Freelancing, Alternatif Cara Untuk Tambah Penghasilanmu

Generasi milenial sekarang semakin jeli mencari penghasilan tambahan selain kerja penuh waktu yang biasanya dijalani sebagai karyawan kantoran. Selain dengan menjadi enterpreneur, cara yang kini sedang menjadi tren adalah bekerja dengan sistem freelancing.

Freelancing tidak lain adalah cara untuk menghasilkan uang dengan memberikan layanan yang kamu kuasai, kepada orang lain yang membutuhkannya. Kamu dibayar untuk waktu yang kamu habiskan untuk melakukan pekerjaan. Jenis freelance worker yang biasanya banyak dicari seperi admin social media, graphic design, web design, dan writing freelancers.

Beberapa diantara freelance work ini biasanya dikerjakan per project, maksudnya kamu dibayar sesuai jumlah pekerjaan yang kamu ambil atau jumlah jam kerjamu. Namun adapula yang sifatnya long term dengan satu perusahaan tertentu dengan kontrak yang disepakati. Jam kerja yang disepakati juga ada yang setara full time di kantor yakni 40 jam per minggu.

Freelancing career banyak diminati para generasi milenial karena sifatnya yang working from home alias menjadi remote workers. Hal ini karena sekaligus bisa menghindari penatnya jalanan ketika harus berangkat ke kantor atau konflik lainnya. Pekerjaan ini juga cocok bagi orang yang lebih menyukai independent work karena kamu benar-benar menyelesaikan seluruh proses pekerjaan sendirian.

Namun kini tren kerja freelancing juga banyak diminati oleh para ibu muda yang biasanya ingin tetap bekerja sembari mengurus anaknya. Freelancing salah satunya didukung oleh kemudahan teknolgi dan internet sehingga remote work alias kerja di rumah mungkin dilakukan.

Menjadi Lebih Kaya Dengan Kerja Freelancing

Istilah freelace sendiri diperkenalkan kepada dunia pertama kali oleh Sir Walter Scott. Penulis dari Inggris ini menggunakan istilah free lance untuk mendeskripsikan tentara bayaran pada abad pertengahan di novelnya Ivanhoe. Para tentara itu bekerja secara lepas, mereka berperang untuk orang yang membayarnya.

Istilah inilah yang kemudian mendunia dan berlaku sampai saat ini. Kerja frelancing sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Penghasilan yang didapatkan juga memadai dan bisa melampaui orang yang bekerja kantoran. Ditambah dengan bonus kamu tak perlu merasakan konflik internal kantor yang kadangkala menggangu kinerja.

Hanya saja tak semua orang menyadari potensi keuangan dunia freelancing. Jika pun sadar, banyak yang tak tahu cara melakukannya atau memulainya. Dianggapnya jika tak punya kemampuan yang mumpuni dalam hal komputer dan internet maka kerja freelancing mustahil dilakukan.

Padahal nyatanya tidak demikian. Ada banyak pekerjaan dan kebutuhan yang bisa dilakukan dengan sistem freelancer ini. Permasalahannya, kamu hanya perlu mencari di tempat dan cara yang tepat. Ajaib akan memberikan bantuan bagimu yang ingin bekerja freelancing untuk menambah penghasilanmu selama ini.

Bagaimanakah caranya memulai untuk menjadi freelancing?

# Pilih Bidang Keahlian

Kamu pastinya ingin dikenal sebagai ahli dalam suatu bidang, baik itu membuat situs web, menulis artikel, mendesain logo, atau membuat kampanye SEO yang sukses. Oleh karena itu, kamu perlu tahu di mana letak kekuatanmu. Potensi dirimu itulah yang kamu jadikan aset untuk kerja freelancing, apakah sebagai desainer logo atau admin media sosial.

Sedikit tips untuk kamu yang baru pertama kai memulai. Pilih bidang yang kamu minati, miliki keterampilan yang dapat dipasarkan, dan rela dibayar berapa saja asalkan sesuai oleh klien ketika pertama kali memulai. Paling tidak ini akan menjadi langkah awal bagimu membangun resume sebagai freelance worker.

# Mendaftar Di Beberapa Situs Freelancing

Ketika kamu ingin memulai menjadi freelancer, akan sulit untuk mendapatkan proyek yang sesuai. Pasalnya kamu belum memiliki koneksi yang sesuai untuk mendapatkan pekerjaa yang cocok dengan keahlianmu. Sebagai solusinya, bergabung lah ke berbagai situs freelancer.

Mendaftar di beberapa situs web freelance dan menawar proyek yang dapat kamu tangani merupakan salah satu langkah yang tepat. Beberapa situs yang paling populer adalah Freelancer, Kerja keras, Elance, Peopleperhour, Fiverr dengan million freelancers yang telah bergabung di seluruh dunia.

 Situs tersebut merupakan freelance marketplaces tempat bertemunya potential client dan professional services termasuk kamu. Tidak jarang klien yang kamu dapatkan berasal dari negara yang berbeda sehingga biasanya kamu butuh akun Paypal untuk memulai kerja freelance ini.

Sama seperti berinvestasi, terlalu banyak situs web lepas juga dapat mengganggu fokus pekerjaanmu. Pilihlah situs web 3 atau 4 teratas dan fokuslah untuk mendapatkan pekerjaan dari sana. Pindahlah hanya jika kamu tidak mendapatkan proyek apapun dari situs web tersebut untuk jangka waktu yang lama.

# Mulai dengan Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Mulailah menawar dengan harga sangat rendah untuk memulai di situs web freelance. Setelah kamu berhasil menyelesaikan beberapa proyek dan telah mengumpulkan beberapa ulasan positif, kamu dapat mulai mengenakan tarif yang wajar.

Ingat untuk selalu mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Fokuslah pada beberapa proyek khusus sebelum mengambil proyek yang jauh lebih besar. Untuk memenangkan proyek yang lebih besar, kamu harus memiliki reputasi yang kuat di situs web freelance tersebut. Ini biasanya membutuhkan usaha berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk membangunnya.

Kamu dapat menjadi freelance di hampir semua jenis pekerjaan, baik dari proyek pembelajaran mesin pencari hingga pekerjaan seperti entri data sederhana. Berikut adalah beberapa yang paling populer di mana orang-orang dari Indonesia menghasilkan banyak uang: Les online, Desain web dan Desain Grafis, dan Penulis Konten.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang ketika mereka mulai dengan pekerjaan freelancer:

# 1: Tidak memastikan kelayakanmu untuk melakukan pekerjaan freelancer

Pekerjaan freelancer dapat menjadi ilegal jika kamu bekerja penuh waktu dan kontrak kerjamu mencegahmu bekerja untuk orang lain. Hal ini biasanya tertera dalam surat perjanjian kerja yang kamu tanda tangani ketika pertama kali masuk kantor.

Sebelum kamu mulai menerima proyek freelance, pastikan kamu diizinkan secara hukum untuk menerima proyek paruh waktu. Periksa kontrak yang ada yang mungkin berlaku dalam kasusmu dan pahami benar apakah kamu bisa melakukannya atau tidak.

Beberapa perusahaan membiarkan karyawannya bekerja freelance selama tidak mengganggu kinerja atau ada di satu bidang yang sama. Ada pula korporasi yang melarang tegas karyawannya untuk bekerja secara freelance dalam bentuk apapun.

# 2: Mencoba memainkan perang harga

Ketika kamu mulai, kamu pasti akan mencoba untuk memotong harga tawaran orang lain untuk memenangkan proyek. Tapi itu bukan strategi jangka panjang yang berkelanjutan. Kamu berpotensi merusak harga atau tarif normal yang berlaku di pasaran dan bisa berpengaruh buruk buatmu.

Selain itu, kamu juga akan sulit mendapatkan harga yang layak jika terlalu jauh menjatuhkan harga pasaran. Mulailah untuk menagih tarif nominal begitu kamu telah memiliki reputasi yang bagus di situs web lepas.

# 3: Tidak menindaklanjuti setelah penawaran untuk suatu proyek

Selalu tindak lanjuti setelah penawaran untuk suatu proyek. Ini menunjukkan kepada client bahwa kamu serius tentang pekerjaan itu. Ini juga membantumu menonjol dari ribuan pelamar lain yang mencoba memenangkan proyek. Sebanyak 99% dari mereka tidak menindaklanjuti penawaran yang sudah ditawarkan.

 Tips Kerja Freelancing Dengan Jam Kerja Setara Kantoran

Selain itu, terdapat juga beberapa tips bagi kamu yang giat untuk menghasilkan lebih banyak uang dengan jumlah jam kerja yang sama antara lain:

# 1: Bangun merek pribadi

Situs freelance adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan proyek awal. Namun, kamu perlu membuat merek di luar situs web freelance. Biarkan klien menemukanmu alih-alih kamu mengejar klien yang ingin membuat Mercedes Benz dengan harga Toyota Avanza.

Beberapa pengalaman freelancer yang sukses menunjukkan ketika klien menemukanmu melalui referensi pribadi atau situs web, mereka lebih bersedia untuk menyetujui harga yang kamu tawarkan tanpa mencoba untuk menawar. Kesepakatan juga lebih lancar karena orang-orang yang datang kepadamu memiliki masalah nyata yang perlu diselesaikan dengan cepat.

# 2: Fokus pada pelanggan tetap

Lebih mudah menjual ke pelanggan yang sudah ada daripada yang baru. Setelah kamu membangun hubungan dengan majikan, pertahankan. Kebanyakan orang lebih suka bekerja dengan seseorang yang mereka sukai bahkan jika biaya kamu lebih tinggi.

# 3: Bekerjasama dengan freelancer lain untuk memberikan solusi yang lengkap

Mungkin kamu yang terbaik dalam hal pengkodean aplikasi web yang efisien. Namun, ketika datang ke keterampilan desainmu, ada banyak yang harus ditingkatkan. Jika Kamu terikat dengan desainer kreatif yang baik, sekarang kamu dapat menyediakan layanan desain web yang lengkap.

Proyek yang lebih besar biasanya datang dengan persyaratan yang lebih kompleks. Jika kamu memiliki sumber daya yang dapat kamu manfaatkan, yang terbaik adalah mengambil proyek dan mengalihdayakan bidang-bidang yang tidak termasuk dalam keahlianmu.

 

Jika tidak yakin dengan freelance penuh waktu, mulailah dengan paruh waktu. Setelah kamu merasa lebih nyaman dengan pendekatan kerja-dari-rumah (work from home) dan kamu mulai mendapatkan upah yang setara dengan gaji penuh waktumu secara konsisten, kamu bisa bekerja penuh waktu.

Risiko berlaku untuk pekerja freelance dan juga si pemberi kerja. Sebagai seorang freelancer, sebelum berkomitmen pada suatu proyek, lihatlah peringkat dan riwayat perekrutan orang yang telah memposting pekerjaan. Terkadang, kamu akan memiliki lebih banyak proyek daripada yang dapat kamu tangani. Terkadang, kamu mungkin tidak memiliki proyek sama sekali. Oleh karena itu, sangat penting juga bagi seorang freelancer memiliki dana darurat.

 

 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait