4 Keuntungan dari Pekerjaan Rumahan Bagi Ibu Rumah Tangga

pekerjaan rumahan
pekerjaan rumahan

Menjadi ibu pekerja menghadirkan banyak dilema bagi sebagian perempuan. Keinginan untuk mandiri secara finansial dan aktualisasi diri terasa tidak sebanding dengan harus berjauhan dengan buah hati. Tak jarang kemudian banyak yang memutuskan berhenti bekerja kantoran ketika sudah memiliki anak. Namun kini kegalauan itu bisa dipecahkan dengan memiliki pekerjaan rumahan yang juga menghasilkan uang.

Rasanya pro kontra menjadi ibu rumah tangga maupun ibu pekerja selalu terjadi. Beberapa argumen mengatakan jika ibu perlu bekerja salah satunya agar tidak bergantung pada suami dan aktulisasi diri agar terus berkembang. Penghasilan yang didapat juga penting untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Namun ada pula yang berpendapat jika menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan terbaik karena seluruh waktu dan energinya diberikan untuk keluarga. Kaum perempuan tidak perlu bingung untuk mencari uang karena hal itu akan dipenuhi oleh bapak sebagai kepala rumah tangga.

Apapun pilihanmu sebenarnya akan sama baiknya. Pilihan tersebut bisa berbeda-beda tergantung kondisi dan situasi rumah tangga masing-masing. Meski demikian, kamu perlu tahu bahwa kini ada pekerjaan rumahaan yang memberikan win-win solution untuk kebutuhan itu.

Para perempuan, berbekal skill, yang dimiliki bisa memiliki pekerjaan rumahan baik dengan usaha sampingan atau pekerjaan berbasis remote atau freelance. Apalagi saat ini sudah sangat banyak kemudahan yang bisa dimanfaatkan untuk memulainya. Jangan salah, penghasilan yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah tidak kalah dari yang bekerja kantoran.

Misalnya saja jika pernah bekerja di bidang desain grafis maka kamu bisa memilih untuk menjadi seorang freelancer. Kamu hanya bekerja berdasarkan project dan menerima komisi untuk setiap pekerjaannmu. Kamu bisa memilah mana pekerjaan yang akan diambil sesuai dengan waktu yang bisa kamu sisihkan.

Saat ini ada banyak website maupun platform yang menyediakan akses untuk pencarian pekerjaan semacam itu. Bukan hanya desainer grafis, ada banyak pilihan pekerjaan lainnya seperti menulis, entru data sampai dengan konsultan media sosial.

Alternatif lainnya yang lawas namun tak lekang oleh waktu adalah dengan jeli memanfaatkan peluang usaha alias berbisnis. Dahulu para ibu berbisnis dengan membuka toko kelontong di rumahnya untuk menambah penghasilan kini kamu bisa menjual produk secara online dengan bantuan sosial media.

Bisa dengan menjual makanan, pakainan, hasil kerajinan atau produk perlengkapan bayi. Kamu bisa pilih mana yang cocok untuk kebutuhanmu untuk membuat kondisi yang paling nyaman.

Cara ini jauh lebih efektif karena kamu tak membutuhkan modal untuk memiliki toko yang bisa memangkas separuh dari biaya bisnismu. Apalagi jika kamu pandai untuk menggunakan google adsense dan memaksimalkan promosi maka dijamin pekerjaan rumahan ini memiliki omzet yang menjanjikan.

Memiliki pekerjaan rumahan yang menghasilkan uang adalah hal yang sangat amat mungkin. Kamu hanya perlu jeli melihat peluang dan kreatif untuk bisa menyeimbangkan pekerjaan dan profesi sebagai ibu di rumah.

Kelebihan Memiliki Pekerjaan Rumahan, Kombinasi Aktualisasi Diri dan Sayang Keluarga

Memiliki profesi di luar rumah memang menyenangkan, namun bagi seorang pengurus rumah tangga yang harus setiap saat berada di rumah, pekerjaan rumahan jauh lebih mengasyikan. Beberapa ibu rumah tangga banyak yang menjalani bisnis rumahan hingga menjalani profesinya dari rumah seperti menjadi konsultan atau editor tulisan.

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari pekerjaan rumahan untuk ibu rumah tangga:

1. Bekerja Nyaman Tanpa Mengorbankan Keluarga

Dengan pekerjaan rumahan, kamu bisa bekerja dengan santai sambil mengurus anak di rumah. Keuntungan ini tidak banyak didapatkan oleh orang-orang yang bekerja kantoran atau di lapangan. Kamu bisa terus memantau perkembangan buah hati dan memastikan mereka terkontrol dengan baik tanpa merasa kehilangan waktu bersama keluarga.

Bekerja dari rumah juga membuat kamu memiliki fleksibilitas dalam mengenakan pakaian saat bekerja ataupun posisi badan saat bekerja. Jika mau, kamu bisa bekerja sambil tiduran juga. Paling tidak ada banyak waktu yang bisa dihemat dibandingkan bekerja kantoran.

Misalnya saja selama ini butuh waktu 1 jam untuk bersiap ke kantor maka dengan memiliki pekerjaan rumahan maka kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menyiapkan sarapan keluaraga misalnya. Atau bisa fokus berolahraga di rumah di waktu tersebut.

2. Fleksibilitas Waktu Pekerjaan Rumahan

Bagi kebanyakan orang, waktu bekerja adalah pagi hari hingga sore, namun untuk ibu-ibu yang bekerja di rumah, waktu bekerja bisa disesuaikan, menyesuaikan waktu luang yang ada. Menjadi bos untuk waktu bekerja sendiri memang keunggulan bagi mereka yang bekerja dari rumah.

Kamu juga bisa menyesuaikan waktu kerjamu dengan jadwal aktivitas anak. Misalnya saja baru mulai bekerja ketika anak berangkat sekolah atau sedang tidur siang. Hal yang terpenting adalah pandai mengatur waktu dan bersikap disiplin untuk mendapatkan fleksibilitas ini.

3. Tidak Ada Komitmen.

Jika ada tamu yang mengunjungi kamu, kamu selalu dapat melewati pekerjaan selama sehari. Dan, hak istimewa yang didapatkan dari seseorang yang bekerja dari rumah adalah tidak adanya komitmen yang mengekang waktu dan keringat. Tidak harus buru-buru dikejar deadline, jadi menikmati setiap waktu dan setiap pekerjaan yang ada.

Namun bukan berarti kamu tidak punya target yang harus dikejar. Memiliki pekerjaan rumahan berarti kamu bisa membangun sistem sendiri untuk memenuhi target tersebut tanpa terikat dengan metode yang dibuat oleh orang lain.

4. Pekerjaan Rumahan Irit Ongkos

Ruang tamu yang nyaman, dan kamar tidur yang rapih adalah tempat kerja terbaikmu, bahkan setiap sudut rumah yang kamu inginkan. Tidak ada batasan untuk pekerjaan yang bisa kamu lakukan di rumah.

Hanya dengan koneksi internet dengan biaya bulanan yang murah, kamu bisa melakukan pekerjaanmu. Jadinya, kamu tidak perlu ongkos untuk pulang pergi ke kantor, tidak perlu jajan di sekitar kantor karena bisa masak sendiri.

Dengan demikian, kamu bisa menekan banyak pos pengeluaran sembari memaksimalkan pemasukan. Kelebihan dana ini bisa kamu gunakan untuk hal yang berguna misalnya tabungan pendidikan anak atau berinvestasi reksa dana lewat aplikasi Ajaib. Hasilnya akan jauh lebih baik bagi masa depan keuanganmu.

Nah itu dia empat keuntungan dari pekerjaan rumahan. Banyak ibu-ibu rumah tangga yang lebih nyaman untuk bekerja di rumah dan tetap mengurus rumah tangganya. Banyak profesi yang bisa ibu-ibu jalani dan menjalaninya dari rumah.

Salah satunya dengan menjadi konsultan secara offline maupun online, menjadi penulis, bahkan editor atau pengoreksi. Jadi, apakah kamu sudah terinspirasi untuk bekerja di rumah? Apa pilihan profesi kamu?

Peluang Usaha yang Bisa Dikerjakan dari Rumah, Cocok bagi Ibu Rumah Tangga

Berbisnis kerapkali digambarkan sebagai suatu hal yang amat sulit dan menantang sehingga menakutkan bagi sebagian orang. Tak heran banyak orang yang ragu melakoninya termasuk kalangan ibu rumah tangga. Padahal sebenarnya berbisnis tidak sesulit itu asalkan punya niat dan mau berusaha.

Seorang ibu bisa membuat sendiri pekerjaan rumahan dengan merintis bisnis. Idenya tak usah muluk-muluk atau rumit, bisa dengan memanfaatkan skill sederhana yang selama ini dimiliki. Asalkan pandai mempromosikannya dan selalu memberikan layanan terbaik maka dijamin usaha tersebut bisa berkembang.

Apalagi saat ini kita bisa mencuri ilmu berbisnis maupun marketing lewat internet sehingga bisa terus belajar. Banyak pula platform yang memudahkan kita untuk menjalankan pekerjaan rumahan ini. Kesempatan selalu ada bagi orang yang mau berusaha.

Berikut adalah 4 peluang usaha yang bisa dijadikan pekerjaan rumahan oleh ibu penuh waktu antara lain:

1. Gardening

Pertanian herbal adalah salah satu industri yang paling cepat berkembang. Obat-obatan, teh, kuliner, serta lilin dan aromaterapi herbal hanyalah salah satu contoh paling populer. Kalau kamu punya pengetahuan mendalam atau latar belakang pendidikan soal tumbuhan maka bisnis ini bisa dicoba.

Selain herbal, tanaman bunga juga ladang bisnis yang menjanjikan. Salah satu jenis bunga yang selalu populer adalah anggrek. Perawatannya memang cukup rumit namun minat pasar terhadap bunga ini selalu tinggi. Saat ini publik semakin berminat dengan sesuatu yang berbahan organik sehingga tren ini bisa dimanfaatkan.

Cobalah membuat produk bahan alami yang kerap dicari orang misalnya saja sabun, parfum atau sekedar teh. Kamu juga sebaiknya membuat kemasan produk yang menarik sehingga menambah minat beli konsumen.

2. Jasa Membuat Hamper

Tren memberikan hampers sebagai hadiah pernikahan, hari besar atau perayaan lainnya saat ini semakin meningkat. Kamu hanya perlu bakat dan ide kreatif untuk terjun ke bisnis pembuatan hampers ini. Tinggal padu padan kado yang ingin diberikan dan dekorasi yang cantik pada kotak atau keranjang hampers.

Intinya kemasannya menarik agar menarik semakin banyak konsumen. Promosikan bisnis dengan foto yang diposting secara online lengkap dengan brosur daftar harganya. Tawarkan pula ke berbagai perusahaan lewat surel atau ke toko-toko lokal.

3. Wedding Planner atau Bridal Consultant

Kalau kamu sebelumnya sangat menikmati merencanakn pernikahanmu mungkin bisnis ini sangat cocok. Bisnis perencana pernikahan atau konsultan pernikahan sebenarnya punya peluang yang besar. Banyak pasangan yang kerap bingung saat akan melangsungkan pernikahan meskipun memiliki anggaran biaya yang besar.

Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan apalagi jika kamu orang yang sangat terorganisir dan detail-oriented. Pastikan kamu paham jelas bagaimana mengatur pernikahan termasuk sumber daya dan kisaran harga semua kebutuhan mulai dari undangan sampai musik pernikahan.

4. Menjahit

Bisnis menjahit tak melulu soal pakaian atau kebaya. Bisnis menjahit yang bisa dijajal adalah gorden custom yang sesuai dengan desain interior. Kamu bisa fokus pada mendesain, menjahit, dan memasang gorden tersebut langsung ke jendela konsumen. Jasa yang lengkap ini dijamin akan jauh menarik konsumen dibandingkan yang biasa.

Kalau lebih mahir menjahir pakaian, bisa mencoba bisnis kostum anak-anak. gaun ala putri Disney atau animasi yang sedang populer saat ini pasti paling digemari. Tambahkan aksesoris seperti pita rambut, topi, kaos kaki, dan sepatu yang sesuai. Sebagai orang tua, kita sangat paham bahwa pakaian yang lucu untuk anak adalah godaan yang tak tertahankan, bukan?

Memiliki pekerjaan rumahan adalah jawaban yang idela bagi kebutuhan maupun keinginan kita untuk tetap di rumah dan merawat buah hati. Hal ini juga memberikan peluang untuk tetap mempertahankan kemandirian finansial yang sangat penting. Dengan demikian, kita bisa bersiap jika di kemudian hari terjadi hal yang tidak diinginkan atau muncul kebutuhan yang sangat besar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait