10 Tips Menabung Beserta Strategi yang Bisa Dilakukan

tips menabung
tips menabung

Tips menabung tanpa hitung-menghitung menggunakan pendekatan perubahan perilaku, yang membantu efektivitas upaya dan minat menabung. Lalu, seperti apa tipsnya? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Pada dasarnya kegiatan menabung bukanlah suatu hal yang menyenangkan, karena untuk melakukan itu seseorang harus memendam banyak keinginan yang lain demi mencegah pengeluaran, sehingga berpotensi merangsang produksi hormon kortisol dan memicu stress.

Karenanya, kesuksesan tips menabung bukan pada kecanggihan akrobatik hitungan angka-angka keuangan – karena harga-harga tetap merangkak naik – tapi lebih ke penyiasatan emosi dan perilaku kebiasaan.

Orang yang bahagia tidak merindukan uang. Percaya nggak? Buktinya ada World Happiness Report yang setiap tahun merilis peringkat negara-negara di dunia menurut index kebahagiaan yang digunakan sebagai acuan produktivitas.

Pendekatan Emosi Untuk Tips Menabung

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa:

uang bisa mendatangkan kebahagiaan jika mampu menghabiskannya dengan cara yang tepat. Jadi kuncinya bukan berapa besar jumlah uangnya, tapi untuk apa uang itu digunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips menabung dengan strategi pendekatan emosional:

Traktiran spesial

Satu kali dalam setahun biasanya ada pendapatan ekstra di luar skema keuangan rutin bulanan, seperti bonus tahunan, gaji ke-13, atau jatuh tempo investasi. Saat momen itu terjadi, camkan dalam diri bahwa keberuntungan itu adalah hal istimewa, jadi jangan gunakan uangnya untuk jenis pengeluaran rutin seperti groceries atau tagihan rumah tangga.

Sambil sisihkan sebagian untuk tabungan dan investasi, gunakan sisanya untuk hal yang tak bisa ditemui sehari-hari, seperti: pergi ke suatu tempat untuk menonton gerhana, konser band favorit, festival, mengoleksi limited edition atau bahkan merenovasi rumah.

Beli Pengalaman, Bukan Barang

Meski selalu ada sensasi yang melekat pada aktivitas shopping, umumnya kesenangan itu cepat pudar, namun tidak berlaku jika uang dibelanjakan demi pengalaman. 57% responden penelitian menyatakan bahwa membelanjakan uang untuk sebuah pengalaman telah memberikan kepuasan dan kebahagiaan, daripada berbelanja barang.

Ciptakan Suatu Hal yang Layak Ditunggu

Sifat menunda-nunda biasanya adalah musuh kesuksesan, tapi dalam tips menabung unik ini, malah jadi sahabat. Misalnya, setelah sebagian dana rejeki nomplok disisihkan untuk tabungan dan investasi, habiskan sisanya untuk booking paket tur liburan kapal pesiar di malam akhir tahun nanti. Menunda kepuasan dan keseruan menanti-nanti  momennya tiba, akan menjadi bonus kebahagiaan di masa mendatang. Hal ini dinamai oleh ahli riset perilaku “faktor ngiler”.

Belanjakan Uang Bersama Orang-orang Tersayang

Kalau masih “jomblo”, ajak orang tua, kakak adik, keponakan, sepupu, sahabat, soulmate, TTM, intinya siapapun yang dekat di hati. Seseorang yang membelanjakan uangnya untuk mentraktir orang-orang tercinta terbukti secara empiris akan merasa lebih bahagia dibandingkan orang-orang yang membelanjakan uangnya untuk diri sendiri.

Tips Menabung Dengan Kebiasaan yang “Kurang Biasa”

Ubah kebiasaan-kebiasaan “mainstream” dalam manajemen keuangan pribadi, guna menambah efektifitas upaya menabung, seperti:

Pilih Bank yang Tidak Nyaman

Kemudahan dan kenyamanan perbankan itulah yang akan membuat tabunganmu senantiasa “bocor”. Jadi, bangun rintangan yang bisa menghalangi dirimu dari uangmu. Masukkan tabungan di bank berbeda dari bank tempat akun dana sehari-hari, yang layanan transfernya lelet dan lokasinya jauh. Gunting kartu ATMnya sehingga bikin males mengambil dana.

Tambah Tabungan Sebesar Pembayaran Tagihan

Saat akhirnya bisa melunasi sebuah cicilan besar seperti cicilan mobil, atau elektronik, tahan desakan keinginan untuk langsung membuka cicilan baru. Pertahankan kebiasaan mentransfer jumlah uang yang sama, hanya kini ubah tujuannya ke account tabungan pribadi. Tak akan mengganggu aliran kas sehari-hari, malah nanti akan memberi surprise indah!

Sisihkan Sebagian dari Setiap Rezeki

Jangan menabung seluruhnya karena akan membuatmu merasa tertib tapi sengsara. Langsung sisihkan 30% untuk tabungan, 30% bayar cicilan (jika ada), dan sisanya untuk mentraktir diri sendiri! Metode ini akan memberikan suatu “keseimbangan hidup” – karena telah mengalokasikan sebagian rejeki ke masa lalu (bayar cicilan utang), sebagian rejeki untuk masa depan (tabungan), dan sisanya untuk masa sekarang (mentraktir diri sendiri).

Shopping di Pertengahan Minggu

Kebanyakan pusat perbelanjaan dan supermarket meluncurkan promo diskon menjelang weekend. Jadi, konsumen yang berkesempatan shopping duluan akan punya peluang lebih besar mendapatkan promo. Di samping itu, berbelanja di saat sepi akan meningkatkan penghematan karena lebih fokus menyeleksi pengeluaran.

Coba Lakukan Trik Receh

Latih kebiasaan dan reflek untuk menyimpan setiap koin recehan ke dalam wadah tertentu. Jangan dihitung, jangan dipikirkan, bagai “buang sampah pada tempatnya” – tabung receh dalam wadahnya. Kamu akan terkejut ketika menghitung jumlahnya di akhir tahun.

Nikmati Hari Libur Tanpa Pengeluaran

Coba mulai dari 1-2 hari – atau malah 1 minggu jika mampu – dan berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mengeluarkan uang sepeser pun selain keperluan rutin. Jika sukses menjalaninya, berarti kamu telah sukses “melatih-ulang” pikiranmu untuk berhemat.

Hitung Hingga 30 Hari, Plus 10

Jika di akhir jangka waktu itu kamu masih menginginkannya, datangi gerainya, lalu pegang barang itu sambil menghitung sampai 10. Kenapa harus 10? Teorinya, dalam 10 detik itu secara otomatis otak akan memproses kalkulasi harga, jumlah uang di dalam dompet dan semua barang yang sudah dimiliki. Kalkulasi otomatis itu bisa saja berujung pada pengurungan niat berbelanja.

Berbelanjalah Setelah Musim Liburan

Setelah musim belanja kado hari raya berlalu, toko-toko offline maupun online akan menjual barang musiman mereka dalam harga diskon. Boronglah sebisanya untuk keperluan pemakaian tahun depan.

Lakukan Belanja Groceries dalam Kondisi Kenyang dan Sendirian

Jangan biarkan perut keroncongan ataupun pasangan yang “manja” mempengaruhi daftar belanjaan groceries-mu. Rasa lapar terbukti membuat jumlah belanjaan makanan di troli meningkat, melebihi yang diperlukan.

Jangan Beli Sesuatu Hanya Karena Punya Kuponnya

Jangan sampai belanjaanmu “diatur” kupon diskon! Sempatkan duduk tenang untuk mereview barang-barang kebutuhan apa saja yang sebenarnya kamu perlukan, bukannya membeli semua yang sedang diskon.

Kumpulkan dan Jual Semua Botol Plastik dan Kaleng

Tak perlu malu melakukan hal ini karena manfaat besarnya adalah pelestarian lingkungan. Kalau ada bonus recehnya, kenapa ditolak?

Bergabung dengan Aktivitas Relawan

Bukan cuma bermakna menolong sesame, kegiatan relawan juga mrupakan cara bagus untuk besosialisasi dan menyibukkan diri tanpa mengeluarkan uang.

Cobalah tips menabung lewat kebiasaan yang tak biasa agar tumpukan tabunganmu menggunung, lalu mulailah mengasah keterampilanmu berinvestasimu dengan investasi reksa dana Ajaib. Dengan minimum modal hanya Rp10.000 dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, ditambah pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan, Ajaib masih jadi pilihan berinvestasi reksa dana yang cerdas dan berakal sehat untuk kaum milenial!

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait