Apa Itu Kartu Kredit, Keuntungan dan Fiturnya?

Apa Itu Kartu Kredit: Keuntungan dan Fiturnya
Apa Itu Kartu Kredit: Keuntungan dan Fiturnya

Tak bisa dipungkiri lagi, hampir semua orang menginginkan pola hidup yang praktis. Salah satunya adalah transaksi non-tunai yang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Dengan transaksi non-tunai, mereka tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Untuk menjawab hal tersebut, bank menghadirkan kartu kredit untuk memudahkan transaksi non-tunai. Kartu kredit memiliki keuntungan dan fitur yang beragam. Biasanya, kartu kredit dilengkapi dengan berbagai penawaran yang menarik. Jika kamu ingin menggunakan kartu kredit, berikut ini adalah keuntungan dan fitur yang bisa kamu dapatkan. Lalu apa itu kartu kredit, keuntungan, dan fiturnya?

Apa Itu Kartu Kredit?

Kartu kredit merupakan alat pembayaran elektronik yang diluncurkan oleh bank kepada nasabah. Setelah kamu bertransaksi menggunakan kartu kredit, maka pihak bank akan membayar terlebih dahulu. 

Saat tanggal jatuh tempo, bank akan menagih utang tersebut kepada kamu. Jika kamu tidak bisa membayar, maka akan dikenakan bunga tagihan. Kartu kredit pun juga memiliki limit. Artinya, kamu tidak bisa menggesek kartu kredit secara berlebihan dan membayarnya saat tanggal jatuh tempo. Jumlah limit tersebut tergantung pada jenis kartu kredit dan penghasilanmu.

Selain itu, kartu kredit tidak ada kaitannya dengan rekening tabungan. Namun, kartu kredit memiliki biaya dan bunga jika melakukan penarikan tunai di ATM.

Cara Kerja dari Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit dimulai dengan merchant yang akan mengambil kartu kreditmu untuk melakukan transaksi. Setelah itu, kamu tinggal menggesek kartu kredit ke mesin pembayaran. Kemudian, kamu harus memasukkan nomor PIN atau menandatangani slip transaksi.

Transaksi yang dilakukan pun bersifat kredit. Saat jatuh tempo, bank akan menagih seluruh tagihan kartu kredit. Seluruh transaksi yang dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo tidak akan dikenakan bunga. Bunga akan berlaku jika tagihanmu menumpuk.

Tanggal jatuh tempo tergantung ketentuan bank. Bunga yang ditagih untuk pelunasan tagihan, biasanya cukup besar dan mencapai 3% dari total tagihan di bulan tersebut.

Keuntungan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai pemegang kartu kredit. Namun, kamu juga harus bijak dalam menggunakan kartu kredit. Lalu apa itu keuntungan kartu kredit?

a. Nyaman dan Praktis

Sama halnya dengan kartu debit, kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang besar untuk melakukan transaksi keuangan.

b. Aman

Jika kartu kredit kamu hilang atau dicuri, maka kamu bisa langsung memblokir kartunya sebelum uangmu disalahgunakan.

c. Ada Keuntungan Tambahan

Kartu kredit juga menawarkan beragam keuntungan, seperti cashback, travel, reward, diskon, dan berbagai promo lainnya.

d. Pinjaman dalam Jangka Pendek

Jika kamu tidak memiliki uang yang cukup saat keadaan darurat, maka kamu bisa meminjamnya melalui kartu kredit sesuai kredit limit.

e. Pengeluaran Bisa Terlacak

Seluruh jenis transaksi kartu kredit akan tercantum dalam tagihannya.

f. Transaksi Online yang Mudah

Kartu kredit dapat membantu kamu dalam melakukan transaksi online secara mudah. 

Fitur yang Ada di Kartu Kredit

Meskipun kartu kredit memberikan banyak manfaat, penggunaannya yang berlebihan bisa memicu kehancuran keuanganmu. Sebaiknya, kamu memilih kartu kredit dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

a. Program Cicilan Bunga 0%

Pastinya, kamu sudah sering melihat iklan yang menawarkan program cicilan bunga 0%. Fitur ini memudahkan kamu ketika membeli barang dengan cicilan tanpa dikenakan biaya tambahan. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakan fitur tersebut, karena kamu harus membayarnya tepat waktu. Umumnya, ada ketentuan dari retailer bahwa produk yang dibeli tidak dapat ditukar atau dikembalikan.

b. Mencairkan Uang Tunai

Saat ini, ada sebuah fitur kartu kredit yang dapat mencairkan sejumlah uang seperti kartu debit, sehingga kartu ini bisa digunakan untuk tarik tunai. Namun, fitur ini cukup berbahaya jika tidak dikelola secara baik. Pencairan dana tersebut biasanya akan dikenakan bunga pinjaman yang tinggi dan biaya administrasi (fee).

Surat Edaran BI (SEBI) No. 14/34/DASP, Bank Indonesia (BI) telah menetapkan biaya penarikan tunai sebesar 2,95% per bulannya. Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya administrasi yang dibebankan.

c. Menukar Nilai Mata Uang Asing

Fitur menarik lainnya dari kartu kredit adalah bisa digunakan di luar negeri. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai. Konversi nilai mata uang asing yang ditawarkan oleh kartu kredit berbeda-beda. Kalau kamu sering berpergian ke luar negeri, maka kamu membutuhkan fitur kartu kredit dengan nilai tukar yang terjangkau.

Umumnya, ada sejumlah fee untuk melakukan transaksi di luar negeri. Sehingga, nilai tukar bukanlah satu-satunya pertimbangan dalam memilih kartu kredit.

d. Reward atau Poin

Setiap kamu bertransaksi menggunakan kartu kredit, maka akan mendapatkan reward atau poin. Reward tersebut biasanya bisa ditukar dengan cashback, voucher belanja, dan hadiah lainnya.

e. Potongan Harga

Kartu kredit biasanya bekerja sama dengan retail tertentu, sehingga kamu bisa mendapatkan potongan harga jika berbelanja menggunakan kartu kredit. Jumlah diskon yang diberikan cukup bervariasi, dan sesuai dengan kesepakatan dari pihak bank dan retail tersebut.

Itulah beberapa hal terkait kartu kredit, fungsi dan keuntungan menggunakan kartu kredit. Sebalum kamu membuatnya, pastikan kamu telah memahami beberapa hal penting di atas ya, jangan sampai kamu malah tergiur dan menjadi beban buat kamu! Setalah kamu yakin dan konsisten bisa mengelola keuangan dengan baik, kamu bisa melakukan pembuatan kartu kredit di bank yang bisa meneribitkan kartu kredit tersebut seperti BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, dan masih banyak lagi.

Bacaan menarik lainnya:

Dendawijaya, Lukman. (2005). Manajemen Perbankan , Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Bogor: Ghalia Indonesia


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait