Manfaatkan Fitur Google Bisnisku Untuk Mengembangkan Usaha

fitur google bisnisku
fitur google bisnisku

Untuk bisnis, fitur Google Bisnisku cukup direkomendasikan untuk dipakai. Lalu ada apa saja fitur Google Bisnisku? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Google sebagai salah satu perusahaan IT paling terkenal di dunia, bisa dibilang sudah menguasai internet dengan produk-produknya. Ada begitu banyak ragam produk Google dengan fitur masing-masing.

Sebut saja mesin pencari Google yang paling terkenal. Selain itu, beberapa produk Google lain diantaranya adalah : Gmail, Youtube, Google Drive, Google AdWords, Google AdSense, Google Bisnisku, Google PlayStore dan lain sebagainya.

Salah satu produk Google yang bermanfaat bagi para pemilik usaha adalah Google My Business atau dalam versi Indonesia adalah Google Bisnisku.

Fitur Google Bisnisku Adalah?

Google Bisnisku adalah salah satu produk Google berupa fitur yang diperuntukkan bagi para pemilik bisnis. Google Bisnisku akan mendata berbagai informasi terkait berbagai tempat usaha yang terdaftar.

Informasi tersebut akan memudahkan calon pelanggan untuk mendapatkan informasi lengkap terkait tempat usaha bersangkutan. Fitur Google Bisnisku juga memungkinkan sebuah tempat usaha untuk muncul pada berbagai produk Google lainnya, seperti Maps serta hasil penelusuran.

Siapa Saja Yang Bisa Menggunakan Fitur Google Bisnisku?

Semua pemilik usaha boleh dan bisa mendaftarkan tempat usahanya di Google Bisnisku secara gratis. Syarat yang harus dipenuhi adalah, alamat yang digunakan harus valid dan bisa diverifikasi. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pemilik usaha untuk melakukan verifikasi alamat tersebut.

Bagaimana Cara Daftar Google Bisnisku?

Ada dua tahapan untuk Mendaftarkan tempat usaha kamu hingga bisa tampil pada Google Bisnisku.

Melakukan Pendaftaran

Untuk mendaftar pada Google Bisnisku, lakukan beberapa langkah berikut ini :

  • Login ke halaman Google Bisnisku (business.google.com) kemudian login dengan menggunakan akun Google.
  • Masukkan nama bisnis atau tempat usaha yang akan didaftarkan.
  • Masukkan alamat bisnis atau tempat usaha yang akan didaftarkan. Kamu juga mungkin akan diminta memasukkan penanda untuk posisi tempat usaha pada peta, untuk tampilan di Google Map.
  • Akan muncul pilihan apakah kamu ingin menampilkan lokasi bisnis di Google Mapss.
  • Jika tempat usaha kamu tidak melayani pelanggan atau konsumen yang datang, klik tanda “Saya mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan saya.” Lalu klik Selanjutnya.
  • Pilih kategori bisnis tempat usahamu. Klik Berikutnya.
  • Masukkan informasi nomor telepon atau alamat website jika ada, klik Selesai.
  • Pastikan meninjau kembali semua informasi dengan benar, kemudian klik Verifikasi.

Memverifikasi Informasi Tempat usaha

Setelah mengisi form informasi pendaftaran, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan verifikasi. Kebanyakan verifikasi dilakukan dengan mengirimkan kartu pos ke alamat tempat usaha yang didaftarkan.

Memulai Proses Verifikasi

  • Untuk memulai proses verifikasi, klik Surat. Selanjutnya ikuti langkah berikut ini:
  • Masukkan nama penerima kartu pos verifikasi. Google akan mengirimkan kartu pos pada alamat yang didaftarkan pada Google Bisnisku.
  • Terakhir, Klik Kirim kartu pos.
  • Kartu pos akan diterima dalam kurun waktu beberapa minggu, tergantung dari lokasi tempat usaha yang didaftarkan.

Menyelesaikan proses verifikasi

Proses verifikasi dapat diselesaikan setelah kartu pos yang Google kirimkan diterima. Berikut ini langkah yang harus kamu lakukan setelah menerima kartu pos tersebut.

  • Buka kembali website google.com/business
  • Login dengan akun kamu dan klik tombol Verifikasi sekarang
  • Ikuti petunjuk yang terdapat pada website untuk memasukkan kode verifikasi yang terdapat pada kartu pos.
  • Alamat tempat usaha kamu sudah diverifikasi dan resmi terdaftar di Google Bisnisku.
  • Setelah proses verifikasi selesai, kamu bisa mengelola laman Google Bisnisku secara keseluruhan. Mulai dari mengedit informasi bisnis (misalnya menambahkan jam buka, alamat cabang, dll.), menanggapi ulasan jika ada komentar pelanggan, bahkan menambahkan foto sebagai referensi.

Walaupun demikian, diperlukan beberapa waktu hingga tempat usaha kamu bisa muncul pada laman hasil penelusuran Google.

Apa Manfaat Fitur Google Bisnisku?

Google Bisnisku bukan hanya bermanfaat bagi pemilik usaha saja, karena tempat usahanya terdaftar dan dapat muncul dalam rekomendasi hasil pencarian Google.

Google Bisnisku juga bermanfaat bagi calon pelanggan karena bisa mendapatkan informasi lengkap terkait hal yang dibutuhkannya. Masih ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari fitur Google Bisnisku.

Memberikan Informasi Lengkap dan Valid

Karena dikelola langsung oleh pemilik usaha, maka informasi yang tampil pada Google Bisnisku lebih lengkap dan juga valid. Sehingga bisa memberikan informasi terpercaya baik untuk pelanggan baru ataupun lama.

Mendapatkan Promosi Gratis

Terdaftar pada Google Bisnisku juga memungkinkan tempat usaha kamu muncul dalam hasil pencarian Google. Misalnya, jika kamu punya usaha foto copy, saat pengguna mencari tempat foto copy terdekat, maka tempat usaha kamu bisa masuk dalam salah satu rekomendasi.

Tampil Pada Google Map dan Memudahkan Pencarian Lokasi

Tempat usaha pada Google Bisnisku akan muncul dalam penelusuran lengkap disertai lokasi pada Google Maps. Sehingga dapat memudahkan penemuan lokasi oleh pelanggan baru.

Mendapatkan Ulasan dan Rekomendasi Pelanggan

Google Bisnisku juga memberikan fitur ulasan (review) yang dapat diisi oleh para pelanggan yang juga pengguna Google. Mereka bisa memberikan penilaian berupa bintang, ulasan lengkap, serta rekomendasi jika merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Tentu saja ulasan ini sangat penting bagi perkembangan bisnis. Ulasan yang bagus bisa menjadi rekomendasi bagi para pelanggan baru. Sementara ulasan buruk bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan di masa yang akan datang.

Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan

Fitur pada Google Bisnisku bukan hanya memungkinkan untuk menampilkan ulasan dan rekomendasi pelanggan saja. Tapi juga, pengelola bisnis dapat berinteraksi dengan memberikan tanggapan serta menjawab pertanyaan yang masuk dari para pelanggan secara langsung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait