3 Tips Menggunakan Dompet Digital dengan Bijak

seseorang sedang menyelesaikan transaksi menggunakan aplikasi dompet digital dari smartphone

Dompet digital atau dikenal juga dengan e-wallet atau uang elektronik memungkinkan penggunanya untuk melakukan aktivitas keuangan yang terdigitalisasi tanpa harus beranjak menuju gerai ATM (Automated Teller Machine). Namun, tidak semua orang memahami cara menggunakan dompet digital dengan bijak.

Dompet digital saat ini bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sepanjang awal tahun 2019 saja, Bank Indonesia mencatat transaksi uang elektronik senilai lebih dari Rp56 triliun yang terekam dari berbagai platform. Angka ini melonjak dari catatan tahun 2018 yang menunjukkan angka Rp47 triliun dari transaksi uang elektronik dan Rp12 triliun di tahun sebelumnya.

Perkembangan teknologi finansial telah membawa perilaku masyarakat menuju cashless society. Hal ini tentu saja berdampak positif bagi percepatan inklusi keuangan dan pemerataan ekonomi digital di Indonesia. Tentu saja, kehadiran inovasi teknologi finansial seperti ini mempermudah kehidupan masyarakat karena proses aktivitas keuangan yang menjadi lebih cepat, efektif dan efisien.

E-wallet memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi tanpa uang dan ATM, cukup dengan melakukan scan barcode dari aplikasi dompet digital yang terpasang di dompet kamu maka kamu dapat melakukan pembelian baik secara online maupun offline. Persyaratan untuk dapat memiliki akun e-wallet juga tidak rumit.

Terlebih lagi, sekarang ini telah banyak dompet digital yang dirilis oleh aplikasi transportasi online sehingga saldo di akunmu bisa langsung digunakan untuk memesan kendaraan online. Selain itu, cukup mudah untuk melakukan top up atau pengisian ulang saldo di akun dompet digitalmu. Top up dapat dilakukan melalui transfer ATM, internet banking, dan mobile banking, membuat pengguna aktif bulanan lebih mudah memastikan saldo dompet digital terus terisi.

Dengan semakin menjamurnya layanan dompet digital di Indonesia, penggunanya juga harus semakin cerdas dan bijak dalam memanfaatkan inovasi teknologi finansial yang satu ini agar terhindar dari pemborosan yang sia-sia.

Batasi Top Up Saldo Bulanan

Mungkin kamu adalah salah satu tipe orang yang akan semakin konsumtif ketika menyimpan sejumlah uang di dompet digital. Kepraktisan yang ditawarkan dari banyaknya layanan dompet digital memang menghadirkan sisi negatif, terutama bagi kamu-kamu yang masih belum bisa menahan keinginan konsumtif.

Sebelum menerjunkan diri untuk memakai salah satu layanan dompet elektronik untuk memenuhi pembayaran digital, perlu kamu pahami bahwa dana yang kamu transfer sebagai deposit untuk aku di aplikasi e-wallet milikmu bukanlah dana hilang. Artinya, kamu harus bisa memperlakukan dana itu sama seperti kamu memperlakukan uang di dompetmu maupun rekening bank.

Perlu dipahami bahwa aplikasi dompet digital apapun adalah alat pembayaran yang mempermudahmu menghabiskan uang. Oleh karena itu, pengelolaan e-money sangat harus dipantau, sama seperti kamu memantau pengelolaan uang tunai. Jangan sampai saldo yang kamu targetkan untuk digunakan memenuhi kebutuhan dalam seminggu, malah habis dalam sehari karena buta terhadap promo belanja online.

Dalam kasus ini, kamu harus pintar-pintar mengatur strategi yang bisa membantumu menahan diri agar tidak memanfaatkan layanan dompet digital untuk menuruti hasrat konsumtifmu.

Caranya? Mudah saja. Jika kamu perhatikan, beberapa layanan dompet digital sudah menyediakan fitur untuk membantu kamu mengatur limit harian untuk dapat melakukan top up uang harian. Fitur ini sangat cocok jika kamu biasa mengisi uang elektronikmu melalui instant top up atau m-banking.

Dengan cara ini, kamu bisa membatasi transaksi yang kamu lakukan melalui dompet digitalmu.

Manfaatkan Promo

Jika kamu sudah pandai mengelola jumlah saldo di akun dompet digital milikmu, maka kamu bisa dengan nyaman menggunakan e-wallet ini sebagai sistem pembayaran masa kini.

Dikarenakan eksistensinya yang masih terbilang baru di dunia teknologi finansial Indonesia, banyak sekali layanan dompet digital yang berlomba-lomba menggaet hati pengguna dengan memberikan promo dengan keuntungan berlimpah.

Wajar saja, strategi ini adalah salah satu kunci memenangkan persaingan yang cukup ketat. Bagaimana tidak, per Mei 2019 saja tercatat ada 38 layanan dompet digital yang direstui pemerintah untuk beroperasi.

Salah satu promo yang gencar dilakukan adalah diskon atau cashback hingga 50% yang akan berlaku di beberapa gerai makanan tertentu. Tentu saja, dalam metode cashback, uang kembali yang kamu dapatkan berupa nominal saldo di akun dompet digital milikmu.

Memiliki beberapa akun dari aplikasi e-wallet yang berbeda merupakan metode yang bijak karena biasanya mereka mengadakan promo cashback di hari yang berbeda-beda. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih dari sehari dalam seminggu.

Jangan Sepelekan Password

Pada umumnya, setiap layanan dompet digital akan memintamu memasukkan password atau PIN untuk bertransaksi. Nah, penting untuk menjaga baik-baik keamanan password atau PIN yang kamu miliki. Masalahya, transaksi digital, di samping efisien dan praktis juga membawa banyak ancaman.

Tidak sedikit kasus penipuan yang mengakibatkan pengguna kehilangan sejumlah saldo uang elektronik miliknya. Apapun yang terjadi, jangan berikan PIN kepada orang lain. Perlakukan akun e-wallet seperti kamu memperlakukan rekening bank.

Nah, biasanya ketika ada oknum yang ingin mencoba mereset PIN dompet digital, sistem aplikasi e-wallet akan mengirimkan pesan keamanan yang berisi kode OTP (one-time-password) untuk dapat mengakses kembali akun dompet elektronik kamu. Selalu ingat untuk tidak pernah membagikan kode OTP ini kepada siapa pun. 

Selain itu, perhatikan juga kombinasi angka atau huruf yang kamu rangkai sebagai PIN dan password. Pastikan kamu sudah membuat PIN yang kuat dan tidak dapat mudah diterka oleh sembarang orang. Hindari memasang PIN dengan kombinasi angka seperti “1234” atau “0000”.

E-wallet telah menjadi salah satu aspek penting dalam lifestyle yang semakin moderen. Baik untuk mengikutinya, asalkan tetap dalam kaidah pengelolaan finansial yang baik agar kamu tidak terlena dengan kemudahan yang diberikan untuk melakukan transaksi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Bacaan menarik lainnya:

Mace, Janice. (2007). Trip of a lifetime Money Management.
Ahmad Zaenudin. 2019. Dompet Digital Semakin Banyak, Pengguna Belum Tentu Diuntungkan di tirto.id.

Share to :
Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Artikel Terkait