5 Cara Mendapatkan Uang Dari Google Buat Milenial

cara mendapatkan uang dari google
cara mendapatkan uang dari google

Ingin mengetahui cara mendapatkan uang dari Google? Simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib berikut ini agar tahu langkah-langkahnya ya.

Internet tidak saja sebagai sumber informasi dan bersosialiasi online, tapi juga menjadi sumber penghasilan bagi banyak orang. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang lewat internet. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan google.

Bisa dibilang Google adalah salah satu fitur online yang paling popluer saat ini. Mesin pencari google bahkan sangat diandalkan untuk mengumpulkan berbagai informasi dan pengetahuan.

Perlu diketahui, bahwa produk layanan Google sebenarnya tidak hanya terbatas pada mesin pencari google saja. Masih banyak produk lainnya seperti: google email, google plus, google drive, google chrome dan sebagainya. Bahkan, YouTube juga sudah menjadi bagian dari perusahaan Google saat ini.

Kalau kamu salah satu yang berpikir untuk mencari tahu cara mendapatkan uang dari google, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat. Berikut ini adalah berbagai layanan Google yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang secara online.

Google AdSense

Kalau kamu punya blog atau website, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan layanan yang satu ini. Google AdSense adalah layanan memonetisasi website, dimana kamu bisa mendatangkan uang dari iklan-iklan yang dipasang oleh Google. Bisa dikatakan ini salah satu cara mendapatkan uang dari Google paling mudah.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan uang dari Google AdSense:

  • Buatlah website di WordPress atau Blogger. Kamu bisa membuatnya secara gratis atau berbayar.
  • Isilah website dengan hal-hal yang bermanfaat, artikel yang berkualitas dan relevan. Mungkin, kamu juga bisa belajar optimasi SEO agar artikel kamu bisa terdeketsi mesin pencari google dan mendatangkan banyak pengunjung.
  • Daftarkan website kamu pada Google AdSense di: google.com/adsense kamu juga bisa mendaftarkan langsung melalui widget yang ada di blog atau website kamu.
  • Tunggu sampai Google AdSense menyetujui proses monetisasi di website kamu. Mungkin akan menunggu waktu beberapa waktu sampai website kamu bisa disetujui.
  • Setelah itu, Google akan mulai menampilkan iklan pada website dan blog milikmu.
  • Kamu akan mendapatkan 68% dari bayaran agen iklan yang membayar Google jika iklan tersebut diakses oleh pengunjung.
  • Kunci dari kesuksesan di Google AdSense adalah konten yang menarik dan berkualitas sehingga website bisa populer dan memiliki traffic tinggi.

YouTube

Sepertinya semua orang yang bermain internet tidak ada yang tidak kenal dengan Youtube. Platform video streaming gratis dimana kamu tidak hanya bisa menonton, tapi juga mengupload hasil videomu sendiri.

Sekarang Youtube juga sudah bisa menjadi sumber penghasilan. Tidak main-main, sudah banyak Youtuber Indonesia yang berhasil mendapatkan penghasilan hingga milyaran rupiah per bulan. Mereka ini dikenal dengan para vlogger.

Cara mendapatkan uang dari google Youtube memang susah susah gampang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Youtube melalui ponsel, atau akses pada PC di www.youtube.com
  • Buat akun Youtube Channel kamu.
  • Buat konten menarik dan upload di akun Youtube milikmu.
  • Promosikan akun Youtube kamu dan jangan lupa atur monetisasi pada akun kamu,
  • Setelah memiiki minimal 1000 subscibers dan 10.000 views, Google akan secara otomatis menampilkan iklan pada video kamu. Dari iklan itulah kamu akan mendapatkan uang dari Google.

Vlogger di Indonesia sendiri sudah tidak terkira banyaknya. Bahkan, banyak selebritas yang sudah memiliki penggemar bejibun, juga punya channel YouTube sendiri. Artinya, penghasilan dari YouTube ini memang sangat menggiurkan. Bahkan, banyak yang menjadikan vlogging sebagai pekerjaan fulltime dan punya kantor sendiri!

Kamu bisa membuat konten vlog tentang apa saja. Tapi harus diingat juga, bahwa yang paling penting dalam membuat konten YouTube tersebut harus unik, bermanfaat, informatif dan seru. Jauhi juga hal-hal yang sifatnya pornografi, perbuatan tidak menyenangkan (pencemaran nama baik, bicara kasar, dll.) serta SARA. Untuk menghindari video kamu dilaporkan penonton.

Google AdMob

Cara mendapatkan uang dari google selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan Google AdMob. Mirip Google AdSense, hanya saja AdMob diperuntukkan bagi kamu yang suka membuat aplikasi Google Android.

Tentunya untuk menggunakan layanan ini, kamu harus memiliki kemampuan mengembangkan aplikasi Android. Selanjutnya, Google AdMob akan menampilkan iklan di dalam aplikasi untuk dilihat pengguna. Banyak pengembang memonetisasi dengan AdMob untuk aplikasi versi gratisnya. Agar bebas iklan, pengguna aplikasi harus membayar layanan aplikasi premium.

Google Pay

Di era digital seperti saat ini pastinya kamu sudah mengenal produk-produk e-wallet kan? Ternyata Google juga punya layanan pembayaran digital peer to peer atau e-wallet-nya sendiri yang bernama Google Pay. Cara mendaftarnya pun mudah saja.

  • Download aplikasi Google Pay
  • Buat akun dan pendaftaran
  • Tambahkan akun bank yang akan terhubung dengan Google Pay.
  • Kamu akan mendapatkan UNI PIN yang bisa digunakan sebagai pengaman saat bertransaksi pembayaran dengan Google Pay.

Untuk cara mendapatkan uang dari google Pay maka kamu harus mengundang teman-teman dengan membagikan link referral agar mereka juga ikut menggunakan Google Pay. Untuk setiap transaksi pertama dari pengguna baru tersebut, kamu akan mendapatkan uang referensi.

Google My Business

Kalau kamu sudah memiliki usaha dan ingin meningkatkan penghasilan dengan promosi yang lebih luas, kamu bisa manfaatkan layanan Google yang satu ini. Namanya Google My Business. Dengan mendaftar di Google My Business, maka tempat usaha kamu akan mudah terindex dalam mesin pencari Google..

Lokasi usaha kamu juga bisa ditemukan secara mudah pada Google Map. Maka jangan heran, jika setelah mendaftar Google My Business, konsumen kamu bisa datang dari mana saja, bahkan dari luar kota, Berikut ini adalah cara mendaftar Google My Business:

  • Download aplikasi Google My Business atau kunjungi website: www.google.com/intl/id_id/business/
  • Daftarkan tempat usaha dan isi lengkap informasi yang dibutuhkan.
  • Sesuaikan alamat tempat usaha pada Google Maps
  • Pilih verifikasi alamat dan masukkan nama penerima.
  • Setelah itu, tunggulah hingga kartis pos dari Google datang ke tempat bisnis kamu, sebagai bukti bahwa alamat yang tertera benar adanya. Setelah menerima surat baru kamu bisa melanjutkan verifikasi.
  • Buka kembali Google My Business dan masukkan kode verifikasi yang dikirim ke alamat kamu.
  • Lengkapi berbagai informasi profil Google My Business hingga selesai.
  • Setelah itu, kamu tinggal tunggu saja para pelanggan baru yang menghubungi dan mendatangi tempat usahamu.

Itulah berbagai cara mendapatkan uang dari Google. Kamu bisa pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Apakah sekadar mencari receh, dijadikan sumber penghasilan, atau untuk mengembangkan bisnis yang sudah ada. Semuanya bisa sama-sama menghasilkan uang jika kamu melakukannya dengan tepat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait