Mengapa Asuransi Pendidikan Anak Sangat Penting?

asuransi pendidikan anak
asuransi pendidikan anak

Sama seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, kamu juga harus mempersiapkan asuransi pendidikan anak, terutama jika kamu sudah memiliki anak.

Hampir semua orang tahu, jika biaya pendidikan selalu naik setiap tahunnya. Pendapatan kamu juga tidak selalu berjalan mulus. Kalau keadaannya seperti itu, jangan sampai pendidikan anak jadi korbannya.

Saat ini, masih banyak orangtua yang belum menggunakan asuransi pendidikan. Sebagian dari mereka berpikir, bahwa jenis asuransi ini tidak terlalu penting.

Biaya pendidikan tidak hanya soal iuran bulanan saja, tetapi juga ada biaya lainnya, seperti biaya seragam, buku, dan lainnya. Maka dari itu, asuransi pendidikan harus dimiliki demi menjamin masa depan anak hingga masuk ke perguruan tinggi.

Bagi kamu yang ingin menggunakan asuransi pendidikan, berikut ini adalah alasan mengapa asuransi pendidikan sangat penting bagi anak:

Masa Depan Anak Lebih Terjamin

Sudah banyak produk asuransi pendidikan yang ditawarkan. Sebagai orang tua, kamu harus memikirkan masa depan anakmu.

Dengan adanya asuransi untuk pendidikan anak, kamu tidak perlu memikirkan lagi bagaimana caranya membayar biaya pendidikan untuk anakmu.

Asuransi pendidikan akan didaftarkan atas nama ayah atau ibu yang mencari nafkah untuk keluarganya. Setiap bulannya, ada premi yang harus dibayar dengan nominal yang sudah diatur oleh perusahaan asuransi.

Sebaiknya, kamu mendaftarkan asuransi pendidikan saat ia masih kecil. Semakin kecil umurnya, maka semakin kecil pula premi yang harus kamu bayar. Lalu, usia orangtua juga menentukan perhitungan biaya preminya.

Kalau kamu mendaftarkan asuransi pendidikan saat usiamu masih muda, maka pihak asuransi akan menilai jika kamu memiliki niat untuk memberikan pendidikan kepada anak hingga ia masuk ke perguruan tinggi.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan dari asuransi pendidikan adalah biaya pendidikan yang akan ditanggung meskipun kamu sudah meninggal dan tidak membayar preminya lagi.

Jenis-jenis Asuransi Pendidikan

Ada dua produk asuransi pendidikan yang ditawarkan, yaitu asuransi pendidikan tradisional dan asuransi pendidikan unit link.

Dalam asuransi pendidikan tradisional, kamu akan mendapatkan jaminan sesuai target dana yang akan cair jika kamu meninggal.

Sementara untuk asuransi pendidikan unit link, kalau kamu adalah tertanggung yang meninggal dunia, maka kamu akan tetap menerima uang pertanggungan dan hasil investasinya.

Asuransi pendidikan unit link tidak hanya menawarkan asuransi saja, tetapi juga memberikan kesempatan bagi kamu untuk berinvestasi.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Jika kamu ingin mendaftar asuransi pendidikan, ada satu hal yang harus diperhatikan, yaitu memilih provider asuransinya.

Mengapa masih banyak orangtua yang bingung memilih provider asuransi pendidikan? Sebab, sudah banyak sekali penyedia layanan asuransi yang ada di Indonesia.

Masing-masing dari provider tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini adalah tips memilih asuransi pendidikan anak:

Asuransi yang Berpengalaman

Sebelum mengajukan asuransi pendidikan anak, ada baiknya mengetahui track record dari provider tersebut. Kamu bisa melihat kredibilitasnya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, kamu juga bisa melihat track record-nya melalui internet dan berita yang mengangkat soal perjalanan provider tersebut. Apakah ada pemberitaan buruk atau tidak.

Telah Terdaftar di Asosiasi Asuransi

Jangan sampai kamu tertipu oleh provider asuransi pendidikan yang bodong. Kamu harus memastikan jika mereka memiliki kartu Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

Ada Informasi yang Jelas

Pastikan jika provider tersebut memberikan informasi yang jelas mengenai produk asuransi pendidikan anak, seperti cara pembayaran premi, denda yang dikenakan, biaya pertanggungan, dan nominal biaya akuisisinya.

Itulah alasan mengapa kamu harus memiliki asuransi pendidikan anak. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan masa depan yang cerah bagi si Kecil hingga masuk ke perguruan tinggi di masa mendatang.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait