10 Langkah Mengubah Bisnis Yang Sedang Berjuang

langkah mengubah bisnis
langkah mengubah bisnis

Ada banyak langkah mengubah bisnis bila memang ingin dilakukan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini perihal langkah mengubah bisnis yang baik.

Meskipun setiap situasi turnaround memiliki masalah yang muncul seperti pendapatan yang kurang dan sulit berkembang, bisnis tersebut  membutuhkan alternatif mereka sendiri yang unik dan pintar, dan akan selalu ada cara alternatif untuk dapat mengubahnya.

Berikut adalah daftar 10 langkah mengubah bisnis untuk membalikkan keadaan sebuah usaha kecil yang sedang/masih berjuang,.Langkah ini didasarkan pada buku yang berjudul Small Business Turnaround, oleh Marc Kramer:

Tulis Rencana Bisnis, Penjualan/Pemasaran, dan Operasi

Investor, manajemen, bank, dan karyawan semua perlu tahu apa rencana masa depan perusahaan. Mereka perlu melihat di mana posisi yang cocok untuk mereka, bagaimana mereka dapat membantu, dan bagaimana mereka dapat berbagi saran berdasarkan keahlian dan pengalaman mereka yang akan membantu perusahaan berhasil.

Merencanakan kronik yang baik dan yang buruk di masa lalu dan menetapkan visi masa depan. Perusahaan yang menulis dan mengikuti rencana yang dipikirkan dengan matang jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mendapat masalah, tetapi ketika kamu sudah dalam kesulitan adalah saat di mana kamu paling membutuhkan rencana!

Tidakkah kamu punya waktu untuk menulis rencana yang bagus? Sulit! Ambil dan temukan waktu! Membalikan bisnis menjadi lebih baik membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Tapi itu juga butuh rencana! Belum pernah ada bisnis yang berhasil tanpa rencana bisnis yang solid. Jadi, luangkan waktumu sejenak untuk menata rencana bisnis yang solid.

Bertemu dengan Personel Utama dan Dewan Direksi

Kamu harus menyatukan orang-orang ‘kunci’ dalam bisnis untuk berdiskusi tentang bagaimana cara memperbaiki perusahaan. Jangan pergi ke pertemuan tanpa rencana milikmu sendiri. Orang kehilangan kepercayaan pada pemimpin yang tidak memiliki rencana dan visi untuk bisnis mereka. Kunci dari jenis pertemuan ini adalah percaya diri, berpikiran terbuka, dan fleksibel.

Merevisi Rencana

Setelah mendengarkan orang-orang kunci dalam bisnis dan membahas aspek-aspek penting dari rencana kamu, revisi kembali rencana tersebut sebelum mempresentasikannya kepada dewan direksi dan karyawan. Buatlah rencana tersebut se-sempurna mungkin dan yakinlah jika rencana tersebut akan bekerja!

Bertemu dengan Karyawan

Adakan pertemuan perusahaan, akui bahwa ada yang salah dengan bisnis ini, dan diskusikan bagaimana rencana manajemen untuk memperbaikinya. Berikan karyawan bagian yang relevan dari rencana bisnis dan mintalah beberapa masukan dari mereka. Untuk perusahaan yang sudah mapan, langkah ini menunjukkan bahwa pertimbangan yang cermat telah diberikan pada pengembangan bisnis. Kamu perlu melakukan ini untuk membangun tim bisnis yang nyata dan solid.

Bertemu dengan Pelanggan

Desas-desus tentang kematian bisnis kamu yang akan segera terjadi berputar-putar di sekitar komunitas bisnis bukanlah citra yang positif. Pelanggan utama menjadi gugup dan beberapa bahkan mencari vendor baru. Jangan menjulurkan kepalamu sendiri ke dalam pasir dan menyerah. Beri tahu pelanggan kamu tentang situasi kamu dan beri tahu mereka bagaimana kamu berencana untuk memperbaikinya. Yakinlah, tapi jangan menipu mereka! Jujurlah dan beri harapan berdasarkan rencana yang telah kamu buat.

Bertemu dengan Vendor

Vendor perusahaan menjadi sangat gugup ketika mendengar “sedang dalam proses” saat salah satu pelanggan mereka mengalami masalah. Terkadang kata berjalan lebih cepat dari kemampuan kamu untuk secara serius mengingatkan orang yang tepat. Kamu perlu mengembangkan pernyataan yang sudah disiapkan yang menguraikan masalah dan bagaimana kamu berencana untuk mengatasinya. Kamu akan menerima banyak panggilan telepon yang bersangkutan. Tanggapi semuanya dengan cepat dan penuh perhatian.

Hubungi Otoritas Pajak

Jika kamu tidak dapat membayar pajak lokal, kabupaten, provinsi, dan negara kamu, beri tahu pihak berwenang. Otoritas pajak biasanya akan bekerja dengan kamu. Kamu akan berada dalam kondisi yang lebih baik dengan mereka daripada jika kamu gagal membayar dan membuatnya tampak seolah-olah kamu berusaha menghindari kewajiban kamu.

Apapun itu, ketahuilah hak-hak kamu tentang status dan pajak bisnis kamu. Menginformasikan hal krusial sangat membantu bisnismu agar tetap berjalan.

Hubungi Bank Kamu

Jika kamu memiliki pinjaman atau jalur kredit, hubungi jangan hanya melalui email. Petugas pinjaman kamu dan beri tahu mereka bahwa kamu perlu bertemu langsung. Beri mereka berita buruk diikuti dengan rencana tindakan yang akan kamu lakukan sebagai solusi. Tampil percaya diri dan meyakinkan. Sangat penting bahwa kamu bekerjasama dengan bank kamu ketika masa sulit.

Tetap Pada Karyawan yang Penting untuk Bisnis

Cari tahu karyawan mana yang dapat kamu lepaskan tanpa merusak bisnis kamu dan kamu lebih baik menyimpan uang kas bisnis untuk saat ini.

Tidak ada yang suka membiarkan orang pergi, tetapi agar bisnis tetap hidup, kamu hanya ingin karyawan-karyawan yang membawa, membuat, atau melayani penjualan dengan sangat baik. Mungkin kamu bisa menerima kembali mereka (yang telah kamu keluarkan) nanti ketika waktunya lebih baik. Atau mungkin beberapa kamu hanya memotong jam mereka untuk saat ini dan berharap untuk meningkatkannya nanti.

Tetapi terutama dengan karyawan, buatlah potongan anggaran pertama kamu secara detail! Kamu ingin menghindari pemotongan secara serentak, itu menjadi siksaan psikologis. Karena semua karyawan kemudian takut mereka akan kehilangan pekerjaan cepat atau lambat.

Potong Biaya yang Tidak Perlu

Buat daftar semua pengeluaran kamu dan hilangkan apa yang tidak kamu butuhkan. Kamu perlu menyisihkan waktu untuk memperbaiki masalah kamu, dan memotong biaya adalah cara yang baik untuk membeli waktu secara “finansial”. Kamu mungkin ingin membuat analisis titik impas atau bahkan laporan laba rugi proforma untuk membantu kamu menentukan kelayakan bisnis kamu.

Itulah langkah mengubah bisnis untuk kepentingan strategi bisnis yang mungkin sewaktu-waktu perlu kamu putuskan. Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait