6 Tips Menggunakan Dompet Seluler Anda

test alt text
Smartphone saat ini dapat digunakan untuk banyak hal bahkan untuk melakukan pembelian. Anda dapat menyimpan informasi pembayaran Anda, baik berupa kartu kredit atau nomor kartu debit, di dalam aplikasi di ponsel Anda, seperti Apple Pay atau pembayaran Android dan menggunakan ponsel Anda untuk melakukan pembayaran di mana pun toko tersebut memiliki kemampuan. Untuk menyelesaikan pembayaran seluler, cukup pegang ponsel Anda di dekat terminal tempat penjualan yang membaca informasi pembayaran yang disimpan di ponsel Anda dan memproses transaksi.
Dalam beberapa hal, pembayaran seluler lebih aman, hacker lebih sulit mendapatkan akses ke detail kartu kredit Anda dalam pelanggaran data. Itu karena informasi keuangan Anda yang sebenarnya tidak ditransfer selama transaksi. Sebagai gantinya, versi kode dari detail kartu kredit Anda digunakan untuk mengesahkan pembayaran. Bahkan dengan fitur keamanan canggih, masih ada beberapa tips keamanan pembayaran seluler untuk dipertimbangkan untuk memastikan informasi keuangan Anda tidak terganggu.
# Hanya Gunakan Platform Pembayaran yang Aman dan Terpercaya
Jika Anda akan menambahkan informasi pembayaran di telepon Anda, gunakan perangkat lunak atau penyedia pembayaran yang aman dan terpercaya. Ada banyak aplikasi pembayaran dan dompet virtual di luar sana. Pilih satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kompatibel dengan aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Jika Anda cenderung sering menggunakan layanan kendaraan online, masuk akal untuk menggunakan dompet virtual yang kompatibel dengan aplikasi itu.
Di sisi lain, aplikasi pembayaran seluler yang dibuat oleh hacker dapat dibuat dengan tujuan mengumpulkan informasi kartu kredit Anda dan membiarkan informasi Anda terbuka. Berhati-hatilah dalam memilih aplikasi pembayaran seluler pihak yang Anda unduh dari internet.
# Unduh Hanya Aplikasi yang Dapat Dipercaya
Anda tidak hanya harus yakin bahwa Anda menyimpan informasi pembayaran di aplikasi terpercaya, tetapi juga berhati-hati dengan aplikasi lain yang Anda unduh ke perangkat Anda. Beberapa mungkin mengandung spyware atau malware yang dirancang untuk menangkap informasi pembayaran Anda dan mengirimkannya kepada hacker tanpa Anda sadari.
# Kunci Ponsel Anda dari Jarak Jauh Jika Hilang atau Dicuri
Anda dapat menggunakan pengelola perangkat Android untuk mengunci atau menemukan ponsel yang hilang atau dicuri dengan membuka android.com/devicemanager. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk iPhone dengan masuk ke iCloud.com. Dan untuk perangkat Windows, buka windowsphone.com.
# Gunakan Perlindungan Kata Sandi Yang Kuat
Pertama, pastikan Anda tidak membiarkan ponsel Anda tidak terkunci. Tanpa keamanan di ponsel Anda, pencuri dapat dengan cepat dan mudah masuk ke ponsel Anda dan mengakses informasi pribadi dan keuangan apa pun yang telah Anda simpan.
Kata sandi yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi ponsel Anda dan informasi yang tersimpan di dalamnya. Ya, itu berarti kata sandi Anda harus lebih kuat daripada “1234”. Kalau perlu, ubah kata sandi Anda sesering mungkin. Jangan abaikan beberapa fitur keamanan lain yang ditawarkan pada ponsel terbaru. Fitur seperti pengenalan wajah, pemindaian iris, dan pembukaan kunci sidik jari bahkan bisa lebih aman daripada kata sandi atau PIN.
Jika Anda menggunakan kata sandi atau PIN untuk melindungi ponsel Anda, berhati-hatilah saat menekan angka PIN tersebut, penjahat dapat melihat dari balik bahu Anda untuk melihat Anda saat memasukkan kata sandi.
# Jangan Kirim Informasi Penting Melalui Wi-Fi Publik
Setiap informasi yang melewati wi-fi publik dapat diakses oleh semua orang yang dapat mengakses wi-fi itu yang memiliki kemampuan tersebut. Itu berarti informasi pembayaran Anda dapat disadap jika Anda menggunakan ponsel untuk melakukan pembelian online. Anda lebih aman menggunakan jaringan seluler operator telepon Anda atau wi-fi yang dilindungi kata sandi rumah Anda.
# Mengurangi Risiko Penipuan
Dompet digital memberi Anda manfaat untuk tidak membawa uang tunai saat Anda berbelanja. Itu juga berarti bahwa Anda tidak perlu membuka seluruh saldo bank Anda saat berbelanja. Maka dompet digital di smartphone Anda adalah yang terbaik untuk pembelian yang relatif kecil.
# Gunakan Kartu Kredit
Kartu kredit memiliki perlindungan penipuan yang jauh lebih baik daripada kartu debit. Sebagian besar kartu debit tidak memiliki kebijakan pertanggungjawaban penipuan yang menghilangkan risiko Anda atas tagihan tidak sah yang dibuat untuk akun kartu kredit Anda. Dengan kartu kredit, di sisi lain, ada kemungkinan bertanggung jawab atas semua uang yang diambil dari akun Anda. Bahkan jika bank Anda akan membereskan tuduhan penipuan, Anda tidak ingin harus menunggu mereka menyelesaikannya. Jika seorang pencuri memperoleh akses ke informasi pembayaran seluler Anda, lebih baik kartu kredit Anda yang diambil daripada kartu debit Anda.
# Monitor Akun Kartu Kredit Anda
Periksa transaksi kartu kredit Anda sesering mungkin, bahkan jika Anda memiliki ponsel Anda dan Anda telah menggunakan semua tindakan pencegahan keamanan yang tepat. Seorang pencuri yang telah memperoleh akses ke informasi keuangan Anda melalui beberapa cara lain, dapat menambahkan informasi pembayaran Anda ke perangkat seluler mereka dan menggunakannya untuk melakukan pembayaran.
Memeriksa akun Anda secara berkala akan memungkinkan Anda untuk mendeteksi biaya mencurigakan dengan cepat. Laporkan biaya tidak sah ke penerbit kartu kredit Anda. Jika Anda mencurigai bahwa informasi kartu kredit Anda telah diambil, Anda dapat menerima nomor akun baru dan sepenuhnya menghindari biaya penipuan tambahan.
Pada 2019, ponsel akan menjadi salah satu cara pembayaran yang populer. Gunakan tips-tips diatas untuk memastikan pengalaman pembayaran smartphone Anda lancar dan aman. Jika Anda merasa nyaman dengan dompet digital, Anda juga bisa menggunakannya untuk menabung dan berinvestasi.
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com