Apa Itu Google Play dan Pengaruhnya Terhadap Dunia Digital

apa itu google play
apa itu google play

Apa itu Google Play? Simak ulasan dari redaksi Ajaib ini untuk mengerti lebih jauh mengenai produk dunia digital ini.

Dengan adanya industri teknologi yang semakin berkembang, kini kehidupan secara perlahan beralih menjadi digital life. Dewasa ini, hampir semua orang memiliki smartphone, Namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana kehidupan digital ini dilihat sebagai sebuah peluang dimana apa yang berkembang di masyarakat dibuat menjadi sebuah investasi yang mendatangkan keuntungan.

Berkembangnya dunia teknologi digital juga berpengaruh pada lifestyle masyarakat. Berbagai macam aplikasi bermunculan di Google Play, mulai dari game hingga kebutuhan lifestyle.

Jika kamu mengetahui peluangnya, aplikasi yang kamu download melalui Google Play juga dapat menjadi aset yang menguntungkan sebagai sebuah investasi di masa yang akan datang jika disesuaikan dengan fungsi dan kegunaan yang dibutuhkan oleh konsumen.

Apa itu Google Play?

Jika kamu penasaran, kamu bisa memulainya dengan mempersiapkan aplikasi yang ingin kamu kembangkan. Kamu juga harus melakukan kerjsama dengan pembuat aplikasi atau programmer karena mereka memiliki akun di Google Play Developer Console sebagai media yang merilis aplikasi yang dibuat kepada masyarakat luas.

Untuk mempunyai akun di Google Play Developer Console kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan masuk ke bagian Accept Developer Agreement dan melakukan persetujuan. Jika kamu setuju makan kamu akan diarahkan untuk membayar biaya registrasi, biaya ini akan dikenakan sebanyak satu kali saja.

Setelah itu kamu akan diminta untuk melengkapi data akun pribadi, ikuti langkah selajutnya dan setelah sukses melakukan pendaftaran makan kamu aka bisa langsung mengakses Google Play Developer Console milik kamu.

Merilis Aplikasi dengan Cepat

Google Play biasanya akan merespon dengan cepat dalam perilisan aplikasi baru dan waktunya hanya membutuhkan beberapa jam saja. Pada saat ingin meluncurkan aplikasi milikmu, langkah yang dapat dilakukan adalah menekan tombol publish an android app pada Google Play di halaman utama Google Play Developer Console.

Kamu juga harus memastikan bahwa aplikasi yang kamu buat merupakan aplikasi yang sudah sempurna dan tidak memerluka revisi kecuali ada pembaharuan yang akan dilakukan setelah sekian lama aplikasi dirilis. Biasanya pembaharuan juga akan diberitahukan dalam bentuk notifikasi kepada seluruh pengguna.

Setelah itu kamu juga dapat memilih bahasa yang kamu inginkan dan mencantumkan judul aplikasi yang kamu inginkan. Langkah ketiga adalah menekan tombol upload APK lalu kamu tinggal mengunggah file dari aplikasi yang bersangkutan, terakhir kamu bisa mengecek bagaian store listing yaitu tempat dimana aplikasi tersebut akan diinformasikan secara lebih detail dengan informasi yang berhubungan.

Tugas programmer hanya utuk melakukan pengecekan apakah aplikasi akan digratiskan atau dibayar dan dimana saja aplikasi dapat didownload.

Platform selain Google Play

Selain Google Play, kamu juga bisa menggunakan vendor-vendor dan platform lain. Tapi perlu diingat carilah vendor atau platform yang terpercay seperti MIT App Inventor, AppyPie, AppYet, AppsGeyser, dan Andromo.

Kamu juga bisa belajar membuat aplikasi untuk diunggah di Google Play Untuk mendapatkan keuntungan dan melakukan investasi melalui aplikasi Google Play di vendor atau platform yang sudah disebutkan. Karena membuat aplikasi sekarang sudah bisa dilakukan dengan mudah dan tidak mengharuskan kamu untuk memiliki kemampuan coding.

Investasi Google Play

Untuk mendapatkan keuntungan dan melakukan investasi melalui aplikasi Google Play maka kamu harus memastikan juga apakah aplikasi tersebut memang berguna dan dibutuhkan oleh orang banyak? Kebanyakan aplikasi gratis memiliki nilai investasi yang tinggi namun tidak jarang juga aplikasi premium yang berbayar sepi peminat.

Kamu harus mengetahui dan memikirkan matang-matang apabila ingin melabeli aplikasi yang kamu buat sebagai aplikasi gratis atau aplkasi berbayar karena sekali diberi label maka selamanya tidak dapat dirubah menjadi label lainnya.

Banyak orang yang sudah meraih keuntungan dari aplikasi yang dibuatnya, bahkan nilai sahamnya mempunyai angka yang fantastis. Ada juga yang rela menjual aplikasi yang mereka sudah buat dengan keuntungan yang berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan modal pembuatan aplikasi tersebut.

Tugas programmer jika ada kejadian seperti ini adalah membuat kembali aplikasi lain sebagai modal untuk melakukan investasi dengan harapan akan mendapatkan keuntungan yang sama dengan keuntungan yang sebelumnya sudah didapatkan.

Oleh sebab itu, Google Play menjadi salah satu pilihan tepat terlebih untuk para developer dan programmer untuk menanamkan modal dengan membuat aplikasi yang berguna untuk banyak orang, dan memiliki sasaran yang tepat.

Apa itu Google Play telah dijawab dalam ulasan ini. Untuk milenial yang mau mencoba merambah ke dunia digital, sebaiknya tahu tentang ini ya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait