Berbagai Macam Trik Whatsapp Bisnis yang Perlu kamu Ketahui

trik whatsapp bisnis
trik WhatsApp bisnis

WhatsApp merilis Whatsapp Bisnis pada September 2017. Bila diulik, sebenarnya ada trik WhatsApp Bisnis yang tidak bisa ditemukan pada WhatsApp reguler. Trik ini tentunya berguna untuk diimplementasikan di bisnis kamu.

WhatsApp Bisnis memungkinkan pebisnis lebih komunikatif dengan konsumennya, serupa dengan konsep yang diusung aplikasi Line. Aplikasi ini bisa menggunakan sekaligus menambahkan nomor telepon rumah atau kantor meskipun sah-sah saja menggunakan nomor seluler.

Fitur ini memungkinkan pebisnis untuk menyetel balasan otomatis jika mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengaturan ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru.

Perlu diketahui juga, selain menginformasikan profil perusahaan, seperti jam operasional, situs resmi, dan lokasi, pebisnis juga bisa memilih kategori bisnis yang tersedia. Tidak melulu perusahaan besar, WhatsApp Bisnis juga terbuka untuk UKM dan usaha kecil lainnya. Jika kategori bisnis tidak terdapat di pilihan yang tersedia, bisa memilih kategori: Others.

Trik WhatsApp Bisnis

Seperti halnya versi reguler, WhatsApp Bisnis juga membutuhkan nomor ponsel yang aktif. Sebagai catatan, bahwa WhatsApp Bisnis tidak bisa menggunakan nomor yang sudah pernah atau sedang digunakan di WhatsApp standar. Jadi, jika kamu ingin menggunakan nomor yang sama, kamu harus memilih salah satu, tetap berada di versi standar atau beralih menjadi versi bisnis.

  • Langkah pertama, unduh dahulu aplikasi WhatsApp Bisnis dari Play Store.
  • Setelah terpasang, jalankan aplikasi seperti biasa dan tap Agree and Continue untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya. Saat muncul jendela popup, tap Continue dan tap Allow beberapa kali.
  • Berikutnya, masukkan nomor ponsel yang ingin digunakan.
  • Biasanya, sistem akan secara otomatis mengenali kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan singkat. Tetapi jika tetap diminta, silahkan buka pesan SMS yang dikirim, kemudian ketikkan kode verifikasi yang terdapat di dalam pesan tersebut.
  • Tahap selanjutnya, isi nama bisnis kamu, pastikan terisi dengan benar karena nama ini tidak akan bisa diubah di kemudian hari. Dan selesai, akun WhatsApp Bisnis kamu sudah berhasil dibuat, kamu sudah bisa langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan konsumen.

Cara Membuat Greeting Message

Greeting Message juga membantu pengelola bisnis untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi kamu setelah 14 hari tanpa komunikasi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka menu Settings – Business Settings – Greeting Message.

Posisikan tombol ke On, kemudian edit kata sambutan yang menurut kamu paling ramah dan membuat pelanggan merasa dihormati. Jangan lupa tap tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Cara Membuat Jawaban Cepat (Quick Replies)

Di WhatsApp Bisnis, kamu juga bisa membuat jawaban cepat yang dipicu dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat waktu karena tidak harus mengetik satu atau dua kalimat penuh dari awal.

Caranya, buka menu Settings – Business Settings – Quick Replies.

Defaultnya ada satu quick replies yang sudah dibuat, yaitu thanks yang berisi ucapan terima kasih. kamu bisa menambahkan quick replies lain, kita contohkan quick replies untuk permintaan maaf. Tap ikon plus di kanan bawah, kemudian ketik pesan permintaan maaf yang paling sopan, dan juga shortcut pilihan kamu.

Terakhir tap tombol Save. Selanjutnya, setiap kali kamu mengetikkan kata kunci / maaf, maka aplikasi akan secara otomatis mengirimkan pesan permintaan maaf versi penuh yang sudah kamu ketikkan sebelumnya.

Berguna sekali kan trik WhatsApp bisnis ini? Selain lebih praktis, segudang fitur ini juga bisa membantu mengembangkan bisnis kamu lho.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait