7 Peristiwa Tak Terduga yang Butuh Dana Darurat

Ilustrasi yang menggambarkan kondisi yang butuh ditanggulangi dengan bantuan dana darurat

Ketika masih muda, kesadaran untuk mempersiapkan dana darurat umumnya masih sangat redah. Euforia memilih uang pribadi di rekening tabungan dan fasilitas lainnya sering membuat anak muda lupa. Kerapkali gaji bulanan habis hanya untuk belanja barang tersier atau sekedar menyambung kebutuhan pengeluaran bulanan saja.

Usia 20-an memang terasa sebagai puncak kebahagiaan. Kamu sudah punya gaji sendiri, mulai memiliki aset sehingga dunia terasa bagai dalam genggaman. Namun sebenarnya kondisi keuangan pribadimu tidak benar-benar aman sampai kamu memiliki besaran dana darurat yang memadai.

Memiliki dana tersebut penting untuk antisipasi kejadian yang mungkin kamu alami di masa depan. Kehidupan ini, sebagaimana banyak dikatakan orang, penuh ketidakpastikan. Bisa saja kamu mengalami kondisi darurat sehingga butuh dana yang tak sedikit.

Misalnya saja terjadi PHK besar-besaran dan kamu salah satunya. Bisa pula perekonomian dan pasar uang mendadak ambruk sehingga semua uangmu menjadi tiba-tiba tak berharga. Mungkin saja kamu mengalami masalah kesehatan sehingga butuh jumlah dana darurat yang tak sedikit. Uang tersebut bisa digunakan untuk menanggulangi situasi tersebut sembari kamu mencari solusi berikutnya.

Sayangnya masih banyak anak muda yang lalai dalam memiliki maupun menyimpan dana daruratnya. Misalnya dari segi jumlah karena dana darurat sebesar yang dimiliki tak ideal. Banyak pula yang salah memilih instrumen investasi untuk menyimpan dananya sehingga ketika tiba masanya dibutuhkan malah sulit untuk diakses.

Karena itu, persiapkan dana darurat milikmu sedini mungkin. Tentunya dengan cara yang paling efektif dan efisien agar benar-benar bermanfaat bagi kebutuhanmu.

Manfaat Memiliki Dana Darurat Ketika Kondisi ini Terjadi Padamu

Dana darurat adalah solusi cepat bagi permasalahan hidup yang bisa saja datang tak terduga. Kebutuhan mendadak untuk perbaikan mobil, penyakit yang tiba-tiba muncul, hingga mendadak kehilangan pekerjaan merupakan segelintir kondisi yang dapat membuat kamu lengah dan kehilangan kestabilan dalam mengelola keuangan. Parahnya bahkan dapat membuat kamu terdampar secara finansial.

Lalu, ketika hal-hal yang tak terduga itu terjadi, apa yang sebaiknya kamu lakukan? Sudahkah kamu mempersiapkan dana darurat? Tentunya kamu tidak mau itu terjadi padamu kan? Jika enggan mendadak bangkrut dan terjerat masalah keuangan siapkan dana darurat sedini mungkin.

Dana darurat adalah sejumlah uang yang harus kamu persiapkan untuk menjaga pengelolaan keuangan agar tetap stabil, bahkan dalam kondisi genting sekali pun. Nah, tahukah kamu berapa total uang yang sebaiknya kamu sisihkan untuk dana darurat? Kamu bisa mendapatkan saran dari perencana keuangan profesioanl untuk mendapatkan besaran yang pasti dengan situasi keuanganmu sekarang.

Namun Ajaib akan memberikan tips dan trik mudah untuk menghitun besaran dana darurat idela yang harus kamu simpan. Setidaknya cara sederhana ini bisa kamu manfaatkan sampai mampu berkonsultasi dengan penasihat keuangan profesional ya.

Untuk kamu yang belum berkeluarga, jumlah minimal dana darurat haruslah setara dengan total biaya hidup kamu selama tiga bulan. Jadi, jika kamu menganggarkan Rp5.000.000,00 setiap bulannya untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan dasar seperti tagihan cicilan rumah, biaya transportasi dan biaya makan, maka setidaknya kamu harus memiliki simpanan darurat sebesar Rp15.000.000,00.

Lain hal jika kamu sudah berkeluarga atau memiliki tanggungan, dana darurat yang kamu persiapkan haruslah setara dengan biaya hidup yang kamu keluarkan selama enam bulan. Hal ini karena lebih banyak pula tanggunan yang harus sanggup dihidupi dengan uang simpanan tersebut.

Ambil contoh ketika kepala keluarga jatuh sakit, banyak yang keudian mengakibatkan ambruknya perekonomian keluarga. Pasalnya bukan hanya mendadak butuh dana besar melainkan pula sumber pendapatan tiba-tiba terhenti atau berkurang drastis.

Namun sulit sekali bagi banyak orang disiplin menyiapkan dananya sesuai besaran yang ideal tersebut. Hingga pada akhirnya kejadian buruk menimpa dan hanya penyesalan yang muncu karena tidak bersiap sejak jauh hari.

Sebagai motivasi mungkin ada baiknya kamu mendapatkan gambara peristiwa apa saja yang memungkinkam kamu perlu memiliki dana darurat. Ini nih, tujuh kebutuhan mendadak yang akan memacu kamu untuk menyiapkan simpanan yang perannya sangat penting bagi pengelolaan keuangan kamu:

1.  Dana Darurat Saat Kehilangan Pekerjaan

Mungkin saat ini kamu sedang senang karena baru saja mendapatkan pekerjaan dengan gaji sesuai harapan. Namun jangan sampai euforia ini membuat kamu lupa bahwa siapa pun bisa kehilangan pekerjaan dengan tiba-tiba.

Entah itu karena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kamu memutuskan meninggalkan pekerjaan karena alasan pribadi. Jika hal ini terjadi nanti, dana darurat dapat jadi penyelamat untuk membantu membayar kebutuhanmu hingga kamu kembali memiliki penghasilan tetap dan dapat mengelola keuangan lagi.

2.  Kebutuhan Medis Darurat

Tidak ada manusia yang ingin sakit, tapi juga tidak ada manusia yang bisa menolak ketika penyakit yang tidak diinginkan itu datang. Bahkan jika kamu memiliki asuransi kesehatan sekalipun, terkadang jumlahnya tidak selalu cukup untuk menutupi seluruh biaya perawatan.

Apalagi jika kamu atau orang-orang tersayang membutuhkan operasi besar atau terapi fisik yang harus dilakukan secara berkala. Duh, amit-amit ya! Untuk mengantisipasi hal ini, mendingan mulai untuk memisahkan dana darurat dari sekarang deh.

3.  Lonjakan Dadakan Biaya Liburan

Coba bayangkan ketika kamu sudah memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari untuk wisata ke destinasi impian, tapi ternyata harga penginapan melonjak tinggi. Apa kamu harus membatalkan liburan yang sudah sejak lama direncanakan?

Tentu saja tidak. Dana darurat merupakan salah satu jawaban terbaik ketika kamu terjebak di kondisi seperti ini. Jangan sampai persiapan keuangan yang tidak matang bikin kamu batal liburan ya. Ingat loh, liburan adalah hak setiap insan!

4.  Pindah Domisili Mendadak

Penugasan kantor untuk mengurus kantor cabang di luar kota selama beberapa bulan atau keputusanmu untuk tinggal dan bekerja di luar kota juga kondisi yang dapat disokong oleh dan darurat, loh. Jangankan pindahan ke luar kota, pindah tempat tinggal di dalam kota yang sama saja membutuhkan banyak biaya. Dengan adanya dana darurat kamu tidak perlu menguras seluruh isi kantongmu untuk membiayai seluruh kebutuhan mendadak seperti sewa tempat tinggal dan membeli perabotan baru.

5.  Solusi Cepat Masalah Kendaraan Pribadi

Jika kamu merasa lebih nyaman mengemudi kendaraan pribadimu dibanding menggunakan transportasi umum, dana darurat sangat cocok jadi sahabat andalan kamu. Pasalnya, meskipun lebih nyaman, memiliki kendaraan pribadi juga kerap mendatangkan berbagai kejutan. Di samping perawatan bulanan, kerusakan-kerusakan kecil bisa saja terjadi pada kendaraanmu.

Sementara itu, kerusakan kecil pada kendaraan pribadimu akan sangat mempengaruhi rutinitas sehari-hari kamu, mulai dari berangkat kerja, belanja mingguan, hingga bertemu klien dan teman-teman, semuanya bisa jadi kacau-balau kalau mobilmu tidak segera diperbaiki. Sayangnya, perbaikan kendaraan bisa saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika dibutuhkan penggantian suku cadang.

Di saat-saat seperti inilah kamu akan merasa sangat terbantu dengan adanya dana darurat yang bisa menjadi solusi cepat. Simpanan darurat memungkinkan kamu memperbaiki kendaraanmu tanpa harus mengorbankan anggaran dana untuk kebutuhan lain yang juga penting.

6.  Perbaikan Rumah Mendadak

Ini juga merupakan salah satu hal yang tidak bisa kamu tawar. Perbaikan bagian-bagian rumah yang mengalami kerusakan harus selalu kamu tempatkan sebagai prioritas utama. Kenapa? Karena kalau tidak segera diperbaiki, kerusakannya bisa menyebar ke bagian-bagian rumah yang lain dan akhirnya biaya total perbaikannya jadi sangat membengkak.

Jika kamu selalu mempersiapkan dana darurat, kamu tidak akan pusing mencari uang dan tidak perlu menunda-nunda untuk melakukan perbaikan rumah kesayanganmu.

7.  Perjalanan tak terduga

Jika sekarang kamu merantau jauh dari kampung halaman atau memiliki keluarga yang tinggal di luar kota, kamu sangat perlu memiliki simpanan darurat. Kamu tentu ingin langsung bisa berada di tengah-tengah keluarga kan, bersama-sama merayakan berita suka cita maupun menghadapi berita duka cita. Dengan memiliki simpanan darurat, kamu tidak perlu bingung ketika harus melakukan perjalanan tidak terduga, karena yang selalu menjadi prioritas adalah keluarga.

Dana darurat memberikan ketenangan jiwa bagimu. Bagaimana tidak, dana ini merupakan solusi cepat agar kamu memiliki uang pada saat terjadi peristiwa yang tak terduga.

Jika memulai memisahkan dana darurat terasa berat, mulailah dari yang kecil. Menyisihkan bahkan beberapa puluh ribu seminggu akan membantu membangun cadangan seiring waktu. Semangat terus dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik, ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait