Milenial

Fitur OK Google: Cara Aktifkan di Layar via Android Termudah

cara aktifkan ok google

Ajaib.co.id – Melalui fitur OK Google, kini kamu bisa mencari informasi melalui media suaramu, untuk cara aktifkan OK Google kamu bisa baca artikel berikut. Perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google, terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik untuk penggunanya, khususnya bagi kamu yang ingin mencari informasi melalui mesin pencarian mereka.

Jika sebelumnya, kamu ingin mencari segala informasi di internet pasti salah satu layanan yang kamu gunakan, yaitu Google Search. Dimana, kamu akan mengetikkan kata kunci yang ingin ditelusuri. Kini, kamu bisa memanfaatkan fitur OK Google, yaitu fitur baru milik Google dengan media suara untuk mencari informasi di mesin pencarian milik mereka. Praktis bukan?

Memberikan Banyak Informasi Berguna

Dimana, fitur OK Google bisa kamu manfaatkan untuk memberikan informasi. Hal ini sangat berguna sekali bagi kamu jika yang sewaktu-waktu tidak bisa mengetik. Dikarenakan, kamu sedang sibuk dalam berkendara contohnya saja menyetir mobil.

OK Google juga bisa kamu manfaatkan ketika melakukan chat  dengan kerabat melalui Whatsapp dengan cukup suara saja tanpa perlu mengetik. Layanan OK Google juga memiliki berbagai bahasa, salah satunya adalah Bahasa Indonesia.

Nah terus jika kita ingin menggunakan fitur OK Google di ponsel pintar, bagaimana caranya nih? Biar kita bisa menggunakan media suara untuk membalas chat dan lain sebagainya.

Biar nggak tambah penasaran, berikut ini Ajaib berikan informasinya terkait bagaimana cara aktifkan OK Google di ponsel pintar kamu.

Cara Aktifkan OK Google di Layar Manapun

Tentu unik bukan rasanya, jika Google bisa memahami perintah yang disuruh oleh kamu melalui smartphone. Biar kamu bisa menikmati fitur OK Google ini, kamu perlu mengaktifkan OK Google dengan cara mengaturnya di menu setting atau setelan Google sebagai berikut.

a. Pastikan device dan aplikasi Google kamu sudah paling ter-update, karena tidak semua perangkat ponsel pintar yang bisa menggunakan layanan OK Google ini. Untuk menggunakan OK Google minimal sistem operasi android kamu Kitkat 4.4 dan aplikasi Google yang ter-install versi 3.5

b. Jika sudah memastikannya, kamu bisa mulai dengan masuk ke Google Chrome atau Google Search di ponsel Android-mu

c. Setelah itu, Kamu perlu pilih dan masuk ke menu setelan. Pada tampilan di ponselmu akan muncul berbagai pilihan seperti akun & privasi, pribadi, video, suara, dan lain sebagainya.

d. Pilihlah pilihan “Suara” dan ubah pengaturannya menjadi “Aktif”

e. Berikutnya, kamu bisa mencoba tap OK Google di layar manapun, jika fitur OK Google tidak muncul di layar kamu. Kamu disarankan untuk mengganti bahasanya menjadi Bahasa Inggris di menu pilihan “Suara” yang ada di “Setelan”

f. Selanjutnya, kamu klik “Dari layar mana pun” dan muncul tombol “Berikutnya” untuk diklik

g. Jika sudah, kamu nantinya akan diminta untuk mengucapkan OK Google, Hey Google seperti yang diminta dan ikuti saja intruksinya

h. Hal ini untuk melakukan sinkronisasi antara fitur OK Google dengan suaramu nantinya ketika kamu hendak menggunakan fitur ini

i. Kamu sudah bisa menikmati dan menggunakan OK Google pada ponsel pintar Android-mu

Jika kamu mengikuti sembilan langkah dan instruksi yang Ajaib berikan, kamu sudah bisa menggunakan OK Google di smartphone Android kesayanganmu nanti.

Bisa Bahasa Indonesia

Saat ini, layanan OK Google sudah mengerti perintah suara dalam Bahasa Indonesia, dan jika kamu mengaktifkan OK Google melalui layar mana pun, berarti ketika dalam keadaan terkunci sekalipun kamu bisa menggunakan OK Google. Beberapa perintah umum yang dimengerti oleh OK Google, dimana kamu bisa mencobanya di ponsel pintar Android-mu.

Fitur OK Google atau Google Assistant yang Belum Banyak Orang Ketahui

Banyak orang yang belum memahami fitur OK Google dan menggunakan Google Assistant. Bukan hanya untuk mencari aplikasi ataupun mengirim pesan. Google App satu ini juga bisa membantu kamu membuka aplikasi, menemukan kafe favorit, mencari lirik lagu, hingga bisa membantu kamu yang masih jomblo untuk didongengi atau digombalin.

Itulah cara mudah untuk mengaktifkan OK Google di ponsel pintar Android-mu, dimana kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas untuk mengaktifkan OK Google dengan cepat dan tanpa ribet tentunya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait