Cara Membangun Bisnis Brunch di Dunia Kuliner

bisnis brunch
bisnis brunch

Brunch merupakan singkatan dari breakfast dan lunch. Konsep ini menggabungkan atau mengkombinasikan sarapan dan makan siang. Biasanya dimulai sekitar jam 10 pagi hingga 4 sore. Lalu bagaimana cara memulai bisnis brunch yang baik? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini untuk mengetahuinya.

Brunch telah berevolusi dari perjamuan Paskah atau Hari Ibu, resmi menjadi pertemuan sosial akhir pekan yang santai. Menurut Rachel Kalt, Ahli Strategi Senior di The Culinary Edge, sebuah konsultan restoran yang berbasis di San Francisco, mencari pengalaman bisnis brunch yang sosial, inventif, petualang, dan tempat minum yang santai.

Tradisi dan norma menyatu dalam pelayanan makanan. Tetapi, tetap relevan dengan audiens target konsumen yang dituju, dan tetaplah berevolusi dengan kondisi kebutuhan konsumen dan tahap kehidupan yang memungkinkan kamu mengganti menu yang tidak lagi relevan. Jika kamu ingin membuka usaha brunch dan berhasil menangkap konsumen, kamu harus pintar menangkap kesempatan yang ingin mereka alami dan rasakan saat memakan sajian brunch. Hal-hal tersebut lebih baik diperhatikan ketika ingin memulai bisnis brunch.

Bukan hanya generasi milenial yang mencari pengalaman makan siang modern. Semua generasi, terutama generasi baby boomer juga menghabiskan lebih banyak uang dari rumah untuk brunch daripada generasi lain. Cukup menarik bukan untuk memulai bisnis brunch?

Brunch didukung oleh mereka yang memiliki waktu dan pendapatan makan siang atau makan di luar, yang ditugaskan untuk makanan jauh dari kantor atau tempat kerja. Sementara konsumen biasanya memprioritaskan kenyamanan dan kecepatan pada hari kerja, mereka lebih bersedia untuk memperlambatnya di akhir pekan dan menikmati suasana di restoran.

Datassential, yang melacak tren menu, melaporkan bahwa jumlah restoran yang menawarkan brunch tumbuh sebesar 14 persen dari 2011-2015. Tentunya, pertumbuhan ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Cara untuk Membangun Bisnis Brunch

Buat Brunch yang Layak Dibagikan di Internet

Millenial dan Gen Z menyebutnya rumah makan dengan koneksi Internet. Brunch yang layak dibagikan di media sosial, memuaskan rasa bangga para pengunjung generasi ini dan menciptakan gebrakan sosial melalui media sosial atau hanya dengan sekadar koneksi internet, tentu ini adalah peluang untuk menarik pelanggan baru yang melihat foto atau video dari restoran brunch. Pelanggan yang menemukan bisnis kamu melalui media sosial, memiliki kesempatan untuk mencoba bisnis kamu dengan teman-temannya di hari-hari lain.

Jadikan Brunch Menyenangkan dan Kreatif

Berbagai macam variasi minuman membantu mendorong suasana brunch ke depan, memberinya suasana yang santai dan ramah. Nama-nama yang kreatif, bahan-bahan yang unik, dan koktail yang manis cocok dengan brunch, tetapi jangan mengabaikan suasana atau target pasar kamu.

Menu yang disediakan harusnya menghadirkan suasana brunch modern yang ramah. Suasana rumah yang nyaman, kemudahan akses jaringan, piring-piring dengan menu-menu seperti olahan ayam dan wafel, dan sajian makanan hash yang kreatif.

Tawarkan Menu Khas

Jadikan pengalaman brunch menjadi pengalaman yang spesial dengan item menu yang berkembang dan tidak stagnan di satu bahan, dan buat satu menu yang tidak tersedia di tempat brunch lainnya, buatlah menu yang menggambarkan suasana brunch yang seru dan jadikan hal tersebut kekuatan ciri khas restoran kamu. 

Pertimbangkan minuman yang sudah disiapkan atau disajikan di pinggir meja pelanggan, seperti kopi segar yang dituangkan oleh pelayan, atau jus yang baru saja diperas atau dibuat.

Jalankan Menu Brunch Musiman

Berikan tamu kesempatan untuk mengalami makanan lokal, musiman, dan pengalaman brunch yang diberikan dengan penuh petualangan dan sensasi.

Tawarkan menu musiman selama jam-jam makan siang yang sesuai dengan wilayah dan musim kamu, memberi konsumen kesempatan untuk mencoba pengalaman yang terbaik dari daerah rumah mereka, jangan lupa untuk memberikan kredit pada menu untuk para petani. Tentu, ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pelanggan.

Jaga Menu Tetap Terbatas dan Spesifik

Nampan uap dari orak-arik telur dan sosis tidak cocok dengan tren brunch modern. Pengunjung menginginkan kepribadian dan sudut pandang yang kamu tawarkan untuk mereka melalui menu yang disediakan.

Pilih beberapa item yang spesifik dan lakukan dengan sangat baik dan teliti, seperti pancake yang luar biasa dengan tambahan sirup buatan sendiri atau biasa disebut homemade sauce, atau buat hidangan sarapan kamu sendiri lalu presentasikan dengan cantik.

Hidangan brunch dapat berakar pada hidangan yang biasa saja, tetapi perlu faktor wow lain yang bisa kamu berikan dari setiap menu yang disajikan. Dan tetaplah membuat menu secara spesifik terbatas, namun tidak menyampingkan keinginan banyak orang.

Menampilkan Brunch Bertema

Tampil menonjol dengan fokus pada tema tunggal untuk makan siang di akhir pekan. Contoh: item brunch yang terinspirasi alam, menu brunch yang dapat disajikan adalah aneka makanan yang dibuat dari bahan alami dan organik, memiliki fokus pasar petani, atau brunch khusus untuk satu orang dengan memberikan suasana privat dengan tatanan meja yang diatur berjarak sedikit lebih lebar dari meja satu dengan yang lainnya.

Buat Makan Siang Brunch Sendiri

Tidak ada aturan kapan brunch harus disajikan. Jika ada waktu hari bisnis kamu tertinggal, atau ada jam tambahan ketika kamu berpikir kamu dapat memperoleh penghasilan, jadikan kerangka waktu makan siang kamu sendiri. Dan jangan terpatok pada satu kebiasaan yang lama-kelamaan akan membuatmu bosan.

Buatlah Sunday brunch semenarik mungkin dan sebebas mungkin untukmu, dan berikan variasi menu brunch dengan menu lainnya yang dapat dikustom oleh pelanggan sesuai selera mereka. Pengalaman yang kamu berikan, saat memberikan kebebasan pada pelanggan untuk mengkreasikan makanan mereka sendiri, dapat memberikan kesan positif yang akan terus diingat dan menjadikan restoran kamu mendapatkan promosi mulut ke mulut secara gratis.

Pasarkan Menu Brunch Andalan kamu

Tempatkan pemasaran yang cerdas dan pesan media sosial di setiap hidangan andalan kamu. Gunakan signage internal dan promosi cerdas di Instagram, Twitter, dan Facebook.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait