Saham

Rekomendasi Saham untuk Mahasiswa, Cek Daftarnya

Rekomendasi Saham untuk Mahasiswa, Cek Daftarnya

Ajaib.co.id – Investasi kini menjadi salah satu topik yang sering dibicarakan kaum milenial, khususnya para mahasiswa. Banyak mahasiswa yang mulai tertarik untuk terjun di dunia investasi, salah satunya investasi saham. Pertanyaan yang sering ditemukan terkait investasi saham ini adalah apa rekomendasi saham untuk mahasiswa?

Bursa Efek Indonesia Mendukung Mahasiswa untuk Investasi Modal Minim

Nah, bagi kamu para mahasiswa yang ingin terjun di dunia saham, kini kamu tidak perlu khawatir memulai investasi saham. Karena, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah membuat kebijakan yang berpihak pada investor pemula dengan budget terbatas. Di mana, kamu sebagai mahasiswa bisa untuk membeli 1 lot saham dengan modal yang kecil dan masuk dengan kantong mahasiswa.

Ini menjadi salah satu peluang baik bagi para mahasiswa yang ingin mempersiapkan dana di masa depan dibanding harus menghabiskan uang untuk nongkrong atau ngopi, lebih baik sisihkan sedikit setiap uang saku bulanan dan belajar menjadi seorang investor.

Tips Memulai Investasi Saham bagi Mahasiswa

Untuk memulai investasi saham, kamu bisa memulainya dengan modal kecil terlebih dulu sambil memahami dengan baik bagaimana cara bermain saham di pasar modal.

1. Belajar Saham

Karena statusmu masih pemula, ada baiknya kamu belajar terlebih dulu mengenai perekonomian dunia, analisis fundamental, dan analisis teknikal. Di mana, analisis teknikal adalah analisa yang didasarkan dari grafik atas pergerakan harga, sedangkan analisis fundamental lebih mempelajari mengenai situasi ekonomi, sosial, dan politik.

2. Lakukan transaksi dalam jangka panjang

Nah, karena kamu masih mahasiswa dan masih belum memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman yang cukup di dunia saham, penting untuk kamu melakukan transaksi saham dalam jangka panjang dan tidak mengambil risiko untuk melakukan transaksi dalam jangka pendek atau trading saham.

Dengan melakukan transaksi jangka panjang, risiko yang kamu terima lebih kecil untuk mengalami kerugian dibanding kamu mengambil risiko besar saat melakukan trading jangka pendek.

3. Beli saham perusahaan besar

Untuk bermain saham dengan aman, kamu juga bisa memilih saham dari perusahaan-perusahaan besar yang memiliki stabilitas tinggi serta konsumen yang banyak di pasar saham dan memiliki kecenderungan bertumbuh dan defensif dalam jangka panjang.

Perlu kamu ingat juga, investasi saham adalah investasi yang fluktuatif dan bisa bergerak naik turun. Sehingga, kamu sebagai investor yang ingin membeli saham harus pintar memilih instrumen investasi.

Daftar Rekomendasi Saham untuk Mahasiswa

Kamu bisa memilih saham blue chip. Di mana saham blue chip adalah saham perusahaan yang sudah mapan dan sehat dari segi finansial maupun fundamental, juga tergolong konsisten untuk menyampaikan laporan keuangannya.

Bukan hanya itu, saham blue chip juga memiliki tingkat kapitalisasi pasar yang sangat tinggi serta merupakan penguasa di sektor industri masing-masing. Dengan membeli saham blue chip, kamu akan mendapat penghargaan berupa dividen reguler yang terjadwal.

Jenis saham ini cocok bagi kamu para mahasiswa karena bisa memberikan imbal hasil yang baik di masa depan dalam jangka waktu panjang. Lalu, saham perusahaan apa saja yang masuk dalam kategori blue chip?

1. Bank Central Asia (BCA) – BBCA

Perusahaan ini dikelola dengan efektif dan efisien sehingga memiliki ROA atau Return on Asset yang paling tinggi bila dibandingkan dengan bank lain. Inilah yang membuat saham BCA memiliki volume 11.378.100 lembar saham dengan harga terakhir Rp33.025 per 9 Maret 2021.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI) – BBRI

Saham BBRI memiliki performa yang baik serta tergolong aktif dalam perdagangan bursa efek. Dengan kapitalisasi pasar yang fantastis sebesar Rp 372,35 triliun per 31 Maret 2020, jumlah saham BRI yang beredar di market mencapai 123.345.810.000.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja saham BRI adalah adanya komitmen yang kuat untuk terus memberikan kredit pada usaha kecil seperti UMKM. BRI juga sering melakukan stock split yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat terhadap saham ini.

3. Unilever – UNVR

Unilever merupakan perusahaan consumer goods terbesar di Indonesia yang produknya sudah dikenal dan digunakan oleh masyarakat. Unilever memiliki ROE 100 persen sejak 2014 dan mencapai 14 persen pada tahun 2018. Dengan tingginya ROE tersebut membuktikan bahwa Unilever mampu menghasilkan laba secara rutin yang dapat dibagikan kepada para pemegang saham.

4. Telkom Indonesia – TLKM

Perusahaan ini memiliki konsistensi tinggi dalam memperoleh laba bersih dari tahun ke tahun. Meskipun kondisi pasar dan ekonomi sedang tak pasti, kondisi saham Telkom cenderung stabil dan tidak anjlok. Mengingat Telkom merupakan perusahaan penguasa di bidang telekomunikasi, tidak heran jika saham Telkom cenderung diburu oleh investor untuk nilai yang tidak turun terutama untuk jangka waktu panjang.

5. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk – ICBP

Saham perusahaan produsen mie instan satu ini tergolong saham blue chip karena mapan dan memiliki fundamental baik. Di mana, perusahaan ini mengalami pertumbuhan penghasilan secara konsisten dari tahun ke tahun dan mampu menghasilkan laba dengan ROE hingga 21 persen dan ROA sebesar 13,7 persen.

6. Bank Mandiri – BMRI

Bank Mandiri cenderung stabil karena mampu menyeimbangkan pertumbuhan kredit dan laba bersih. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki performa jangka panjang dengan return stabil sehingga cocok diinvestasikan dalam jangka panjang.

7. PT Astra International Tbk – ASII

Perusahaan ini tercatat memiliki 6 lini bisnis seperti otomotif, jasa keuangan, teknologi informasi, alat berat, infrastruktur, dan juga logistik. Dengan dukungan beberapa anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang perakitan dan distribusi mobil, penjualan alat berat, pertambangan, perkebunan dan teknologi informasi, perusahaan ini tergolong mapan dan berkuasa di Indonesia.

8. Aneka Tambang Tbk – ANTM

Aneka Tambang atau Antam merupakan perusahaan BUMN Indonesia yang aktif bergerak di bidang eksplorasi, penambangan, pengolahan dan pemasaran sumber daya mineral. Antam memiliki komoditas utama yang diperdagangkan seperti biji nikel, feronikel, emas, perak, serta bauksit. Perusahaan ini juga memiliki jasa utama yaitu pengolahan serta pemurnian logam mulia.

9. PT Gudang Garam Tbk – GGRM

PT Gudang Garam Tbk merupakan perusahaan rokok ternama di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1958 dan sudah sangat terkenal baik di dalam maupun di luar negeri. Kinerja saham dari Gudang Garam diprediksi akan meningkat tahun 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Hal ini sejalan dengan penjualan rokok pada kuartal II di tahun 2020 tetap stabil meskipun sedang dalam masa pandemi COVID-19.

Itulah beberapa saham untuk mahasiswa yang bisa kamu miliki dengan modal yang terjangkau. Kamu juga bisa membelinya dengan modal mulai dari Rp100 ribu lewat aplikasi Ajaib. Selain modal terjangkau, Ajaib juga telah terdaftar dan diawasi OJK, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di Ajaib.

Bagi kamu yang belum berani berinvestasi saham, kamu bisa memilh investasi reksa dana dan memercayaan dana yang kamu miliki untuk dikelola manajer investasi tepercaya lewat aplikasi Ajaib. Yuk mulai investasi sekarang!

Artikel Terkait