Freelance Adalah Kerja Lepas untuk Para Pencari Tambahan

Freelance Adalah

Kamu pasti mengerti kata dari freelance yang diartikan dalam Bahasa Indonesia, yakni pekerja lepas. Secara umum, jenis pekerjaan freelance adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan seseorang tanpa terikat oleh perusahaan.

Seorang tenaga kerja lepas disebut dengan freelancer. Enaknya menjadi seorang pekerja lepas, kamu bisa bekerja secara full time ataupun part time. Biasanya, seorang freelancer menjalankan pekerjaannya itu di luar dari profesi utamanya. Tapi, ada juga yang menjadikan sebagai pekerjaan utama.

Berbeda dengan pekerja kantoran, para pekerja lepas ini tidak memerlukan datang ke kantor perusahaan untuk mengerjakan proyeknya. Pekerjaan freelance biasa bekerja di rumah atau di luar ruang dengan jam kerja yang fleksibel.

Meski mendapatkan kebebasan waktu untuk bekerja, para pekerja lepas ini dituntut untuk memiliki tanggung jawab dalam pekerjaannya. Karena mereka diberi tenggat waktu untuk mengerjakan proyeknya.

Lalu, apa saja jenis kerja freelance yang bisa mempertebal isi dompet kamu? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Java Programmer

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Java merupakan bahasa program yang memiliki sifat multiplatform. Ini dapat digunakan pada berbagai software, aplikasi maupun sistem operasi.

Dengan bertumbuhnya kebutuhan digital di berbagai perusahaan untuk pemenuhan strategi marketing, kebutuhan Java Programmer pun semakin besar. Kamu yang memiliki keahlian ini sangat berpeluang mendapatkan proyek-proyek lepas dari berbagai perusahaan yang membutuhkannya.

Umumnya pekerjaan Java programming bersifat per proyek. Meskipun mengerjakan satu pekerjaan dengan sistem per proyek, namun bayaran yang ditawarkan relatif tinggi. Jika hasil pekerjaan kamu dinilai baik, tidak menutup kemungkinan klien akan memperpanjang kontrak pekerjaan.

Pemilik keahlian Java memang berjibun. Namun jangan khawatir, karena peluangnya pun tidak kalah banyak. Apalagi penghargaan berupa rupiah untuk keahlian ini cukup tinggi.

2. Content Writer

Tentu kamu sering melihat banyak artikel dari berbagai website. Artikel-artikel tersebut ditulis oleh para penulis konten. Pekerjaan ini terbilang memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas, mengingat semakin bertambahnya konten-konten untuk berbagai kepentingan di internet.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan menulis dengan baik (ejaan dan kemampuan bahasa), pekerjaan freelance satu ini cocok untuk kamu. Tugas dari penulis konten adalah menulis artikel dan mengunggahnya ke berbagai website.

Pendapatannya pun bisa mempertebal dompet kamu. Pasalnya, tarif satu artikel biasa dihargai Rp30.000 hingga Rp100.000.

Nominal per artikel memang relatif rendah dibanding dengan bekerja freelance di bidang lain, namun ruang untuk mendapatkan proyek tidak hanya di website saja. Kamu juga bisa menjadi writer di penerbit.

3. Fotografer

Untuk kamu yang gemar mengabadikan gambar dan memiliki keahlian fotografi, bisa memanfaatkannya dengan mengambil pekerjaan sebagai fotografer lepas.

Menjadi seorang freelancer di bidang fotografi bisa mendapat keuangan yang lebih besar seiring perkembangan dunia internet. Jika beruntung dan hasil foto memang berkualitas, bukan tidak mungkin pekerjaan fotografer bisa menghasilkan rupiah yang cukup lumayan.

Kamu bisa memulainya dengan menjadi fotografer di acara pernikahan. Tarif untuk sekali menjadi fotografer acara pernikahan bisa mencapai Rp2.000.000.

4. Bisnis Online Shop

Bisnis online shop semacam reseller saat ini sangat menjamur. Menjadi reseller tak akan merepotkan kamu untuk mengeluarkan modal yang banyak.

Kamu cukup memasarkan produk tersebut dari mulut ke mulut, lewat sosial media, atau menjual di kios. Jika mendapatkan pembeli, kamu hanya menginformasikannya ke penjual aslinya atau produsen. Selanjutnya penjual atau produsen akan mengirimkan produk ke pembelimu.

Kamu akan mendapatkan keuntungan berupa komisi dari penjualan tersebut, itulah reseller.

5. Video Editor

Di zaman teknologi digital yang sedang mengalami pertumbuhan pesat ini, berbagai perusahaan berlomba-lomba melakukan pemasaran dan promosi dengan membuat video digital. Tentu kebutuhan ini membuka peluang yang cukup besar bagi kamu yang memiliki keahlian video editing.

Namun tak hanya di dunia digital, keahlian editing video juga dibutuhkan oleh advertising agency atau event organizer yang ingin memenuhi kebutuhan kliennya.

Jika kamu memiliki keahlian tambahan videografi, peluang mendapatkan proyek akan jauh lebih besar. Umumnya, seorang videografer juga memiliki keahlian video editing.

Penghasilan per proyek videografer plus video editor tidak tanggung-tanggung. Untuk yang sudah berpengalaman dan memiliki portofolio yang bagus, setidaknya bisa mengantongi penghasilan dua digit per proyek.

Bacaan menarik lainnya:

Briggs, A& Peter, B. (2006). Sejarah Sosial Media. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Pew Research Center. (2010). Millennials: A Portrait of Generation Next


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait