarmu. Promosikan produk-produkmu di video dan ulas kelebihannya. Untuk menarik pembeli, kamu bisa memberikan diskon 50 pembeli pertama atau promo buy 1 get 1. Kamu bisa menjual produk melalui situs pribadi atau marketplace.

Loyalitas

Kalau kamu merasa sudah loyal terhadap subscriber, mereka juga akan menunjukkan hal sama. Cara mengetesnya, ajak mereka untuk bergabung dalam Youtube Premium. Karena kamu akan mendapatkan sedikit bagian dari setiap video yang dilihat oleh penonton.

Di negara lain, Youtubers bisa mengajak subscriber untuk menggunakan fitur Super Chat dan Channel Membership. Subscriber yang ingin menggunakan fitur tersebut harus membayar (melalui kartu kredit) terlebih dahulu.

Selalu Membuat Video Berkualitas

Batasan video berkualitas sangat luas. Mulai dari kualitas gambar dan suara, konten, hingga lagu atau backsound (jika ada). Berkualitas juga berarti memenuhi ketentuan Community Guidelines. Strategi membuat konten dengan kreatif, inspiratif atau edukatif, dan fun layak kamu perhitungkan.

Kamu bisa saja mengekor Youtuber dengan melakukan berbagai macam prank. Bikin orang lain panik, video viral, kamu dapat uang. Tetapi kamu juga bisa terkenal karena video inspiratif yang membuat penonton empati, kamu bisa viral karena ahli membuat makanan enak dengan bahan murah, atau kamu bisa tersohor karena kegiatan jalan-jalan sambil menggelar workshop dengan audiens ibu-ibu PKK.

Banyak cara menghasilkan uang dari Youtube. Kamu punya cara lain selain di atas? Apapun caramu, jangan lupa untuk berterima kasih kepada seluruh penonton. Karena mereka, tabunganmu terisi terus-menerus. Dan pergunakan uang tersebut dengan bijak. Salah satunya dengan investasi. Untuk info investasi lengkap, cek di Ajaib.

Bacaan menarik lainnya:

Briggs, A& Peter, B. (2006). Sejarah Sosial Media. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait