Siasat Berhemat dan Menabung untuk Pasangan Muda

Siasat Berhemat dan Menabung untuk Pasangan Muda

Menjadi pasangan suami-istri di usia muda bisa dikatakan tidak mudah. Apalagi jika hanya salah satu pasangan yang bekerja. Selain menghitung pengeluaran per bulan, pasangan muda juga harus memikirkan masa depan anaknya. Pengeluaran sehari-hari yang hampir sama dengan penghasilan, kecil harapan untuk bisa menabung. 

Berhemat adalah solusi bagi pasangan muda untuk bisa menabung. Ayah dan bunda bisa menggunakan cara ini untuk bisa hidup hemat dan mulai menabung. Apa saja siasat berhemat agar bisa menabung per bulannya? Ini dia, lima tip siasat berhemat dan menabung untuk pasangan muda:

  • Lebih Baik Makan di Rumah
    Walaupun praktis, tapi sebaiknya mengurangi membeli makanan dari luar. Jika makan di luar dalam sehari bisa menghabiskan Rp50.000. Kenapa tidak untuk membeli bahan di pasar dan masak sendiri untuk dua sampai tiga hari ke depan?

    Lebih baik uang kamu gunakanlah untuk kebutuhan di rumah. Selain lebih hemat tentu juga lebih sehat, jadi bunda dan ayah bisa menyisihkan uang untuk menabung.
  • Kurangi Beli Alat Sekali Pakai
    Pengeluaran bulanan lain yang bisa ditabung adalah menghindari alat sekali pakai. Sebagai contoh, tisu yang biasa dipakai di rumah bisa dikurangi jumlahnya. Mulailah menggantikannya dengan kain bersih yang bisa bertahan bertahun-tahun.

    Dengan kisaran harga yang sama, kain masih bisa digunakan lagi dengan mencucinya jika sudah kotor. Walaupun terdengar sederhana, tetapi bermanfaat juga, loh!
  • Hindari Beli Baju Berlebih
    Penampilan diri memang tak kalah penting bagi jiwa muda. Tetapi perlu diingat yang menjadi prioritas bagi pasangan muda. Saat ini perekonomian keluarga dan masa depan anak menjadi yang utama.

    Jadi, tidak perlu membeli baju baru yang dirasa tidak perlu. Bijak bagi bunda dan ayah untuk menahan diri dan beli sesuai keperluan saja.
  • Hiburan yang Ada Di Rumah
    Bermain ke wahana permainan bisa bikin pengeluaran bulanan jadi lebih besar. Cara ini bisa diakali dengan membeli aneka papan permainan yang bisa dimainkan di rumah dengan keluarga. Seperti bermain monopoli atau di ruang tamu, selain lebih seru bisa lebih hemat lagi, kan?
  • Sisihkan Sekian Persen untuk Masa Depan Anak
    Sisihkan sedikit penghasilan dari pasangan untuk kebutuhan masa depan anak. Pendidikan di masa depannya harus dipikirkan oleh bunda dan ayah sejak dini. Apalagi biaya pendidikan saat ini tidak murah. Jika penghasilan Rp2.500.000 per bulan, setidaknya menyimpan uang 10% per bulan yaitu sekitar Rp250.000 untuk disimpan di rekening tabungan.

Itu dia lima tips untuk berhemat agar bisa menabung. Jadi, penghasilan tipis dengan banyak pengeluaran bukan lagi alasan untuk tidak berhemat. Bagi bunda dan ayah muda, untuk mulai dan tetap menabung sejak dini adalah keharusan. Beberapa tip di atas mungkin bisa membantumu untuk mulai menabung dan berhemat. Semoga bisa membantu ya, ciao!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait