Asuransi Avrist dan Asuransi Tertua Lainnya di Indonesia

avrist
asuransi avrist

Ajaib.co.id – Pernah ada yang mengatakan, bahwa asuransi itu seperti obat. Rasanya pahit dna tak ada yang menginginkannya, tapi sebetulnya dibutuhkan. Di Indonesia ada banyak sekali produk asuransi mulai dari merk asuransi seperti asuransi Avrist, Sinarmas, CIGNA, Zurich, dan lain sebagainya. Jenis produk asuransi atau perlindungan yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi otomotif, property, pendidikan serta jaminan hari tua.

Penyebab Stigma Negatif pada Asuransi

Patut diakui, ada cukup banyak stigma negatif yang menempel pada asuransi. Di jaman serba digital seperti ini, keluhan konsumen umumnya tidak langsung disampaikan pada layanan konsumen perusahaan asuransi, tapi malah disebarkan secara online.

Peserta Merasa Dibodohi atau Tidak Mendapat Informasi yang Benar

Ini merupakan stigma yang seringkali muncul. Bahwa peserta asuransi dan pemasar asuransi hanya penipu dan menafaatkan peserta saja. Padahal, biasanya kesan negatif pada produk asuransi muncul dikarenakan oleh dua hal:

  • Pemasar yang kurang terbuka atau banyak menutup-nutupi informasi, sehingga konsumen (peserta asuransi) salah paham bahkan tidak paham produk asuransi yang digunakannya.
  • Konsumen yang memutuskan mengambil produk asuransi tanpa benar-benar memahami isi polis asuransi yang dimilikinya, tidak mendengarkan dengan baik informasi yang diberikan, atau enggan mempelajari polis asuransinya.

Berawal dari dua hal tersebut, maka akan berkembang pada macam-macam keluhan pelanggan. Misalnya, klaim berbelit-belit karena konsumen tidak mengetahui prosedur pasti atau cara pengisian formulir klaim yang tepat, proses menghentikan keikutsertaan yang berbelit-belit, tidak memahami hak dan kewajiban secara pasti selama menjadi peserta asuransi, tidak bisa membedakan premi asuransi dan investasi serta lain sebagainya.

Kurangnya informasi yang diketahui oleh peserta bisa berakibat konsumen merasa ‘tertipu’ oleh perusahaan (pemasar) asuransi. Oleh karena itu, penting sekali bagi pemasar asuransi dan calon peserta benar-benar saling terbuka mengenai pemahaman produk asuransi yang dipilih. Baik menjadi peserta asuransi Badan Hukum Publik seperti BPJS atau asuransi swasta seperti asuransi Avrist dan lainnya.

Memilih Produk Asuransi Terbaik

Ada banyak produk asuransi di pasaran. Untuk memilih asuransi yang tepat, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Dahulukan Produk Asuransi Kesehatan

Kesehatan merupakan modal utama dalam kehidupan setiap orang. Kesehatan juga merupakan harta paling berharga yang dimiliki seseorang. Pasalnya, dengan memiliki kesehatan prima, setiap orang bisa menjadi individu yang produktif dan melakukan apa saja yang diinginkannya. Terlebih lagi, biaya pengobatan semakin mahal dan naik terus setiap tahunnya.

Maka tidak mengherankan jika banyak orang yang harus mengeluarkan begitu banyak uang pada saat terkena penyakit. Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum memiliki jenis asuransi yang lain.

Pilih Perusahaan Asuransi Berpengalaman

Perusahaan yang telah lama berdiri dapat mengindikasikan bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki kredibilitas baik yang membuatnya bertahan puluhan tahun. Kamu bisa melihat sejauh mana reputasi perusahaan tersebut selama ini di kalangan konsumennya.

Walaupun lama berdirinya perusahaan memang tidak jadi jaminan sepenuhnya. Hal ini bisa dilihat pada kasus bangkrutnya Jiwasraya serta kondisi keuangan AJB Bumiputera yang mencapai negatif Rp20 triliun.

Namun setidaknya, kamu bisa mendapatkan banyak referensi tentang perusahaan asuransi yang telah lama berdiri jika dibandingkan perusahaan asuransi yang masih newbie. Apalagi, pengalaman perusahaan tersebut telah melalui berbagai dinamika perekonomian bangsa selama puluhan tahun.

Beberapa contoh perusahaan asuransi Indonesia yang telah berpengalaman hingga puluhan tahun dan masih beroperasi hingga saat ini adalah:

Asuransi Avrist

Merupakan asuransi jiwa patungan pertama di Indonesia milik PT. Avrist Assurance yang telah berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Asuransi Jiwa Ikrar Abadi.

Asuransi AIA

Asuransi dari Grup Lippo yang dimiliki oleh PT. AIA Financial. Berdiri sejak tahun 1983 dengan nama PT. Asuransi Lippo Jiwa Sakti.

Asuransi Zurich Topas Life

Produk asuransi yang dimiliki oleh PT. Zurich Financial Service Ltd. dan Mayapada Prasetya Prakarsa. Didirkan pada tahun 1986 dengan nama Century Lifindo Perdana atau Century Life.

Perhatikan Risk Based-Capital (RBC) Perusahaan Asuransi

RBC merupakan cara mengukur seberapa sehat kondisi keuangan sebuah perusahaan asuransi. Saat ini Indonesia menetapkan 140% sebagai batas minimal perusahaan asuransi yang sehat. Semakin besar angkanya, maka semakin baik kondisi keuangan perusahaan asuransi tersebut.

Oleh karena itu, jangan lupa menanyakan dan mencari informasi mengenai besaran RBC yang dimiliki oleh perusahaan asuransi sebelum memutuskan untuk bergabung menjadi peserta.

Pastikan Premi Sesuai Kemampuan

Tentunya, asuransi bukanlah produk bantuan sosial melainkan salah satu produk bisnis keuangan. Oleh karena itu, ada ketentuan yang berlaku. Dimana hak bisa kamu dapatkan selagi masih mampu membayar kewajiban.

Memilih premi asuransi sesuai kemampuan adalah keharusan. Jika dana yang kamu miliki terbatas, maka perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Jangan mengambil produk asuransi unit link yang memerlukan pembayaran premi lebih tinggi
  • Jangan mengambil rider (manfaat tambahan) jika tidak terlalu diperlukan, atau membutuhkan tambahan pembayaran premi yang besar.

Karena, jika kamu sampai gagal bayar hingga melewati waktu tenggang sejak jatuh tempo yang ditentukan, maka polis asuransi kamu akan lapse (tidak aktif). Sehingga apabila sampai terjadi sesuatu pada saat polis lapse, pihak perusahaan asuransi tidak akan membayar klaim yang kamu ajukan.

Maka dari itu, lebih baik jika kamu memilih premi yang kecil sesuai kemampuan kamu, ketimbang mengambil premi besar yang terhambat pembayarannya. Sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi lebih maksimal.

Tersedia Produk Asuransi Syariah bagi yang Membutuhkan

Jika kamu mengharapkan produk keuangan yang kamu gunakan sesuai dengan syariah, maka saat ini bukan hal yang sulit untuk mendapatkan produk keuangan syariah, termasuk asuransi. Sudah banyak perusahaan asuransi syariah yang beroperasi di Indonesia.

Asuransi Takaful merupakan asuransi syariah murni yang cukup populer. Selain itu, ada juga perusahaan asuransi konvensional yang turut menyediakan produk unit asuransi syariah. Asuransi Avrist termasuk salah satu perusahaan asuransi konvensional yang hadir dengan menawarkan produk syariah lewat Asya atau Avrist Syariah bagi individu atau kumpulan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait