Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

6 Jenis Student Jobs yang Cocok Untuk Mahasiswa

student jobs

Butuh student jobs untuk mendapatkan penghasilan? Belakangan banyak lowongan kerja mahasiswa yang bisa dilakukan. Contohnya seperti yang ada dalam ulasan ini.

Mahasiswa semester akhir biasanya sedang sibuk-sibuknya untuk melakukan berbagai macam persiapan menjelang skripsinya. Namun satu hal yang tidak kalah penting adalah pengalaman bekerja yang nantinya akan sangat dibutuhkan saat tamat kuliah.

Beberapa mahasiswa umumnya mencari pekerjaan sampingan yang disebut ‘Student Jobs’ untuk mencari pengalaman. Namun ada juga yang memang melakukan student jobs karena kebutuhan-kebutuhan yang perlu ia penuhi.

Tidak harus melulu sesuai dengan jurusan kuliah, mahasiswa juga bisa memiliki pekerjaan sampingan atau student jobs yang berbeda dari apa yang ia pelajari. Hanya saja dalam pekerjaan sampingan ataupun freelance ini, seharusnya fleksibel dengan waktu dan jam kuliah mahasiswa.

Jika kamu masih penasaran dengan ragam student jobs yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu kamu yang bermanfaat di sela-sela kuliah, berikut beberapa student jobs yang cocok untuk mahasiswa :

Tutor atau Guru Les

Menjadi tutor atau guru les, memang banyak dijadikan sebagai student jobs oleh mahasiswa-mahasiswa untuk menambah uang saku mereka. Bahkan beberapa kampus, ada yang menyediakan fasilitas mahasiswa untuk menjadi seorang guru les. Jika kamu menguasai materi-materi pelajaran sekolah, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi guru les bukan?

Desainer

Jika kamu memiliki bakat desain atau mengambil jurusan desain dalam kuliah kamu, menjadi desainer flreelance atau part time sangat menjanjikan. Selain bayaran yang kamudapatkan cukup menarik, pengalaman ini tentunya akan menjadi nilai tambah kamu dalam CV kamu kelak.

Untuk mencari pekerjaaan desainer freelance atau part time saat ini tidaklah sulit. Melalui aplikasi online pencari kerja ataupun advertising-advertising seputaran kampus, umumnya juga mempekerjakan mahasiswa dan sangat memiliki waktu toleransi saat kamu hendak melaksanakan jam kuliah.

Waiter atau Barista

Menjadi seorang pelayan di sebuah cafe sangat cocok untuk para mahasiswa semester akhir. Hal ini mengingat bahwa cafe biasanya memiliki jam kerja shift, sehingga sangat sesuai jika kamu sedang berkuliah.

Tugas seorang pelaya juga tidaklah sulit dan membutuhkan pemikiran yang luar biasa memusingkan, kamu hanya perlu terbiasa dengan pekerjaan-pekerjaan dapur seperti menyediakan makanan, minuman dan merapihkan meja.

Penulis Lepas

Selain itu, ada juga pekerjaan yang tidak terlalu menguras waku dan dapat dilakukan dimana saja. Seperti misalkan menjadi penulis lepas. Mahasiswa yang sedang berkuliah juga memiliki kegiatan organisasi sehingga jika memilih bekerja sebagai penulis lepas, maka kamu hanya butuh memanage waktu seefisien mungkin untuk menulis.

Ini sudah jelas tidak akan mempengaruhi waktu kuliah kamu. Hanya butuh manajemen waktu yang benar-benar terstruktur dan sistematis. Menjadi penulis lepas kini lebih mudah karena kamu tidak perlu sulit mencari bahan tulisan kamu dimana internet sudah mengcover apapun yang kamu cari. kamu hanya perlu bermodalkan laptop dan koneksi internet tentunya.

Fotografer

Menjadi seorang fotografer lepas adalah sebuah hobi yang mendatangkan keuntungan. Selain waktu yang tidak menyita, menjadi seorang fotografer lepas juga tidak dibayar murah karena setiap seni dan detail yang kamu hasilkan tentunya ada nilainya.

Misalkan saja kamu menjadi fotografer wedding atau pre-wedding. Jelas biayanya sungguh menggoda. Selain itu, menjadi fotografer juga tidak melulu menunggu momen yang ada, namun kamu dapat menciptakan momen-momen untuk kamu rangkai menjadi sebuah karya fotograsi yang memiliki nilai.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait