milenial, Perencanaan Keuangan

10 Tips Hemat untuk Mahasiswa Agar Tidak Krisis Keuangan

tips hemat untuk mahasiswa

Ada berbagai kiat dan tips hemat untuk mahasiswa yang bisa dilakukan. Penasaran bagaimana caranya? Simak kiat dan tips hemat untuk mahasiswa ala Ajaib berikut ini.

Memulai babak hidup baru setelah masa SMA, tinggal sendirian dan mulai memikirkan kebutuhan yang harus kamu dapatkan dalam sebulan. Begitu juga saat kamu bekerja di luar kota kelahiranmu dan tinggal sendirian. Ini dia tips hemat untuk mahasiswa yang tidak mau terkena krisis keuangan di akhir bulan.

Mematikan Lampu

Menyalakan lampu di kamarmu mungkin tidak mahal berdasarkan daya per watt, tapi itu tentu saja menghabiskan uang seiring waktu. Untuk menghemat sebanyak mungkin, matikan lampu kapan saja kamu meninggalkan rumah – atau bahkan ketika kamu meninggalkan ruangan.

Mematikan lampu ketika kamu memiliki banyak sinar matahari alami juga dapat membantu menjaga tagihan listrik kamu turun seiring waktu. Intinya: Jika kamu tidak menggunakan lampu, matikan.

Kuasai Aturan 30 Hari

Menghindari kepuasan instan adalah salah satu aturan terpenting dalam menjaga keuanganmu tetap stabil, dan menunggu 30 hari untuk memutuskan pembelian adalah cara terbaik untuk menerapkan aturan itu.

Cukup sering, setelah satu bulan berlalu, kamu akan menemukan bahwa keinginan untuk membeli telah berlalu juga, dan kamu akan menghemat sejumlah uang untuk diri sendiri hanya dengan menunggu. Jika kamu masih ragu untuk membeli sesuatu, menunggu sebentar dapat memberi kamu perspektif yang lebih baik tentang apakah itu benar-benar penting untuk dibeli atau hanya keinginan sejenak saja.

Undang Teman Alih-alih Pergi Ke luar

Pergi keluar untuk makan atau “hang out” memiliki cela untuk benar-benar menghancurkan anggaran makanan bulananmu dan anggaran hiburan kamu dalam satu gerakan. Dan apa pun itu, selalu lebih murah untuk mengundang teman-teman ke rumah dan mencari hiburan kamu sendiri.

Alih-alih pergi ke tengah kota, adakan makan malam menyenangkan bersama teman-teman kamu. Mainkan kartu, duduk di kamar kamu, atau menonton film dengan teman-temanmu. Kamu semua akan menghemat uang – dan bersenang-senang.

Beli Video Game yang Memiliki Banyak Nilai Replay

Kebiasaan membeli video game telah sedikit berubah sejak adanya “permainan minggu ini”. Sekarang, fokuslah pada game yang bisa dimainkan berulang-ulang, dan tetaplah fokus pada penguasaan game yang dibeli.  Setelah kamu selesai dengan game yang kamu miliki, jual game tersebut ke toko video game dan lihat apakah kamu dapat menukarnya dengan game lainnya.

Ini berlaku juga untuk kamu yang suka membeli aksesoris dari game di smartphone kamu. Unduh game gratis yang bisa dimainkan secara berkala, dan hindari pembelian dalam game.

Minum Lebih Banyak Air

Tidak hanya minum banyak air memiliki manfaat kesehatan yang besar – juga memiliki manfaat finansial. Minumlah segelas besar air sebelum makan agar tetap kenyang lebih lama dan akhirnya makan lebih sedikit. Kamu tidak hanya akan menghemat tagihan makanan, tetapi kamu juga akan merasa lebih baik setelah kamu terhidrasi dengan baik.

Bahkan lebih baik, minum lebih banyak air – baik dalam botol isi ulang atau di restoran – berarti menghabiskan lebih sedikit uang untuk minuman seperti soda, jus, dan teh. Ingat: Air keran tidak hanya sebersih air dalam kemasan, tetapi juga gratis di kebanyakan tempat makan/ warung makan.

Hindari Makanan Fancy dan Makanan Cepat Saji

Alih-alih makan makanan cepat saji atau membeli bungkusan makanan, cobalah membuat beberapa pengganti sederhana dan sehat yang dapat kamu bawa ke kampus atau tempat kerja. Persiapan satu jam senilai satu minggu dapat memberikan kamu satu ton pilihan makan siang dan makanan ringan yang mudah dan murah untuk minggu berikutnya.

Juga pertimbangkan untuk memilih beberapa pilihan makanan murah yang tidak hanya menghemat uang, tetapi juga waktu. Untuk saat-saat ketika kamu tidak bisa menghindari makan di luar, maksimalkan tabungan kamu dengan kupon dan kartu hadiah yang memberikan bonus (tetapi kamu paling tahu diri kamu, jadi hanya belanjakan apa yang kamu tahu dan dapat kamu bayar setiap bulan).

Berhenti Merokok

Jika kamu masih seorang perokok, kamu harus tahu sekarang bahwa kebiasaan kamu tidak hanya mahal, tetapi juga berpotensi mematikan. Jika kamu ingin menambah tahun ke dalam hidup kamu dan menghemat banyak uang, hal termudah untuk dilakukan adalah berhenti merokok sama sekali. Kamu dapat berhenti dari rokok, mencoba beberapa produk anti-rokok yang ada di luar sana, atau beralih ke rokok elektronik untuk mempersingkat waktu. Jalan mana pun yang kamu pilih, kamu akan jauh lebih baik.

Lakukan Perbandingan Harga dan Temukan Toko Termurah

Sebagian besar dari kita rutin berbelanja di toko bahan makanan yang sama, dan kita mungkin bahkan tidak menyadari bahwa kita tidak mendapatkan penawaran terbaik. Untungnya, ada cara sederhana untuk menemukan toko termurah di sekitar.

Pantau 20 atau lebih barang yang paling sering kamu beli, lalu belanjakan barang-barang ini di berbagai toko. Pada akhirnya, kamu akan menemukan satu toko yang menjual harga barnag yang lebih murah untuk pembelian kamu – buat saja itu menjadi tujuan belanja rutin kamu dan kamu akan secara otomatis menghemat uang.

Hindari Mal

Mal mungkin menjadi tempat yang menyenangkan bagi orang-orang untuk cuci mata, tetapi juga bisa dipenuhi dengan godaan. Itu sebabnya kamu harus menghindari mal kecuali kamu benar-benar perlu membeli sesuatu.

Percayalah, berbelanja di mall saat anggaran kamu terbatas bisa menjadi siksaan. Lepaskan beban diri kamu dan temukan hal lain untuk dilakukan saat kamu membutuhkan hiburan. Jalan-jalan di taman, memainkan puzzle yang menyenangkan, atau film yang bagus dapat dengan mudah menggantikan petualangan belanja mal.

Cari Tempat Tinggal yang Lebih Murah.

Jika kamu tinggal di daerah yang benar-benar mahal, luangkan waktu untuk memutuskan apakah biaya kosmu saat ini benar-benar sepadan. Kamu mungkin menemukan tempat tinggal yang lebih murah dan nyaman dengan harga yang lebih terjangkau.

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait