Cara Membuat Google Form Paling Mudah, Hanya 5 Menit Lho!

cara membuat google form
cara membuat google form

Ingin mengetahui cara termudah dalam cara membuat Google Form? Simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib ini untuk mendapat jawabannya.

Bagi sebagian orang, membuat sebuah formulir adalah sebuah tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data yang diperlukan.

Pada zaman dahulu, membuat formulir harus dilakukan secara manual. Untuk membuat drafnya, harus dilakukan melalui komputer, dicetak, dan berkeliling untuk menemui responden.

Saat ini, kamu tidak perlu membuat formulir secara manual lagi. Sebab, semuanya bisa dilakukan melalui Google Form.

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana membuat Google Form, harus mengetahui hal-hal ini. Sebab, Google Form bisa menjadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin membuat formulir.

Cara membuat Google Form pun sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer untuk membuatnya.

Sebelum mengulas bagaimana membuat Google Form, kamu harus tahu dulu hal-hal mengenai aplikasi yang satu ini.

Apa Itu Aplikasi Google Form?

Seperti yang kita tahu, Google sangat membantu semua orang dalam melakukan pekerjaan.

Google Form menyediakan layanan pembuatan formulir online. Untuk bisa menggunakan layanan ini, kamu harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu.

Penggunaan Google Form juga sudah terhubung dengan aplikasi lainnya, seperti Google Drive dan Google Docs. Nantinya, kamu bisa membuka Google Form di smartphone melalui aplikasi Google Drive.

Kegunaan Google Form

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Form untuk berbagai kebutuhan, seperti penelitian, survei, dan menyebarkan formulir pendaftaran.

Berikut ini adalah berbagai kegunaan dari Google Form:

  • Membuat formulir untuk kebutuhan pendataan warga.
  • Formulir untuk mengumpulkan data penelitian skripsi atau tugas akhir.
  • Membuat kuis online.
  • Melakukan survei terhadap performa karyawan.
  • Membuat formulir registrasi atau pendaftaran online.
  • Dengan adanya Google Form, kamu tidak perlu khawatir jika datanya hilang. Seluruh data akan tersimpan di server milik Google.

Membuat Google Form dengan Mudah

Kalau kamu belum tahu cara membuat Google Form, tidak perlu khawatir lagi. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, hanya butuh waktu 5 menit saja lho!

Membuat Akun Google

Sebagian besar orang, pastinya sudah memiliki akun Google. Apalagi, jika smartphone-nya adalah Android.

Jika belum memiliki akun Google, kamu hanya perlu membuat akun Google seperti biasanya.

Buka Situs Google Form

Selanjutnya, kamu bisa membuka link docs.google.com. Dalam situs ini, kamu bisa memilih template formulir yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Jika ingin membuat formulir dari Google Drive, kamu bisa menekan menu “New” yang berada di sudut kiri atas. Kemudian, klik “More” dan pilih “Google Forms”.

Kalau kamu membutukan data survei untuk spreadsheet di Google Sheet, bisa membuatnya dengan mengklik “Insert” dan pilih “Form”.

Membuat Form

Google Form menyediakan beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan jenis data yang kamu butuhkan.

Berbagai jenis pertanyaan yang dapat kamu berikan ke responden adalah jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, dan kotak centang. Nantinya, istilah tersebut akan berubah menjadi Bahasa Inggris sesuai dengan pengaturan Google kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak responden untuk mengunggah file, seperti foto atau dokumen.

Setelah menyusun pertanyaan, kamu hanya perlu menekan tombol “Kirim” yang berada di sudut atas. Kemudian, bagikan link Google Form kamu kepada responden. Setelah itu, jangan lupa centang “perpendek URL” agar link lebih singkat.

Lihat Tanggapan Responden

Setelah membagikan Google Form, pastinya kamu ingin melihat hasil survei yang sudah dilakukan. Kamu bisa melihatnya di bagian “Tanggapan” yang terletak di bagian “Pertanyaan”.

Kamu bisa melihat versi spreadsheet dengan mengklik pada ikon berwarna merah yang berada di pojok kanan atas.

Kalau kamu membutuhkan waktu lebih dari lima menit, dapat mempercantik tampilan formulirmu. Kamu juga bisa menentukan gambar atau tema yang cocok untuk formulir tersebut.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait