Bisnis & Kerja Sampingan

Cara Membuat Google Form Paling Mudah, Hanya 5 Menit Lho!

cara membuat google form

Ajaib.co.id – Google Form merupakan salah satu layanan gratis dari mesin pencari ini yang memiliki fungsi serba guna. Kamu bisa membuat daftar pendaftaran seminar, survey, atau kebutuhan lainnya dengan ringkas. Sayangnya penggunaannya belum optimal karena masih banyak yang tidak paham cara membuat Google Form.

Pernahkah kamu mendapatkan permintaan untuk mengisi kuesioner riset? Alih-alih mendapatkan banyak berkas survey tersebut, kamu hanya akan dikirimkan link yang bisa diisi secara online. Link tersebut yang digunakan untuk mengirim form yang akan kamu isi. Jelas lebih ringkas, cepat dan mudah bukan?

Google Form merupakan salah satu inovasi yang sangat membantu khususnya dalam penyusunan data dan administrasi. Selain itu, menggunakan form online ini juga lebih ramah lingkungan. Kamu tak perlu untuk menambah penggunaan kertas untuk kebutuhan datamu.

Cara membuat Google Form sendiri sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Kamu tinggal membuat pertanyaan yang ingin diajukan, kutak katik sedikit dan jadi deh. Kamu tinggal kirim formulir online yang sudah buat dan tunggu hasilnya.

Cara Membuat Google Form, Inovasi Digital yang Mempermudah

Bagi sebagian orang, membuat sebuah formulir adalah sebuah tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Pada zaman dahulu, membuat formulir harus dilakukan secara manual. Untuk membuat drafnya, harus dilakukan melalui komputer, dicetak, dan berkeliling untuk menemui responden.

Perlu banyak waktu dan tenaga untuk melakukannya sampai tahap akhir. Namun kecanggihan teknologi memberi banyak bantuan untuk kemudahan ini. Kamu tak perlu lagi keliling membagikan formulir. Cukup buat Google Form dan bagikan lewat kontak sosial media.

Saat ini, kamu tidak perlu membuat formulir secara manual lagi. Sebab, semuanya bisa dilakukan melalui Google Form. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat Google Form, harus mengetahui hal-hal ini. Sebab, Google Form bisa menjadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin membuat formulir.

Cara membuat Google Form pun sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer untuk membuatnya. Selain itu, kamu juga harus memiliki alamat email berbasis gmail. Bahkan kamu bisa membuat formuline online ini hanya dalam 5 menit saja. Jelas cara ini memperingkas pekerjaan yang harus dilakukan bukan?

Berikut cara membuat Google Form step by step:

  • Membuat Akun Google

Sebagian besar orang, pastinya sudah memiliki akun Google. Apalagi, jika smartphone-nya adalah Android. Jika belum memiliki akun Google, kamu hanya perlu membuat akun Google seperti biasanya.

Rasanya semua orang pasti tahu cara membuat akun google. Bukan hanya Google Form, ada banyak lagi fitur yang bisa kamu dapatkan lewat akun tersebut salah satunya Google Drive.

  • Buka Situs Google Form

Selanjutnya, kamu bisa membuka link docs.google.com. Dalam situs ini, kamu bisa memilih template formulir yang diinginkan sesuai kebutuhan. Jika ingin membuat formulir dari Google Drive, kamu bisa menekan menu “New” yang berada di sudut kiri atas. Kemudian, klik “More” dan pilih “Google Forms”.

Kalau kamu membutukan data survei untuk spreadsheet di Google Sheet, bisa membuatnya dengan mengklik “Insert” dan pilih “Form”.

  • Membuat Form

Google Form menyediakan beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan jenis data yang kamu butuhkan. Berbagai jenis pertanyaan yang dapat kamu berikan ke responden adalah jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, dan kotak centang.

Nantinya, istilah tersebut akan berubah menjadi Bahasa Inggris sesuai dengan pengaturan Google kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengajak responden untuk mengunggah file, seperti foto atau dokumen.

Setelah menyusun pertanyaan, kamu hanya perlu menekan tombol “Kirim” yang berada di sudut atas. Kemudian, bagikan link Google Form kamu kepada responden. Setelah itu, jangan lupa centang “perpendek URL” agar link lebih singkat.

  • Lihat Tanggapan Responden

Setelah membagikan Google Form, pastinya kamu ingin melihat hasil survei yang sudah dilakukan. Kamu bisa melihatnya di bagian “Tanggapan” yang terletak di bagian “Pertanyaan”. Kamu bisa melihat versi spreadsheet dengan mengklik pada ikon berwarna merah yang berada di pojok kanan atas.

Mudah bukan? Sejumlah langkah di atas dijamin bisa selesai hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. Kalau kamu punya alokasi waktu yang berlebih, kamu juga bisa kok mempercantik tampilan formulirmu.

Fitur ini seringkali tidak dimanfaatkan pengguna google. Akibatnya banyak yang mengira jika Google Form hanya memiliki tampilan yang polos dan itu itu saja. Padahal kamu juga bisa menentukan gambar atau tema yang cocok untuk formulir tersebut.

Apa Itu Aplikasi Google Form?

Seperti yang kita tahu, Google sangat membantu semua orang dalam melakukan pekerjaan. Salah satunya melalui Google Form yang menyediakan layanan pembuatan formulir online. Untuk bisa menggunakan layanan ini, kamu harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu.

Penggunaan Google Form juga sudah terhubung dengan aplikasi lainnya, seperti Google Drive dan Google Docs. Nantinya, kamu bisa membuka Google Form di smartphone melalui aplikasi Google Drive. Dengan demikian, kamu bisa mengakses formulir tersebut di mana saja dan kapan saja.

Adapun, Google Forms awalnya dimulai sebagai fitur Google Spreadsheet pada tahun 2008 lalu, dua tahun setelah peluncuran asli Sheets. Awalnya kamu bisa menambahkan formulir ke spreadsheet, memformatnya dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulirmu di lembar lain.

Fungsinya memang sangat mendasar namun sangat sukses mencuri perhatian pengguna Google. Maka dari itu kemudian dikembangkan lagi fitur yang lebih canggih untuk mendukung penggunaannya. Google menambahkan lebih banyak fitur ke Forms dari waktu ke waktu dan kemudian resmi menjadi aplikasi yang terpisah pada awal tahun 2016 lalu.

Kini kamu bisa membuat dan mengelola formulir di docs.google.com atau Google forms dengan template dan akses cepat ke semua formulirmu di satu tempat.

Kegunaan Google Form

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Form untuk berbagai kebutuhan, seperti penelitian, survei, dan menyebarkan formulir pendaftaran.

Berikut ini adalah berbagai kegunaan dari Google Form:

  • Membuat formulir untuk kebutuhan pendataan warga.
  • Formulir untuk mengumpulkan data penelitian skripsi atau tugas akhir.
  • Membuat kuis online.
  • Melakukan survei terhadap performa karyawan.
  • Membuat formulir registrasi atau pendaftaran online.
  • Dengan adanya Google Form, kamu tidak perlu khawatir jika datanya hilang. Seluruh data akan tersimpan di server milik Google.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait