5 Cara Pintar Menabung ala Mahasiswa

5 Cara Pintar Menabung ala Mahasiswa

Masa SMA sudah berlalu, saatnya masuk ke dunia perkuliahan yang penuh warna. Mulai dari kepercayaan diri yang tinggi karena bebas dari seragam, sampai merasakan tanggal tua. Kadang, kalau diajak hang out oleh teman-teman padahal kondisi keuangan sedang tiris, rasanya minder sekali.

Kehidupan mahasiswa memang sulit ditebak, apalagi urusan kantong, terkadang kiriman dari orang tua lancar, tapi ada saat uang itu tiba-tiba habis entah ke mana. Momen-momen krisis keuangan itulah yang biasanya dirasakan di pertengahan bulan hingga akhir bulan.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar semua itu tidak terjadi lagi? Lebih mantap lagi kalau bisa menabung untuk kebutuhan ke depannya. Simak dulu lima cara pintar menabung ala mahasiswa:

1. Hitung Pengeluaran dan Pemasukanmu

Tidak ada lagi kata “tiba-tiba habis” saat uang bulanan masuk. Hitung pengeluaran dan juga pemasukanmu sedetail mungkin dalam sebulan. Mulailah dengan menekan pengeluaran yang tidak perlu. Selalu usahakan untuk mennyimpan uang untuk disetor ke rekening tabungan atau celengan.

2. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Kadang, sebagai mahasiswa selalu ingin tampil trendy, sehingga tanpa sadar membeli hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dibeli. Kalau kamu sudah punya baju setumpuk, untuk apa beli lagi?

Lebih baik, anggaran digunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang lebih bermanfaat. Contohnya untuk makan sehari-hari, lebih baik perut kenyang daripada kantong kelaparan. Iya, kan?

3. Hindari Utang ke Teman/Sahabat

Saking jadi kebiasaan buruk, sering muncul rasa ingin meminjam uang ke teman untuk membeli sesuatu yang bukan jadi kebutuhan. Sebaiknya hindari utang ke teman, karena selain membebankan temanmu, ini juga akan membebankan dirimu sendiri di masa mendatang. Lebih baik keinginan untuk beli ini-itu bisa ditahan sampai kamu mampu beli tanpa memengaruhi biaya yang lainnya.

4. Manfaatkan Diskon Pelajar Sebaik Mungkin

Jangan minder kalau dompetmu hanya ada KTM dan uang seadanya saat jalan-jalan mencari makan siang. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) adalah senjata utamamu saat hang out. Banyak promo yang diberikan di banyak tempat makan hanya dengan menunjukkan KTM yang masih berlaku.

Selain memuaskan keinginan untuk makan di luar, keuntungan lainnya harga bisa dipotong bahkan sampai separuh harga. Alhasil, uang yang separuhnya lagi bisa ditabung. Cerdas, kan?

5. Investasi Kini Untuk Masa Depan

Jika uang tabunganmu sudah cukup, baiknya menginvestasikan uangmu ke berbagai macam instrumen investasi yang tidak butuh modal tinggi. Ke manapun tidak masalah. Namun, jika tidak ingin repot, gunakan saja platform untuk investasi online yang sudah dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan, seperti aplikasi Ajaib. Selain rutin menabung, uang kamu aman sampai masa akhir kuliah di perguruan tinggi!

Itu dia lima cara pintar untuk menabung ala mahasiswa. Tidak ada yang lebih mendamaikan hati jika keadaan keuanganmu tertata rapi dari sisi pemasukan dan pengeluaran. Yuk, mulai cermat mengatur keuanganmu dengan menabung dan berinvestasi sejak dini!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , , ,
Artikel Terkait