4 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Ketika Malam Hari

4 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Ketika Malam Hari
4 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Ketika Malam Hari

Memiliki pekerjaan sampingan adalah cara bagi sebagian orang yang masih harus membagi waktu untuk aktivitas utama namun tetap memiliki pendapatan tambahan. Misalnya saja pekerja kantoran maupun mahasiswa yang terikat dengan kewajiban di kantor atau kuliah di kampus. Hanya saja memang tidak selalu mudah untuk mencari kerjaan sambilan yang waktunya sesuai.

Dahulu mungkin kita kerap melihat di komik atau novel jika si tokoh utama bekerja tambahan di malam hari untuk mendapatkan lebih banyak uang. Misalnya saja ketika perlu membeli kendaraan atau membutuhkan modal untuk usaha. Biasanya mereka melakukannya setelah pekerjaan utama atau aktivitas utamanya selesai.

Banyak yang berangan-angan untuk melakukannya pula ketika suatu saat dibutuhkan. Misalnya siswa SMA yang ingin bekerja sampingan saat pulang kuliah demi tambahan uang jajan. Sayangnya, belum banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di malah hari di Indonesia termasuk di kota besar. Hal ini berbeda dengan sejumlah negara lain seperti Korea, Inggris maupun Amerika Serikat.

Bekerja tambahan pada malam hari memang memudahkan kita untuk mengatur waktu jika masih punya kegiatan lainnya. Kadangkala bekerja di malam hari juga lebih menyenangkan karena tingkat stresnya lebih rendah dibandingkan siang hari. Hanya saja memang alasan pengaturan waktu menjadi hal yang utama agar kegiatan lain tidak terganggu.

Sebenarnya saat ini ada banyak kesempatan untuk memiliki pekerjaan sampingan di luar kerjaan atau aktivitas utama. Misalnya saja mencoba untuk membuat usaha kecil-kecilan dengan menjual produk kecantikan atau peralatan rumah tangga. Bisa pula dengan menawarkan jasa les privat kepada siswa sekolah dengan latar belakang ilmu yang dimiliki.

Kamu bisa memilih salah satu diantaranya untuk dijadikan pekerjaan sampingan sebagai sumber penghasilan tambahan. Hanya saja, membuka online shop maupun menjadi guru les memang merupakan pilihan yang umum. Dengan demikian, pesaingnya cukup banyak sehingga mungkin hasilnya tidak terlalu memuaskan.

Belum lagi jika kamu merasa tidak punya bakat bisnis atau kurang telaten mengajari siswa sehingga dua pekerjaan di atas dirasa kurang cocok. Jika memang demikian, kamu tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di malam hari. Mungkin selama ini kamu hanya kurang jeli melihat peluang yang ada.

Daftar Pekerjaan Sampingan yang Tak Ganggu Aktivitas Utamamu

Karyawan atau mahasiswa biasanya membutuhkan uang tambahan. Tidak jarang mereka mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan pada malam hari. Tentunya tidak mudah melakukan pekerjaan sampingan di malam hari. Pasalnya, kamu juga butuh stamina yang cukup untuk beraktivitas di esok hari, baik itu untuk karyawan atau seorang mahasiswa.

Namun, bila kamu bersungguh-sungguh melakukan pekerjaan sampingan di malam hari dan bisa mengatur ritme untuk menjaga stamina, maka tak ada yang bisa menghentikannya. Berikut ini, redaksi Ajaib bakal memaparkan beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan di malam hari. Apa saja itu?

1. Editor atau Penulis Lepas

Kerja sampingan ini sangat cocok untuk kamu yang tidak mau jauh dari keluarga di malam hari dan bisa dilakukan secara online. Pasalnya, masih banyak perusahaan yang membutuhkan penulis lepas atau editor untuk website mereka. Kamu bisa mencari pekerjaan jenis ini melalui beberapa situs pencari kerja dengan kata kunci: penulis lepas, freelance writer, atau editor. Kamu juga bisa memilih topik yang dikuasai.

Selain itu, banyaknya tulisan yang dipublikasikan bisa mempertebal kantong kamu. Biasanya, penulis lepas dihargai dengan jumlah artikel yang mereka buat. Harga per artikelnya pun beragam, ada yang Rp35.000 hingga Rp 100.000, bahkan bisa lebih, tergantung pengalaman dan kualitas yang bisa kamu berikan.

Kamu bisa membuat jasa ini dengan lebih mudah dengan pandai mengelola waktu pengerjaan. Misalnya saja menyesuaikan beban pekerjaan dengan aktivitasmu di siang hari. Jika sudah berkembang dan banyak peminatnya, kamu bisa mencoba merekrut penulis lain untuk membantumu dan menjadi agency kecil-kecilan.

2. Jasa Pengantar Barang atau Membeli Makanan

Kebanyakan orang zaman sekarang lebih memilih menukar waktunya dengan uang agar mereka bisa bersantai di rumah. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi kurir pengantar barang atau pembeli makanan. Dengan hadirnya platform ojek online, kamu tidak perlu repot-repot mencari orang yang membutuhkan jasa kamu.

Saat ini juga tersedia pilihan untuk sekedar fokus pada jasa pengantaran barang atau makanan dan tidak memilih menjadi driver penumpang. Sebagian orang menilai jika menyediakan jasa ini lebih menguntungkan dan tidak terlalu melelahkan dibandingkan menjadi tukang ojek online biasa.

Modal yang kamu butuhkan hanya kendaraan dan juga kuota internet. Keunggulan dari kerja sambilan ini adalah kamu bisa melakukannya kapan saja atau ketika ada waktu luang, tidak hanya di malam hari saja. Hanya saja biasanya malam hari menawarkan keuntungan lebih besar karena sebagian orang mager untuk keluar rumah dan akhirnya menggunakan jasamu.

3. Usaha Kuliner

Usaha kuliner rasanya tidak akan pernah mati di mana dan kapan saja. Bisnis kuliner yang berlangsung pada malam hari ternyata banyak dicari oleh konsumen. Masyarakat kita cukup terbiasa dengan jajan atau mencari kuliner sedap di malam hari yang jelas adalah peluang bisnis bagimu.

Nah, kamu bisa membuka bisnis makanan untuk di sekitar rumah pada malam hari. Untuk menjualnya, kamu harus memulainya dari kerabat terdekat dan tetangga di sekitar rumah. Anggap saja ini sebagai uji coba agar kamu tahu apa yang dibutuhkan konsumen.

Dari situ, kamu bisa mendapatkan feedback untuk memperbaiki apa yang kurang dan ketika sudah siap, kamu bisa menjualnya ke pasar yang lebih luas. Jika kamu bingung dengan jenis makanan apa yang harus kamu jual, kamu bisa memulai dengan menjual makanan yang kamu sukai. 

Tak ada salahnya mencoba menawarkan seleramu ke publik. Jika beruntung maka kuliner tersebut akan menjadi resep khas milikmu yang tiada duanya. Ada sejumlah kuliner yang cocok dijual di malah hari misalnya saja cemilan gurih, nasi goreng atau bakso.

4. Membuka Warkop (Warung Kopi)

Membuka kedai kopi kecil-kecilan di depan rumah adalah bisnis yang sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan uang yang berlimpah. Hal ini mengingat antusiasme masyarakat di Indonesia terhadap minuman ini sekarang cukup tinggi. Kamu sudah bisa membuka usaha ini dengan bermodalkan teras rumah, mesin kopi yang relatif tidak terlalu mahal, serta sedikit latihan dalam mengolah biji kopi.

Bisa pula bekerja sama dengan membuka franchise merk kopi yang menjanjikan namun tidak butuh modal besar. Dengan demikian, kamu tak perlu repot melakukan riset dan membangun brand kopi miilikmu. Dengan pengelolaan yang baik, kerjaan ini berpeluang untuk berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan.

Bisnis kopi saat ini sudah sangat banyak sehingga dibandingkan beradu rasa, lebih tepatnya bersaing akan konsep usahanya. Jika memiliki konsep yang menarik dijamin konsumen akan lebih mudah tergoda dan membeli jualanmu. Saat ini kuliner yang enak tanpa konsep yang matang rasanya akan sulit untuk bersaing.

Itulah beberapa peluang usaha sampingan yang bisa membantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis sampingan adalah konsisten dalam mengatur waktu dan juga stamina yang kuat.

Memanfaatkan Uang dari Pekerjaan Sampingan Untuk Investasi

Biasanya kita memiliki pekerjaan sampingan karena kebutuhan akan dana yang lebih besar sehingga mencari penghasilan tambahan. Banyak yang kemudian sukses dan bahkan hasil dari pekerjaan sampingan ini bisa melebih pendapatan utamanya. Namun jangan jadikan ini alasan untuk kemudia foya-foya dan menghamburkan uangmu.

Kamu boleh bersenang-senang tapi tetap ingat untuk mengelola keuanganmu dengan benar. Salah satunya yakni mengalokasikan pendapatan tambahan yang kamu terima dari pekerjaan sampingan ini untuk berinvestasi. Uang yang kamu dapat dari gaji utama bisa dipakai untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, tagihan rutin dan kebutuan utama lainnya.

Sedangkan dana tambahan ini untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Misalnya saja dengan menabung dana darurat yang lebih banyak, membayar premi asuransi yang lebih baik atau berinvestasi reksa dana lewat aplikasi Ajaib. Peningkatan penghasilan yang kamu dapatkan harus dibarengi dengan perencanaan yang lebih baik pula.

Kamu bisa mengalokasikan dana awal untuk investasi reksa dana Ajaib dengan dana Rp10.000 saja dan kemudan bisa berkembang lebih jauh dengan investasi lain misalnya saja obligasi atau saham. Dengan demikian, di kemudian hari kamu tak perlu lagi mencari pekerjaan sampingan ketika butuh dana lebih karena imbal hasil investasimu mampu memenuhi kebutuhan ini.

Bacaan menarik lainnya:

Murni, Asfia & Lia Amaliawati (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: Refika Aditama,
Tjiptono, Fandy. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait