4 Perbedaan Konsultan Bisnis Freelance dan Independen

Konsultan Bisnis Independen dan Freelance

Sebagai konsultan freelance atau konsultan independen, kamu akan melakukan pekerjaan proyek untuk bisnis yang tidak memiliki afiliasi langsung dengan kamu. Kedua peran ini memberi kamu kesempatan untuk menawarkan layanan kamu kepada banyak klien dan bekerja untuk diri sendiri alih-alih sebagai karyawan perusahaan.

Namun, jika kamu bekerja sebagai konsultan independen, kamu mungkin tidak selalu menjadi freelancer. Karena kamu mungkin bekerja untuk perusahaan tertentu yang memberikan kontrak kepada banyak klien dan menawarkan kamu pekerjaan itu. Perbedaan lain dalam peran konsultan bisnis ini termasuk struktur gaji potensial, pengaturan pekerjaan, persyaratan perjalanan, prospek kerja dan pendidikan.

Ini adalah empat perbedaan freelance konsultan bisnis dan konsultan bisnis independen yang harus kamu tahu.

1. Upah Konsultan Bisnis

Konsultan freelance memiliki kemewahan menetapkan gaji mereka sendiri. Bergantung pada industrinya, seorang pekerja lepas dapat meminta perusahaan untuk membayar berdasarkan jam, proyek, atau hari. 

Konsultan pemasaran freelance, misalnya, mungkin menggunakan biaya per jam untuk menentukan berapa banyak biaya untuk suatu proyek. Jika konsultan independen dipekerjakan oleh perusahaan dan disewa untuk klien, perusahaan menetapkan biaya dan membayar sebagian dari biaya ini kepada konsultan independen. 

2. Jenis Lingkungan Kerja

Konsultan freelance biasanya bekerja di luar rumah, sesekali melakukan kunjungan ke tamu atau klien mereka saat dibutuhkan. Seorang konsultan freelance copywriter misalnya, kebanyakan bekerja di kantor pusat, menyerahkan rancangan proyek selama proses penulisan. Satu-satunya saat konsultan menuju ke kantor klien adalah untuk pertemuan pertama, kemudian berpotensi untuk bertemu dengan para pemimpin pemasaran atau perancang dalam proyek tersebut.  

Konsultan independen yang dipekerjakan oleh perusahaan, bekerja baik di kantor pusat atau di kantor klien. Misalnya, seorang konsultan independen yang bekerja di bidang komunikasi mungkin datang untuk memberi kuliah dan mengawasi sistem tempatnya bekerja, tetap tersedia untuk staf klien selama satu atau dua hari penuh. 

3. Persyaratan Pendidikan dan Pengalaman

Konsultan freelance tidak perlu membutuhkan pendidikan khusus untuk bekerja di lapangan, meskipun juga itu sangat membantu. Seorang konsultan freelance dapat meluncurkan situs web, membagikan kartu nama dan menerima klien di mana pun ia berada.

Konsultan independen yang bekerja untuk perusahaan konsultan, di sisi lain memungkinkan membutuhkan latar belakang pendidikan dan profesional dalam suatu industri. Seorang konsultan independen di bidang TI, misalnya, kemungkinan akan membutuhkan latar belakang komputer dan pemrograman komputer untuk disewa oleh perusahaan konsultan TI.

4. Prospek dan Harapan Kerja

Konsultan freelance harus memasarkan diri mereka sendiri, menyampaikan nama mereka kepada pembuat keputusan jika mereka berharap mendapatkan pekerjaan. Mereka mencari di internet untuk tawaran menjadi freelance, mengirim permintaan email perusahaan dan mengirim kartu pos dan selebaran ke calon pelanggan yang potensial.

Konsultan independen yang bekerja untuk perusahaan konsultan tidak ditugaskan untuk hal ini. Perusahaan menemukan klien dan kemudian menyelaraskan prospek dengan konsultan.

Nah itu dia empat perbedaan antara seorang freelance konsultan bisnis dan konsultan bisnis independen. Jadi, kamu lebih cocok sebagai seorang freelance atau seorang independen dalam bidang konsultan bisnis? Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait